Kebaikan dan Keburukan Extrak Oil Bagi Burung

Apakah minyak mengandung semua kebaikan nutrisi dari sumber bahan yang melewati proses destilasi atau penyulingan untuk diambil ekstrak oilnya? Sedangkan penyulingan adalah proses pemisahan campuran zat yang dididihkan sehingga menguap dan didinginkan kembali dalam bentuk cair, Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu seperti air. Sedangkan Nutrisi yang larut dalam lemak(minyak) terdegradasi oleh panas dengan kata lain luruh dan sebagian ikut menguap bersama air. Dalam artian nutrisi sudah berkurang dalam proses ini.

Sekarang kita bahas mineral yang sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan dan berkembangbiak pada burung semisal kalsium, phosphor dll, mineral sendiri bersifat polar dan larut air. Jadi minyak meninggalkan mineral tersebut pada air selama proses destilasi, dalam artian minyak hasil destilasi sudah tak mengandung mineral-mineral yang ada pada sumber bahan.

Bagaimana dengan enzim dan protein? Molekul keduanya lebih berat dan tak akan sanggup melewati proses destilasi dan akan lebih dahulu rusak serta hancur oleh panas dalam prosesnya. Sedangkan protein sndri terdiri dari asam- asam amino yang sangat penting dalam proses breeding yang dengan bantuan enzim dipecah k senyawa yang lebih sederhana untuk lebih mudah diserap oleh metabolisme.

Tentang vitamin, seperti yang kita ketahui sifat umum vitamin adalah larut lemak dan larut air, jadi dalam minyk tersebut msh tersimpan vitamin A, D, E dan K yang msh memiliki peran dalam proses breeding.

Hormone juga msh memungkinkan melewati proses ini meski dengan jumlah yang sangat sedikit dan bahkan pada laporan-laporan analisis tak tercantum.
Minyak atsiri memang memiliki molekul yang bertindak seperti hormon.mampu menempati situs reseptor hormonal dalam tubuh dan memicu tindakan hormonal spesifiknya. Penggunaan yang tepat dapat membantu mendukung sistem endokrin dan membantu menormalkan hormon yang tidak seimbang.

Jadi kesimpulannya suplemen berupa minyak tak memiliki kandungan mineral, asam-asam amino atau protein juga karbohidrat dan vit terlarut air. Tapi suplemen minyak/ ekstrak oil tetap memiliki kandungan yang dapat membantu dalam proses berkembangbiak seperti vit A, D,K (minim) dan vitamin E yang lebih mendominasi. dan namanya ekstrak oil jelas senyawa minyak atau asam-asam lemaklah yang mendominasi didalamnya dimana asam lemak tersebut juga membantu menjaga kesehatan dan keseimbangan metabolisme seperti omega 3,6 dan bbrp ekstrak oil juga mengandung omega 9.

Diindonesia yang umum digunakan untuk supplement breeding adalah hemp seed oil dan wheat germ oil. Sebenarnya masih banyak ekstrak oil yang memiliki manfaat bagus untuk burung, di nusantara kita masih bnyak dijumpai pohon kelapa dan mudah didapatkan juga minyak kelapa, mski minyak kelapa lebih mengarah ke medical treatment atau menjaga kesehatan drpd untuk membantu proses berkembangbiak. semua ekstrak oil memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing dalam kandungannya. Yang perlu diingat, ini adalah ektrak dengan kandungan asam lemaknya lebih tinggi daripada bahan sumber minyak tersebut, asam lemak berlebih bisa jadi boomerang buat burung anda terutama pada hati.

Jika anda menemukan burung anda tiba-tiba mati, tanpa terlihat sakit, kondisi gemuk, tak ada tanda-tanda sakit sedikitpun bisa jadi ini salah satu penyebab, bukan berarti dari ekstrak minyak-minyak tersebut, niggerseed dan biji bunga matahari, flagseed dan hemp seed/ biji fumayin memiliki kandungan minyak yang tinggi tanpa pengekstrakan. Segala yang berlebih juga tidak bagus apa lagi kurang. Ada baiknya minta saran atau konsultasi pada Dokter hewan anda.

by Sirna Prasetya

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI