5 Tips Seleksi Administrasi CPNS


Seleksi Administrasi Tes CPNS adalah tahap seleksi awal. Sobat yang mau melamaf formasi CPNS harus melalui tahap seleksi Administrasi dari ebebrapa tahapan seleksi CPNS. Walaupun terkesan sederhana, namun banyak pelamar yang gagal pada tahap ini dengan berbagai sebab. Tips seleksi Administrasi ini akan menuntun agar lebih mantap dan lolos tahap seleksi administrasi Tes CPNS tahun ini.


  1. Melamar Sesuai Kualifikasi Pendidikan. Sobat jangan asal menentukan formasi yang diinginkan. Cermati kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan. Pastikan sama dengan program studi pendidikan sobat. Contoh sobat lulusan S-1 Pendidikan Sejarah maka sobat harus memilih formasi yang membutuhkan S1 Pendidikan Sejarah. Bila sobat nekat memilih formasi yang membutuhkan kualifikasi S-1 Sejarah maka sobat kemungkinan besar akan tersingkir di seleksi Administrasi CPNS.
  2. Cermati Persyaratan Dokumen. Sobat ketika upload file melalui sscn.bkn.go.id pastikan sesuai dengan petunjuk di masing-masing instansi yang dituju. Jangan mengambil inisiatif sendiri tapi berbeda dengan yang dipersyaratkan. Jika diminta upload file ASLI maka sobat upload file ASLI jangan fotocopy atau Fotocopy legalisir. Untuk berjaga-jaga sobat dapat menambahkan beberapa dokumen yang kira-kira dibutuhkan. Namun, jangan sampai kurang dari persyaratan minimalnya ya.
  3. Waktu Pengiriman. Sobat ketika pengiriman dokumen melalui Pos Indonesia atau jasa yang lain, bahkan ada beberapa instansi yang bisa dikirim langsung. Perhitungkan jangka waktu pengiriman dari lokasi pengiriman sobat menuju instansi. Bila jasa kurir mengestimasi 3 hari maka buat estimasi 4 hari. Kirim jangan sesuai batas maksimal penerimaan. Ada instansi yang memberikan kelonggaran yakni batas cap pos dan ada batas dokumen diterima. Jangan sampai mepet batas akhir ya... kasih jeda beberapa hari karena pada hari terakhir itu biasanya dokumen sudah menumpuk sangat banyak. Dokumen sobat bisa terselip entah kemana.
  4. Urutan Dokumen. Urutkan dokumen sesuai urutan dalam pengumuman intansi. Jangan asal yang penting ada sesuai dipersyaratkan. hal ini akan memudahkan validator saat memeriksa berkas anda. Sehingga tidak akan ada yang terlewat.
  5. Kawal perjalanan dokumen. Cek tiap hari melalui jas kurir yang sobat pakai. Pastikan dokumen telah sampai di instansi yang dituju sesuai dengan pengumuman.
Bila sobat mengikuti 5 Tips Lolos Seleksi Administrasi ini maka dipastikan sobat memiliki peluang besar lolos seleksi Administrasi CPNS.

Lanjutkan membaca Tips Lolos Seleksi Kompetensi Bidang.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI