Bahan Alami untuk Merpati Pos

Produk alami telah menjadi semakin populer akhir-akhir ini di olahraga merpati pos ,dengan semakin banyak pemain menggunakannya sebagai alternatif untuk mengobati merpati pos. bahan alami untuk merpati telah memberikan banyak khasiat untuk para pemain yang mempunyai pikiran terbuka dan berani untuk mencoba dan juga bahan-bahan alami tidak mempunyai resiko efek samping untuk pencegahan dan pengobatan merpati pos anda.

Cuka Apel

Selama berabad-abad cuka apel sudah digunakan untuk membantu mencegah dah mengobati berbagai penyakit untuk manusia dan hewan.cuka apel mengandung asam asetat , potasium , asam amino dan antioksidan.cuka apel digunakan untuk membantu membunuh patogen (mikro organisme parasit) , termasuk bakteri-bakteri dan mencegah mereka untuk menggandakan diri dan mencapai tingkat yang membahayakan tubuh. menggunakan cuka apel sehari-hari dapat mencegah dan meminimalisir bakteri E.Coli di kandang anda.
Dosis : 1sendok makan : 1liter air 2-3x perminggu.

Madu

Madu adalah bahan 100% natural dan pemanis alami , madu mempunyai efek anti bakteri tapi dapat juga digunakan untuk suplemen recovery / pemulihan setelah latihan , lomba / terbang jauh dan juga pemulihan setelah pengobatan sakit sebagai perangsang sistem pencernaan.
Dosis : 1 Sendok makan Banding 1 Liter air , jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan diare , yang disarankan adalah 2x dalam 1 minggu.

BeePolen

Beepolen adalah salah satu nutrisi terkaya yang di produksi oleh lebah , mengandung sekitar 40% Protein , Asam amino bebas , Vitamin termasuk B-Kompleks dan asam folic, beepolen juga berfungsi sebagai energi booster , menguatkan system pernafasan dan sebagai immune booster ( menjaga kekebalan tubuh ) , masalah kesuburan juga dapat diatasi menggunakan beepolen.
Dosis : 1/2 sendok makan 2x sehari dapat dicampurkan ke grit / dalam bentuk kapsul dapat diberikan 1-2 kapsul setiap minggu nya.

Kristal Borax ( Boracic Crystal )

Meskipun saya tidak pernah menggunakannya, tetapi beberapa teman di dalam olahraga merpati pos sudah mencoba, dan mereka senang dengan hasil yang mereka dapat dalam pengobatan. jadi saya pikir mengapa tidak disajikan di sini.
Kristal Borax digunakan untuk mengobatati penyakit Ornithosis , One eyecold ( Kelopak mata bengkak ) , cara nya dicampurkan air panas hingga menyerupai lotion ,diamkan hingga dingin terlebih dahulu dan setelah itu dapat dimasukan ke botol tetes mata. teteskan 3x sehari pada mata yang bengkak dan anda harus mengisolasi merpati yang sakit karena dapat menular sangat cepat. pengobatan dapat dilakukan minimal 5 - 7 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Kayu Manis

Pada penggunaan untuk merpati , kayu manis dapat digunakan untuk campuran makanan , 1 sendok makan untuk 1 Kg Makanan. sebelum dicampurkan , makanan dapat di berikan minyak Zaitun terlebih dahulu agar merekatkan serbuk kayu manis tersebut. kayu manis mempunyai kegunaan antara lain sebagai berikut
  • Anti Bakteri dan Anti mikroba
  • Antioksidant tinggi
  • Anti Jamur
  • Pencegah dan untuk melawan Bakteri E.Coli dan Salmonela
selain dicampur ke pakan , serbuk kayu manis juga bisa langsung digunakan langsung ke burung yang sakit , se ujung jari dapat langsung di berikan ke dalam mulut merpati yang sakit 2 - 3 hari sekali bisa diberikan selama 5 hari.

Arang

Arang sudah sejak lama digunakan pada kehidupan sehari-hari untuk manusia dan hewan sebagai anti racun. arang bisa juga di gunakan sebagai grit untuk harian sebagai Detox dari racun racun yang tidak sengaja masuk ke tubuh merpati . arang juga dapat di pakai untuk antiracun selepas merpati pulang dari perlombaan jika kamu menemukan ada yang tidak beres sepulang merpati lomba , misalnya ada lumpur dimulut atau oli. kamu bisa menggunakan arang untuk anti racun dengan memberikan 1 tablet langsung kemulut merpati. arang juga tersedia dalam bentuk tablet dapat di temukan di toko - toko obat cth : norit.

Bawang Putih

Bawang putih dikenal juga sebagai pembersih darah dan antibiotik alami , mendukung kekebalan tubuh dan sistem pernafasan. bawang putih mengandung antibakteri , antivirus dan juga antiparasit. kamu dapat menggunakanya mentah-mentah dgn dicuci terlebih dahulu. dapat digunakan 1 minggu sekali pada air minum , bawang putih dapat di hancurkan terlebih dahulu atau ditusuk dengan garpu. 1 siung bawang putih untuk 1 liter air.

Jeruk Lemon

Dikenal sebagai bahan untuk terapi dari berbagai generasi , lemon membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh burung , membantu sistem pencernaan , dan dianggap sebagai pembersih darah yang sangat baik. Manfaat kesehatan dari lemon adalah karena banyak unsur bergizi seperti VitaminC, Vitamin B, fosfor, protein, dan karbohidrat.
cara pakai : Pada Diet merpati kita dapat gunakan setengah buah jus lemon untuk 1 liter air 2x seminggu, dan setengah juice nya lagi dapat digunakan untuk 1kg campuran pakan , dan sajikan ke merpati jika sudah menyerap dan kering.

Daun Selada

Daun selada memiliki nutrisi yang sangat tinggi , juga mengandung Vitamin A , Vitamin C , Vitamin K , protein , zat besi , kalsium dan sodium. dapat digunakan untuk sayuran merpati , bisa anda potong kecil-kecil dan sajikan di wadah , bisa juga di gantungkan di kandang. dan selalu sajikan yang segar , 2x seminggu cukup untuk memaksimalkan kebutuhan nutrisi merpati anda.

Propolis

Propolis adalah 100% Antibiotik natural dan dapat digunakan untuk merpati , dan fungsinya antara lain :
  1. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh
  2. Meningkatkan Sistem Pernafasan
  3. Mencegah dan Mengobati segala jenis Infeksi
  4. Mencegah dan melawan berbagai jenis bakteri
  5. Mencegah dan membunuh parasit didalam tubuh
  6. Mencegah dan melawan jamur
  7. Membunuh kuman
  8. Antioxidant
  9. Antivirus

dan sangat efektif untuk mengobati dan memulihkan luka dalam

Dosis : 8 s.d 10 tetes Perliter Air . 1 s.d 2 x seminggu untuk metode pencegahan dari penyakit.
Semoga sedikit membuka wawasan tentang penggunaan bahan-bahan alami untuk merpati kesayangan.

terjemahan bebas oleh Retsky dari sumber Dacian Busecan : Racing Pigeon Natural Remedies

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI