Perawatan Harian Burung Kolibri Ninja / Konin

endemik sulawesi - Dengan semakin luasnya para pecinta burung Kolibri Ninja (Konin), oleh karena itu kami coba berbagi ilmu cara perawatan Konin harian dengan harapan agar para pecinta burung Konin mempunyai pedoman perawatan harian yang ideal yang tentunya dengan harapan burung yang dipelihara akan selalu sehat, fit dan dan gacor.

Ok, langsung saja mari kita pelajari satu per satu pedoman perawatan harian untuk burung Konin sebagai berikut: 
  • Pagi hari burung Konin kita keluarkan untuk diembunkan.
    Pengembunan Konin jangan terlalu subuh atau pagi, apalgi terlalu dingin cuacanya ( lihat situasi dan cuaca ) usahakan 10/15menit pasca diembunkan sudah terkena sinar matahari pagi
  • Biarkan Burung Konin berjemur dan mandi sepuasnya.
    Jangan pernah memandikan Konin dengan cara di semprot, karena kita tidak tahu Konin dalam kondisi fit atau tidak, kalau dalam.
    Disaat kondisi Konin tidak fit, jika kita mandikan niscaya Konin kita bakal ngedrop selain itu air semprotan rawan masuk ke hidung Konin yang bisa menyebabkan hidung tersumbat dan pilek, biarkan Konin mandi semaunya sndiri dan sesuka hatinya.
  • Berikan kroto segar (jangan yang basi) secukupnya, untuk 1 hari konsumsi dari pagi smpai sore habis, jika sisa maka sisanya bisa dibuang.
  • Ganti air minum dan air tempat mandi dengan yang baru
  • Gantang ditempat yang teduh, dekatkan dengan burung-burung kecil seperti pleci atau cabe-cabe untuk merangsang Konin kita mau bunyi.
  • Jam 17.30 Konin diletakan pada tempat yang terkena sinar matahari sore. sambil bersihkan sangkar, cepuk mandi (bila perlu) dan periksa pakan minumnya.
  • Jam 18.00 Konin kita masukan ke dalam rumah menjadi masteran burung-burung lain biasanya sampe jam 21.00 baru kita kerodong untuk di istirahatkan
Konin burung teroterial dan fighter, jika punya Konin lebih dari satu ekor usahakan gantang tidak saling lihat tapi hanya saling mendengarkan (kalau terus saling lihat dalam jangka waktu tertentu maka salah satu dari Konin mentalnya akan drop atau mental fighternya bisa hilang). Begitupun saat penjemuran, saling jauhkan agar tidak saling melihat, kalau space halaman terbatas bisa jemur setengah krodong tanpa saling melihat.

Kebersihan sangkar di perhatikan, kotoran Konin yang menumpuk akan menjadi amoniak yang bisa menyebabkan Konin kita terserang penyakit, idealnya setiap hari dibersihkan, bisa kita lakukan 2 atau 3 hari.

Wadah Cepuk

Sediakan 1 cepuk minum, cepuk mandi, cepuk susu, cepuk EF (kroto/uk)

Pakan dan Nutrisi

Kita bisa berikan pakan Konin berupa air gula ataupun susu kental, mungkin anda akan bertanya lebih baik manam pakai air gula atau susu kental? Perlu kita ketahui bahwa jika berikan air gula kita harus rajin menggantinya tiap hari, karena sifatnya yang asam yang jika kita terlambat mengganti bisa menyebabkan berbagai penyakit bagi Konin kita. Sedangkan jika kita berikan susu kental, biasa 2 atau 3 hari sekali diisi ulang cepuknya seminggu sekali kita cuci bersih cepuk/wadahnya. Air gula dan madu hanya kita berikan kira-kira sebulan sekali atau 2x.

Kebutuhan nutrisi dan gizi juga kebersihan sangkar Konin kesayangan kita wajib di perhatikan agar Konin tetap sehat dan rajin berkicau.

by  Iwan Setiawan

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI