Belajar Membedakan Merpati Pos Jarak Jauh dan Menegah

seleksi alam - Banyak sekali yang masih tidak mau tahu dan tidak mau mengakui bahwa tiap Merpati Pos itu berbeda, Mpos untuk lomba jarak pendek dan menengah berbeda dengan Merpatipos untuk extreme long distance. Semua pemain di dunia mengakui hal ini kecuali Indonesia, kita sebagai pemula cukup tahu saja dan agar tidak salah dalam memilih Merpati Pos kita. Sampai detik ini, mpos basic middle tidak akan sanggup menaklukkan lomba Sumatra kalau tidak di crossing dengan basic long distance, cobalah maka Anda akan tahu sendiri.

Pada umumnya, Lomba Merpati pos pada akhirnya terbagi menjadi Short, Middle, dan Long distance. Bagaimanapun dalam kemampuan BERPIKIR MPOS, lebih mudah untuk membaginya menjadi dua kategori saja, yaitu Merpati Pos Short dan Merpati Pos Long. Mari kita diskusi tentang mpos Short terlebih dahulu. Selama lomba jarak pendek, segala sesuatunya berjalan sangat cepat, dan tidak ada sedikit-pun ruang bagi seekor mpos untuk berbuat kesalahan. Itulah kenapa saat penerbangan dan kondisi cuaca saat penerbangan memegang peranan terbesar dalam lomba Short distance. Kemampuan untuk memproses informasi sangat penting bagi Merpati Pos jarak pendek dan ini juga karena jarang terjadi pemisahan gerombolan Merpati Pos pada lomba jarak pendek. Mungkin MPOS PEMIKIR (LONG) sulit melepaskan diri dari rombongan terdepan, itupun harus menggunakan kemampuan homing-nya untuk bisa bersama pembalap terdepan dan PASTI perlu kemampuan Fisik yang seimbang/ sama dengan pembalap terdepan.

Merpati Pos Short distance memiliki keuntungan besar pada lomba jarak pendek disaat usia Young Bird dan Yearling (usia setahun). Juga karena lomba hanya pada jarak pendek, Merpati Pos Short bisa ikut lomba lebih sering, dan, mereka mendapatkan lebih banyak pengalaman. Lagi, pengalaman-pengalaman ini ditranslate menjadi kemampuan memimpin didepan.

Nah disebutkan bahwa lomba di luar negeri terbagi menjadi 2-3 kategori, yaitu short, middle, dan long distance. Merpati Pos short lebih diuntungkan pada lomba jarak pendek, karena lebih sering lomba maka daya ingat terhadap medan lomba semakin besar. Bahkan kita sering MENGIRA BAHWA KEMAMPUAN LEADER MPOS SHORT ADALAH MUTLAK, PADAHAL INI HANYA AKUMULASI DARI PENGALAMAN LOMBA ALIAS KARENA HAFAL LOKASI SAJA, HASIL MENGINGAT-INGAT.

Sementara dalam lomba long distance, penghitungan waktu umumnya menggunakan menit dibanding detik, dan yang lebih penting adalah kemampuan untuk mengolah informasi, semetara mengolah informasi secepat mungkin tidak begitu penting. Mpos long distance memiliki kerugian/ ketertinggalan dalam memimpin lomba jarak pendek dibandingkan sprinter sesungguhnya, karena mpos long tidak memiliki kecepatan yang sebanding, alias tidak akan bisa menempati posisi pertama dalam lomba jarak pendek. Sebagian besar mpos Long distance, tidak bisa memanfaatkan kemampuan BERPIKIR dan SURVIVAL BERTAHAN untuk menjadi juara, sampai melewati usia Yearling dan pada Jarak 400 miles (650km) atau lebih. Karena mpos long umumnya tidak mampu mengimbangi mpos short di lomba jarak pendek, tapi bagaimanapun, Merpati Pos long mempelajari kemampuan survival yang lebih penting daripada kemampuan memimpin rombongan, dan seringkali kemampuan ini bisa membantunya dalam lomba extreme distance, ketika mereka tercecer dari rombongan dan terbang menuntun arah perjalanan mereka sendiri.

Merpati Pos Short distance umumnya lebih cepat matang, sementara mpos long distance umumnya butuh waktu untuk berkembang. Memang faktanya mpos long distance lebih lambat matangnya, dan mereka lebih sering mengandalkan kemampuan alami bawaan-nya (homing ability) di awal karir lombanya, sampai mereka bisa mengembangkan kemampuan bertahan dialam bebas (survival). Dalam banyak kemungkinan, Merpati Pos long distance bisa hilang dalam awal karir lombanya, jika mereka tidak memiliki kemampuan bawaan homing ability yang sangat baik. Seringkali, mereka mengandalkan kemampuan homing bawaan agar mereka bisa selamat dalam lomba dan memiliki pengalaman yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan BERPIKIR-nya.

Dari penjelasan diatas, yang sebenarnya masih sangat panjang dan detail namun kita bisa rangkum bahwa Mpos Short sangat berbeda dengan mpos Extreme distance! Mereka berbeda karakter dan masa usia kematangan.

Mpos Short Distance lebih kepada tipe MPOS PENGINGAT (ACCESSOR), yang mana hanya akan mampu bertahan sampai jarak 650km, sementara mpos Long Distance, malah baru berprestasi setelah jarak lebih dari 650 km, karena mpos long adalah MPOS PEMIKIR (PROCESSOR). Mpos Short sangat mengandalkan rombongan untuk bisa pulang ke kandang, sementara mpos long sangat mudah tertinggal dari rombongan, tapi tetap bisa pulang dengan navigasinya sendiri.

Mpos Short lebih cepat matang dalam lomba dan sangat cocok untuk mengikuti OLR, sekalipun usia sangat muda (Young Bird). Sebaliknya Merpati Pos Long Distance sangat lambat berkembang pikirannya, tapi seiring usia, kemampuan Homing dan Kemampuan Survival di alam Liar semakin berkembang.

Dan perlu diketahui juga, karakter ini berlaku umum dan rata-rata tapi kita sebagai pemain harus bisa menemukan dan memisahkan Merpati Pos jenis ini untuk bisa lebih fokus. Terkecuali kita punya kandang besar, bolehlah coba-coba untuk crossing diantara keduanya, tapi itu tidak mudah dan terlalu banyak sampah lomba yang dihasilkan. Apalagi di Indonesia tidak banyak jenis lombanya cara LLB dan BRPC yang lomba sampai Sumbawa >1000km atau cara OLR yang lomba sejauh 400km.

Ketahuilah batas jarak lomba mpos kita atau cocokkan kualifikasi Merpati Pos kita dengan POMP dimana kandang kita berada. Jangan pakai Merpati Pos > 1000 km untuk OLR, dan sebaliknya, jangan gunakan Merpati Pos OLR dalam Lomba LLB >1000 km. Dua-duanya tidak akan berhasil dengan baik!

KAN BISA CROSSING
Seperti disebutkan diatas, lakukan crossing jika tempat kita cukup untuk menampung, jika tidak jangan coba dulu. Jika hanya main di KaNas atau OLR, sebaiknya pakailah Merpati Pos lulusan OLR. Tapi jika POMP kita melombakan Merpati Pos Nyebrang Laut, sebaiknya carilah basic mpos yang bisa nyebrang Laut. Kalau kita sudah menemukan basic mpos kita dan bisa bersaing, barulah mulai inovatif dengan crossing Short X Long dan mengembangkan Merpati Pos kita sendiri dan untuk membahas masalah Crossing, pada tulisan selanjutnya akan ditampilkan bahasan tentang : CROSSING – JALAN MENCARI MERPATI POS JUARA ALL DISTANCE.

by : Kunto Wibisono

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI