Cara Cepat Sukses Penangkaran Cucak Rawa Bagi Pemula

tips jitu - Dewasa ini makin maraknya animo masayaarakat yang memilih Bisnis Penangkaran Burung berkicau membidik jenis penangkaran burung yang bergengsi dimana trend harga anakan dari dulu awal munculnya penangkaran burung jenis ini selalu ada kenaikan dari tahun ke tahun, ( dimana jenis burung yang lain kebanyakan trend harganya saat mencapai puncak populasi dengan cepat dan akan mengalami penurunan harga dengan cepat pula ) Dia tak lain dan tak bukan adalah burung COCAK RAWA.

Hukum pasar berlaku "Produk berbanding terbalik dengan Permintaan " apabila produk sedikit jumlah permintaan banyak maka Harga akan dengan sendirinya naik, begitu juga sebaliknya apabila Produk banyak sementara permintaan sedikit otomatis harga akan turun.

Faktor utama kenapa bisnis penangkaran Cucak Rawa tren harga cenderung naik dari tahun ke tahun dikarenakan makin banyaknya Permintaan akan anakan CR, sementara banyak kurang berhasilnya para penangkar dalam menangkarkan Cucak Rawa.

Setelah saya amati dari teman-teman penangkar dan banyak yang Share dengan saya ternyata letak kegagalanya terbesar ada di "PENJODOHANNYA "

Kunci sukses Penangkaran yang Utama terletak di Materi burungnya :

  • Burungnya Sehat
  • Usianya usia Produktif
  • Penjodohannya benar ( jantan betinanya benar dan BERJODOH )

Sulitnya menentukan jenkel jantan dan betina CR hasil penangkaran (kecuali Burung Hutan Dewasa) menambah panjang deretan permasalah di poin Penjodohan, karena yang sudah pengalaman saja masih suka salah menentukan jantan betinanya makanya dibutuhkan pengamatan berhari-hari bahkan berminggu-minggu, postur saat mood tertentu bisa merubah postur penampilan burung CR tersebut
Saat jantan betinanya benar ditentukan dengan tes DNA permasalahannya tidak semua jantan betinanya sudah benar tidak berantem ( akur ) akan tetapi belum tentu mau BERJODOH.

Rumit kan? Jika ada yang bisa itu saya sebut Kebetulan. Dalam Bisnis unsur kebetulan jika sebagai acuan utama akan berdampak pada kerugian ( minimal Rugi waktu BEP nya yang super lama. Apa lagi duit yang buat investasi duit panas tambah pusing sang penangkar, burungnya pusing juga sudah repot dipaksain kawin ama bukan pujaan hatinya malah yang parah suruh jeruk makan jeruk (jenkel sejenis).

Dari pengalaman teman ada yang sampai 7 tahun baru bisa merasakan CR nya produksi ( Hebatnya semangatnya pantang menyerah itu yang aku acungin jempol) yang tidak punya semagat baja pasti akan  buru-buru lempar handuk. Dan semoga tidak kebetulan dan sudah mahir menjodohkan agar produktifitasnya bisa cepat indukan-indukan berikutnya.

Bagi pemula saya sarankan:
Cari orang yang berpengalaman dalam penjodohan CR dan track recordnya kredibel ( bisa dipercaya ) untuk diamanhi menjodohkan CR calon indukan sekaligus jadi MENTOR Anda.
Banyak Penangkar lama saja karena mengingat banyak hal masih jadi kendala mereka mempercayakan urusan Penjodohan indukan CR dipercayakan ke seseorang yang dipercaya.
Untuk sukses penangkaran CR Anda tidak harus mahir semuanya akan tetapi Anda harus tau kunci-kuncinya yaitu temukan MENTOR Anda dengan TEPAT.
SEGALA SESUTU SERAHKAN KEPADA AHLINYA
So.... Agar Anda tidak menunggu lama sampai 7 tahun indukan CR Anda baru bisa produksi langkah instan bisa Anda tempuh seperti hal diatas. Harga jauh lebih mahal memang (akan tetapi akan jauh lebih mahal nilai yang Anda tanggung tuk mengalami KEGAGALAN) karena yang dijual "TIDAK HANYA BURUNGNYA SAJA AKAN TETAPI LENGKAP DENGAN ILMUNYA" Pengalaman kegagalan biarlah dialami oleh para Mentor Anda yang jatuh bangun cukup lama untuk mendapatkan ilmu penangkaran CR, dan Anda secara instan bisa menghindari kegagalan-kegagalan tersebut atas bantuan Mentor Anda, agar kepastian bisnis Anda ada yang mengarahkan untuk SUKSES MENANGKARKAN CUCAK RAWA.
by : Yoen Yuwana

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI