Panduan Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Cara Yang Harus Dilakukan Untuk Memulai Bisnis Online

Usaha yang bisa anda lakukan sembari menjalani aktifitas lainnya tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda untuk mendapatkan banyak uang lebih. Ada beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk memulai bisnis online tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai cara yang harus anda lakukan :

1. Menentukan Produk Jual

Untuk mempermudah anda dalam menentukan barang yang akan dijual nantinya, maka anda perlu memperhatikan barang apa yang sedang dibutuhkan oleh masyrakat saat ini.

Anda dapat menyediakan barang yang dibutuhkan tersebut dan tentunya akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak yang bersangkutan. Tentukanlah produk jual berdasarkan kebutuhan pasar, bukan keinginan kita semata.

2. Membuat Lapak Online

Lapak online adalah tempat yang anda gunakan untuk mempromosikan atau menjual barang. Anda dapat memanfaatkan sosial media anda yang memang sudah memiliki banyak teman atau pengikut. Beberapa sosial media yang bisa anda jadikan sarana untuk melakukan promosi bisnis anda adalah facebook, twitter, instagram, bbm, atau pun line.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan situs lapak penjualan online yang sudah tersedia di internet, seperti olx, atau tokopedia, bukalapak dll.

Alasan yang paling utama mempromosikan via internet karena situs online atau pun media sosial tersebut tidak memungut biaya, alias gratis sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mempromosikan barang yang akan anda jual nantinya.

3. Mempromosikan Produk Yang Di Jual

Agar lebih mendapatkan pembeli yang banyak, sebaiknya lakukan promosi barang atau produk dengan kalimat yang semenarik mungkin via internet. Jika anda menggunakan Facebook, anda bisa memasang iklan fb ads. Jangan lupa gunakan kalimat yang mampu mempengaruhi pembaca agar tertarik dengan produk yangdi tawarkan.

Selain itu, anda tambahkan juga gambar dari barang atau produk yang anda tawarkan, agar semakin mampu mempengaruhi pembaca agar mau membeli barang yang anda tawarkan.

Dan apa bila anda telah berhasil mendapatkan pembeli, maka jangan lupa juga untuk memposting testimoni pembeli di sosial media maupun situs online lainnya yang anda jadikan sebagai lapak online. Dengan adanya testimoni tersebut, maka anda akan lebih dipercaya oleh calon pembeli lainnya.

Sehingga lapak online anda akan memiliki imej positif. Tentunya hal demikian akan semakin meningkatkan angka penjualan barang atau produk yang anda tawarkan.

Dibutuhkan Mentor Untuk Memulai Bisnis Online

Jika anda memang serius ingin menggeluti dunia bisnis, khususnya online, maka anda juga jangan tanggung-tanggung dalam belajar.

Selain belajar sendiri dengan cara mengikuti langkah langkah dalam memulai bisnis online yang telah disebutkan sebelumnya. Anda juga bisa mencari mentor yang tepat untuk memandu anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Keberadaan mentor atau pembimbing dalam membangun sebuah bisnis online sangat lah penting, agar anda dapat mengetahui banyak hal, mau pun cara yang tepat dalam meningkatkan nilai penjualan.

Ada beberapa mentor berpengalaman yang bisa anda coba untuk hubungi agar bisa belajar ilmu yang lebih dari mereka. Beberapa mentor berpengalaman tersebut adalah :

1. Cafebisnis

Cafebisnis merupakan tempat belajar bisnis online yang diasuh oleh Lutvi Afandi, seorang legenda internet marketing di Indonesia. Di cafebisnis ini anda dapat mempelajari materi komplit mengenai dunia bisnis online, juga panduan urut yang rapi dan enak untuk diikuti dalam menjalankan sebuah bisnis online.

2. Private Brokerpreneur

Selain cafebisnis, ada private brokerpreuner yang bisa anda jadikan sebagai tempat dalam mendalami ilmu di bidang internet. Yang menjadi pengasuh tempat belajar ini adalah Yusuf Shembah Brokerpreuner, yang merupakan seorang pengusaha inspiratif. Dari beliau anda dapat belajar cara yang tepat untuk bangkit dari kegagalan dengan mendalami bisnis online.

Pilih Ide Untuk Memulai Bisnis Online

Ketika ingin memulai bisnis, tentunya anda juga harus menyiapkan ide yang fresh dan kreatif agar mampu bersaing di tengah pasaran online yang saat ini sedang marak. Ada banyak ide bisnis online yang bisa anda coba.

Contohnya bisnis fashion dengan pemasaran online.

Barang-barang fashion seperti baju, topi, sepatu, atau pun tas bisa anda tawarkan dengan mudahnya di lapak online. Selain itu, anda juga bisa menyiapkan ide sendiri untuk menerima pesanan baju, topi, sepatu, atau pun tas sesuai dengan pesanan dari para pembeli.

Selain menawarkan berbagai macam barang fashion, anda juga bisa menawarkan beragam barang kosmetik baik yang diproduksi oleh brand luar negeri mau pun lokal. Saat ini sudah banyak minat fashion sedang meningkat. Sehingga anda bisa memanfaatkan tingginya minat tersebut untuk menjual barang atau produk yang anda miliki.

Tidak hanya barang atau produk fashion dan kosmetik saja yang bisa anda jual, anda juga bisa menawarkan berbagai macam makanan secara online. Lebih baik lagi jika anda menawarkan produk makanan yang anda produksi sendiri. Maka hal tersebut akan semakin menguntungkan bagi anda.

Berbagai macam bentuk barang hasil kreatifitas dan kerajinan tangan, juga bisa Anda jual secara online. Dan ini juga merupakan ide bisnis yang menggiurkan untuk dilirik. Saat ini banyak sekali orang yang menaruh minat lebih pada pernak pernik barang unik mau pun antik yang dibuat sendiri.

Anda bisa menyalurkan minat dan kreatifitas anda ke dalam berbagai bentuk barang unik yang bisa dijadikan hadiah untuk ulang tahun, pernikahan, mau pun wisuda. Selain itu, anda juga bisa membuat barang-barang yang disesuaikan dengan pesanan pelanggan tersebut yang bisa saja untuk hadiah ulang tahun dan lain sebagainya.

Jualan alat musik juga merupakan ide bisnis yang bisa dipasarkan secara online. Alat musik yang dijual tersebut bisa dalam kondisi bekas maupun baru. Hal ini disebabkan karena alat musik juga menjadi salah satu barang yang diminati meski pun dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Apa lagi jika alat musik tersebut ditawarkan ke orang orang yang memang menggeluti dunia musik seperti, musisi, guru atau dosen musik, dan juga mahasiswa. Intinya bagi pemula, anda tidak perlu memilih ide bisnis online yang sulit.

Cukup pilih ide yang paling sesuai dengan potensi anda serta diyakini mampu anda jalani dengan sebaik-baiknya. Tak perlu merasa terbebani dengan saingan yang sudah ada di pasar online. Apa bila anda memang melakukan bisnis dengan benar, maka anda tidak perlu khawatir dengan saingan bisnis online dari lapak lain.

Memulai Bisnis Online Sebagai Shop Reseller

Istilah shop reseller adalah istilah yang ditujukan kepada orang-orang yang menawarkan barang atau produk milik orang lain melalui lapak online miliknya. Baik yang berupa sosial media mau pun juga yang berupa situs online khusus yang memang sudah dimiliki sebelumnya.

Keuntungan yang didapatkan oleh shop reseller memang tidak sebesar orang yang memiliki barang atau produk tersebut secara langsung. Akan tetapi, ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan jika memulai bisnis online sebagai shop reseller. Adapun beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan tersebut meliputi.

1. Uang tambahan tanpa modal

Anda bisa menjalankan bisnis tanpa modal, jika memulainya dengan konsep shop reseller. Selain itu, anda juga bisa menjalankannya sambil tetap beraktifitas seperti biasanya. Bisnis online sebagai shop reseller ini sangat cocok untuk dijalani oleh anda yang masih bersekolah ataupun berstatus mahasiswa.

2. Ilmu

Dengan menggunakan konsep reseller, anda juga bisa mendapatkan berbagai ilmu bermanfaat mengenai dunia bisnis online tanpa harus mengeluarkan uang untuk belajar di mentor.

Pastinya, tidak ada batasan umur yang membatasi seseorang untuk melakukan usaha. Anda pun bisa memulainya dari sekarang. Melakukan bisnis online juga dapat anda lakukan di rumah. Demikianlah pembahasan tentang cara untuk memulai bisnis online bagi pemula. Semoga bermanfaat!

Sumber: www.wirabisnis.com

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI