CARA DAN SYARAT MENGAJUKAN KUR BANK BRI TAHUN 2017

Kredit Usaha Rakyat Bank BRI

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program dari pemerintah berupa pinjaman modal usaha yang dananya 100% dari bank pelaksana KUR untuk rakyat Indonesia yang produktif dan Layak namun Belum Bankable dengan plafon sampai dengan Rp. 500.000.000; (lima ratus juta rupiah) yang dijamin oleh Perusahaan Penjamin. Karena dananya dari bank pelaksana makanya bunganya & sistemnya berbeda beda, dan jika anda di tolak bank BRI bisa mengajukan di bank lainya yang penting Tidak sedang menerima kredit pembiayaan dari perbankan dan atau yang tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah/selain KUR.

KUR BRI ditujukan pada sektor pertanian (on farm), perikanan (on farm) dan industri pengolahan, dan sektor perdagangan. Dalam program-nya ini Bank BRI beberapa bulan yang lalu memberitakan bahwa untuk target KUR pada  2016 akan ditingkatkan menjadi sebesar Rp 100 triliun. pihak bank BRI membidik para pedagang di pasar dengan merekrut anak pedagang di pasar sebagai tenaga pemasaran  menjadi ujung tombaknya.

Sebenarnya KUR ini bukan hanya bank BRI, bank yang lain juga mempunyai program ini, ada 33 Bank pelaksana KUR dan rata rata bank daerah menjadi bank pelaksana. Memang bank BRI-lah yang masyarakat kenal dengan program KUR-nya sehingga anggapan-nya cuma bank BRI saja.

Mungkin karena terlalu banyak yang mengajukan jadi lama prosesnya, terbukti pada agustus hingga november 2015 kemarin  Angka 600.000 debitur dicapai oleh Bank BRI hanya dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan itu. “Dengan kata lain, rata-rata setiap harinya Bank BRI merealisasikan KUR untuk 10.000 debitur. Angka ini merupakan prestasi tertinggi yang pernah dicapai oleh lembaga perbankan,” kata Hari Siaga, Corporate Secretary Bank BRI.  dengan proses yang lama itu saya gak sabar dan beralih ke bank BJB.

Sebagai info tambahan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 9% mulai 4 Januari 2016, dari sebelumnya 12%. Kebijakan ini dilakukan untuk mendorong pengembangan sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Pembiayaan KUR BANK BRI

Kredit Usaha Rakyat (KUR) BANK BRI terdiri dari KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI. KUR Mikro BANK BRI adalah Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafond s.d Rp 25 juta per debitur. KUR Ritel BANK BRI adalah Kredit Modal Kerja dan atau Investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond > Rp 25 juta s.d Rp 500 juta per debitur. KUR TKI BANK BRI diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond s.d Rp 25 juta. KUR BANK BRI diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan usaha produktif dan layak. Sektor usaha yang dibiayai sesuai dengan ketentuan pemerintah, KUR BANK BRI dapat dilayani di seluruh Unit Kerja BANK BRI yang tersebar di seluruh Indonesia

Syarat Calon Debitur:

KUR Mikro Bank BRI
Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layakTelah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulanTidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu KreditPersyaratan administrasi     Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha.

KUR Ritel Bank BRI
Mempunyai usaha produktif dan layakTidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu KreditTelah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulanMemiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan.

KUR TKI Bank BRI
Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
Persyaratan administrasi:
Identitas berupa KTP dan Kartu KeluargaPerjanjian kerja dengan pengguna jasaPerjanjian penempatanPassporVisaPersyaratan lainnya sesuai ketentuan

Ketentuan dan Syarat Kredit:

KUR Mikro Bank BRI
Besar kredit maksimal sebesar Rp 25 juta per debitur. Jenis kredit Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun. Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun. Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan. Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi.

KUR Ritel Bank BRI
Besar kredit > Rp 25 juta - Rp 500 juta. Jenis kredit Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 4 (empat) tahun. Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun. Suku bunga 9% efektif per tahun. Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi. Agunan sesuai ketentuan bank.

KUR TKI Bank BRI
Besar kredit maksimal Rp 25 juta atau sesuai Cost Structure yang ditetapkan pemerintah.
Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan. Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi. Jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun atau sesuai kontrak kerja. Tujuan negara penempatan Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.


Prosedur dan Mekanisme Pengajuan KUR BRI:

Pemohon (UMKMK) mengajukan surat permohonan KUR kepada Bank dengan melampiri dokumen seperti legalitas usaha (jika ada), perizinan usaha, catatan keuangan dan sebagainya. Bank mengevaluasi/analisa kelayakan usaha UMKMK berdasarkan permohonan UMKMK tersebut. Apabila menurut Bank, usaha UMKMK layak maka Bank menyetujui permohonan KUR. Keputusan pemberian KUR sepenuhnya merupakan kewenangan Bank. Bank dan UMKMK menandatangani Perjanjian Kredit/Pembiayaan. UMKMK wajib membayar/mengangsur kewajiban pengembalian KUR kepada Bank sampai lunas.

Dokumen Yang Di Perlukan:
Identitas diri nasabah, seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, dll. Legalitas usaha, seperti akta pendirian, akta perubahan. Perizinan usaha, seperti SIU, TDP, SK Domisili, dll. Catatan pembukuan atau laporan keuangan dan copy bukti agunan.

Yang Termasuk Agunan Sebagai Jaminan:
Agunan wajib ada yaitu Kelayakan Usaha dan Obyek yang dibiayai itu sendiri (jenis usaha yang sudah anda jalankan). Kalau anda tidak punya usaha, mustahil akan di setujui. Agunan Tambahan sesuai dengan ketentuan pada Bank Pelaksana, misalnya sertifikat tanah, BPKB mobil, dan lain sebagainya.

Selamat mencoba...

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI