Dasar Perawatan Burung Pemakan Nehtar Kolibri

papua - Berikut ini yang perlu anda ketehui sebelum anda menentukan apakah akan memelihara burung pemakan nehtar. Pertama tentu anda harus yakin kenapa harus memelihara burung, dengan keyakinan yang kuat diharapkan burung yang anda pelihara tidak terlantar begitu saja dan lebih parahnya lagi mati karena kita tidak paham bagai mana cara merawat yang benar. Adapun hal-hal yang harus anda perhatikan dalam memelihara Burung pemakan nektar agar tidak mudah mati, adalah

Kenali dulu cara perawatannya.


Perawatan burung pemakan nektar memang sedikit berbeda dengan jenis burung lain. Karena burung ini agak sensitive dengan perubahan suhu tubuh yang mendadak. Sebaiknya hindari memandikan burung dengan disemprot terlebih saat cuaca panas atau memandikan setelah burung dijemur (kepanasan).

Kenali makanan kesehariannya.


Hampir semua orang yang baru mengenal burung ini pasti mengangap bahwa makan burung madu atau biasa kita sebut dengan kolibri hanya air gula atau madu saja (Karbohidrat). Dengan kata lain mereka tidak tahu bahwa selama di alam mereka juga memakan serangga untuk memenuhi kebutuhan (Protein).

Maka dari itu selama kita merawat kita harus menyediakan KARBOHIDRAT berupa minuman manis dan juga PROTEIN berupa serangga kecil seperti Kroto, Ulat Balap, atau Laba-laba.

Cara menyajikan makanan.


Masih banyak orang yang bingung dalam memberikan pakan kepada burung, sehingga semua dimasukan dengan harapan biar burung yang memilih. Sebagai contoh air gula, madu, dan, susu kental manis (SKM) di berikan bersamaan pada cepuk yang terpisah.

Alhasil maka yang akan dihabiskan adalah air gula, setelah itu madu,baru terakhir SKM. Jika burung masih belum doyan kroto, burung akan nyilet (kurus) akibat kekurangan protein.

Sebaiknya dalam memberikan makanan harian berikan satu jenis saja semisal air gula. hal ini dilakukan biar gak mubadzir dan tentunya irit di kantong. heheh

Jadi dalam satu sangkar hanya terdapat tiga cepuk yaitu,
  • Wadah air untuk minum,
  • Wadah air gula/madu/SKM (karbohidrat) dan
  • Wadah kroto atau ulat balap.

by Yoedi Buzz‎

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI