Pengenalan Karakter Sebagai Pedoman Dalam Merawat Lovebird

juara - Jujur saja siapa yang sampai saat ini masih sering bertanya tentang settingan harian atau settingan lomba lovebird ke orang orang yang labet nya sering juara? pasti banyak, karena sebagian besar pecinta burung lovebird pada awalnya juga pernah seperti itu sewaktu awal terjun di dunia Lovebird, hasilnya? ada yang cocok. ada yang tidak. kalau cocok ya syukur alhamdulillah. kalo tidak ya tanya-tanya settingan ke orang lain lagi hingga pusing, begitu terus diulang-ulang tak ada habisnya. Si A bilang harian krodong oke laksanakan, lalu tanya si B harian ablak, nah jadi binggung sendiri kan, oke harian ablak tanpa krodong lalu ketemu si C. Dia bilang harian di full krodong,  oke balik lagi full krodong.

Si A bilang kalau mau moncer rajin mandi malam, oke mandi malam lalu ketemu si B. Dia bilang jangan mandi malam nanti ciak bulu, karena takut akhirnya tidak mandi malam, lalu ketemu si C. Dia bilang biar birahi stabil harus mandi malam, mulai dilema ini oke mandi malam.

Apakah Sobat perbah seperti itu? Dan masih ngeyel tanya settingan LB orang buat di terapin di Labet kita?
STOP sekarang juga, jangan jadi orang malas pahami Lovebird dengan dalih "SIAPA TAU COCOK", ini nih jurus "siapa tau cocok" biasanya sering digunakan buat mengumpat orang orang yang memberi saran supaya belajar pahami LB masing-masing. Kalau tidak dikasih langsung bilang PELIT ILMU, lucu kan?
Padahal sebenarnya mungkin kita sudah tahu karakter Lovebird masing-masing tapi tergoda melihat LB orang lain yang sering juara. Ini yang menutup pikiran kita dan ini BAHAYA kalau tidak segera di hentikan, daripada tanya setingan orang kenapa tidak mencoba buat setingan sendiri? Kalau LB kita bagus kan ilmunya bisa di share buat tabungan di akhirat? Bonusnya ya pasti bangga bisa cetak ovebird bagus dengan jerih payah sendiri.

Oke cukup ya pembukaannya sekarang Kita akan berikan sedikit Tips mengenali karakter labet yang "SIAPA TAU COCOK" diterapin di rumah masing-masing.

Pengenalan karakter biasanya bisa dimulai setelah LB beradaptasi dengan lingkungan sekitar, disini mencakup Suasana (tenang/ramai banyak gangguan/minim gangguan Dll). Suhu lingkungan (Panas/Dingin/Sejuk). Nah bila sekiranya labet sudah beradaptasi dengan baik, ambillah contoh udah dirawat sebulan, dia udah kenal dengan siapa yang merawat. Bagaimana suasananya. Dan sudah mulai merasa aman. Kita bisa mulai mencoba memahami bagaimana karakter LB tersebut.

1. MAKANAN

ada yang bilang makanan bukan termasuk di dalam karakter, ya silahkan kalau di manusia ada yang karakternya suka pedas. Pokoknya kalau tidak cabe 1 truk belum pedas. Ada yang baru 1 cabe udah minta minum 1 galon, nah jadi minta ijin nih buat masukin jenis makanan kesukaan di dalam karakternya
Caranya sih simpel aja, berikan makanan lengkap milet putih. Milet merah. Kenari seed. Kuaci. Gabah bangkok dll. lalu amati selama seminggu, semisal dia makan milet putih 50 poin lalu 30 poin dia suka kenari seed dan 20 poin dia suka kuaci nah lalu kita sesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal semisal nih kita tinggal di daerah pegunungan yang dingin kita bisa berikan 1kg millet putih dan 100gr kenari seed sebagai makanan tambahan dan kuwaci sebagai EF Biji bijian lalu berikan EF berupa sayur biasanya jagung. Kangkung. Timun sawi dll coba satu per satu mana yang dia suka mana yang hanya digigit lalu dibuang kalau udah ketemu ya berarti itu EF sayur yang cocok buat dia. EF biasanya sebagai setelan persiapan lomba. Pelajari juga di GOOGLE kandungan dan manfaat tiap jenis makanan, kalau ada yang belum paham baru deh tanya ama yang berpengalaman, jadi ini seperti mau belajar harus tahu dulu nih ilmu yang mau dipelajarin apa, semisal akan tanya manfaat daun mengkudu, daun krokot, daun binahong sebaiknya googling dulu, kalau belum paham atau tidak ada baru deh tanya ama yang .

2. PENJEMURAN

Penjemuran berperan penting dalam menjaga kesehatan lovebird, cuma tidak semua LB suka dijemur ada yang birahi naik kalau di jemur, ada juga yang malah birahi drop kalau di jemur. Ada yang rajin ngekek kalau rajin di jemur dan malah ada yang males-malesan kalau rutin di jemur, nah ini pinter-pinternya kita memahaminya. Sebagai tips biasanya saya selalu menjemur LB sekuat dia, cirinya kalau udah gelisah atau udah ngos-ngosanan langsung angkat dan di taruh di tempat teduh, lakukan seminggu nanti kita bakalan paham kekuatan dia menahan panasnya sinar matahari dan juga pengaruhnya ke Lovebird masing-masing

3. MANDI

pernah mengalami masalah OB? mandi jadi solusi favorit Labet mania dalam menurunkan birahi, tapi apakah 100% bener menurunkan birahi? Belum tentu. Pernah mengalami atau bahkan dengar ada teman yang LB nya OB dan sudah dimandiin 3-5x sehari tapi tidak turun-turun birahinya? Sampai dimandikan memakai air es tidak mempan, air hujan tidak mempan, air kembang tidak mempan, air kelapa muda, air soda, air susu dibalas air tuba air beriak tanda tak dalam semakin ngawur dan tidak ada hasil, saran saya jangan mengharapkan hasil yang berbeda melalu tindakan yang sama secara berulang-ulang bagaimana jika ternyata dia malah suka tidak mandi? Atau pengen mandi sesukanya? Atau pengen dimandiin tapi hanya seminggu sekali? jawabannya ya yang punya LB yang harus cari tahu mandi sendiri banyak caranya setahu saya mulai dari Lovebird mandi sendiri semprot halus dipegang dan di basuh air di pegang dan mandiin melalui air keran, mandiin air hujan dan mungkin masih banyak lagi waktunya juga berpengaruh ada yang suka mandi pas subuh sebelum jemur, setelah jemur mandi malam hasilnya pasti beda-beda.

4. ISTIRAHAT

Ini mencakup banyak faktor ya, tapi kita sederhanakan saja, ada yang suka istirahat di krodong ada yang tidak suka ada yang pengennya diasingin ada yang malah suka di tempat rame suara Lovebird baru dengar Labet tidur sambil ngeriwik dia langsung ikut tidur sambil ngeriwik, nah waktu-waktu istirahat juga penting diketahui, umumnya malam hari banyak Lovebird mania yang mengkrodong buat istirahat, tapi ada juga yang waktu mau lomba H-1 malam hari tidak di krodong dan akan di korodong pada pagi harinya ada yang harus full krodong double biar dia mau tidur kalau tidak bakalan sering ngekek seharian tidak capek-capek.

5. BIRAHI

Ini termasuk hal penting dlm dunia lomba Lovebird tingkat birahi yang pas akan mempengaruhi kinerja LB di gantangan. Pelajari dengan teliti apa yang menyebabkan birahi Labet kita naik apa yang bisa menurunkannya, masing-masing LB berbeda-beda penanganannya  ada yang jemur bikin birahi tapi ada juga yang malah turun birahinya, ada Lovebird betina yang birahi tinggi kalau ketemu Labet jantan, ada juga yang sering tempel jantan tapi birahinya lempeng-lempeng saja, ada yang dikasih kangkung dikit langsung birahi, ada juga yang tidak terlalu berpengaruh, kembali lagi kemasing-masing Labet yang berbeda-beda.

6. MENTAL

Pernah gantang LB tapi cuma mondar-mandir dan naik turun sangkar? Atau cuma diam tapi sayap bergetar dan sesekali mengembangkan bulunya? Bisa jadi ada yang di takuti, mungkin takut lawan Labet warna bulu ini atau warna paruh itu, takut suasana ini atau takut suasana itu, takut suara ini atau takut suara itu, ini juga jadi kunci yang wajib diketahui karena berhubungan dengan mental. Dirumah durasi 15 menit 10 detik kok di gantangan hanya 10 detiknya yang keluar ya? Jangan samakan di rumah dengan di gantangan tekanannya berbeda, suasananya berbeda kamu berani tidur di rumah belum tentu berani tidur di kuburan kan?
Nah mungkin secara garis besar 6 hal itu bisa dijadikan acuan buat belajar memahami karakter Labet kita.
Dulu saya rajin catet setingan orang-arang yang LB nya juara dan saya terapkan di LB saya tapi Saya berhenti menanyakan settingan ini itu ketika om Ade Sulistiyo dari KKLB bilang gini:
Tiap LB itu berbeda-beda karakter atau settingannya ada yang suka mandi basah. Ada yang asal kena air. Ada yang mandi cepuk ada yang harus di semprot. Ada yang suka milet putih. Kenari seed. Ada yang sukanya pakan kemasan. Ada yang suka jemur ablak. Ada yang disauna. Ada yang jemur lama. Ada yang jemur bentar, ada yang suka gantang tengah, pinggir, pojok biar tahu karakternya kita harus coba bukan berdasarkan warna bulu. Warna paruh dan jenis kelamin.

Sekarang saya paham, dulu saya hanya buang-buang waktu dengan modal "siapa tahu cocok". Jika mencoba rawatan orang 1 membutuhkan waktu 1 minggu biar tahu hasilnya maka sebulan bisa 4 kali coba-coba bayangkan jika sebulan itu kita fokus belajar karakter dan perilaku Lovebird kita, bisa saja kan kita tahu banyak hal yang sebelumnya kita abaikan.

Pesan saya, buka pikiran lebar-lebar, lalu pikirkan baik-baik masa depan LB kita akan dibawa kemana? Apa ambisi kita itu baik buat LB kita? Apa selama ini udah ngasih yang terbaik buat LB kita? kok pengen LB nya ngasih yang terbaik buat kita, anak yang didik dengan baik pasti kelak jadi anak berbakti kok. Bahkan para pemain besar tingkat nasional sebelumnya juga tidak menyangka lovebird nya bakalan jadi Seperti sekarang, semuanya kompak serempak bilang pahami karakter Labet kita. Pahami yang dimau. dan rawat baik-baik.

Widi-Emperium LBF

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI