Daur Ulang Merpati Pos Trah Juara

LLB - Ada banyak pertanyaan yang ditujukan ke Kunto Wibisono (pemilik BIMA Loft), kenapa BIMA memakai line tertentu bisa menghasilkan Merpati Pos yang berkualitas bagus, padahal loft yang lain juga memakai line yang sama namun Merpati Pos yang dihasilkan tidak bagus?
Sebelum memperoleh menjawabannya, mari kita perlu memahami beberapa hal berikut terlebih dahulu:

DARAH JUARA ACE PIGEON

Hal pertama perlu Kita ketahui bahwa, BIMA Loft menggunakan darah keturunan Ace Pigeon agar hasil baik segera kita dapat. darah Ace Pigeon menjamin keaslian Merpati Pos kita tanpa tercampur rambon sama sekali.

KONSEP 80% PASTI SAMPAH

Merpati Pos Ace Pigeon tidak akan selalu melahirkan Merpati Pos Ace Pigeon, karena konsep yang ada adalah keturunan juara “pada umumnya” adalah 80% sampah dan Merpati Pos yang bagus belum tentu 20%, bahkan rata-rata kurang dari 5% saja yang bisa disimpan pemilik. Kemana yang 80% sampah? tentu akan dipotong sejak awal atau hilang dalam lomba-lomba yang di ikuti. Jadi inilah peluang kita mendapatkan Merpati Pos 80% Sampah di pasar burung atau bandangan, sayangnya kemungkinan besar akan menjadi Merpati Pos “Gelap”. Merpati Pos sampah 80% ini sebenarnya bisa didaur ulang untuk menjadi Merpati Pos juara, kita akan bahas dibawah.

TAPI MERPATI POS SAYA dari PASAR

Selama kita bisa yakin Merpati Pos dari pasar adalah Merpati Pos asli, maka peluang keluar juara tetap ada, untuk mengetahui Merpati Pos kita asli atau tidak saja pasti butuh waktu, kecuali ada cincin resmi yang terdaftar dalam lomba yang menempel di Merpati Pos yang kita beli di pasar. Kalau Loss ring? tentu butuh ditest anak-anaknya dalam lomba, mudah hilang berarti Merpati Pos kita sudah rambon. buat saya membuang-buang waktu dan tidak jelas arahnya.

MERPATI POS PASAR tapi JUARA

Kalau mendapatkan Merpati Pos dari pasar dan anaknya bisa juara, tentu layak dipertahankan indukannya atau anak-anaknya untuk pondasi kandang kita masing-masing. Selama Juara, Merpati Pos apapun sumber dapatnya asal JUARA, otomatis AKAN MENJADI DARAH JUARA.
Ibu dari Gallant adalah Merpati Pos yang dibeli Pak Isaac dari Pasar Pramuka, Merpati Pos tidak jelas pedigree dan asal usulnya, jadi boleh dikatakan Gallant 50% pedigreenya tidak jelas, tapi Gallant sendiri adalah JUARA ACE, jadi bisa mulai membuat koloni dari Merpati Pos juara.

Kalau ada yang bilang BIMA anti Merpati Pos pasar sebenarnya tidak benar, buktinya membuat koloni dari anak Merpati Pos pasar, hanya saja GALLANT ADALAH MPOS ACE PIGEON jadi prinsip BIMA Loft selalu menggunakan darah keturunan Juara Ace Pigeon tetap konsisten.

DAUR ULANG MERPATI POS DARAH JUARA

Seperti yang telah disinggung sedikit diatas, bahwa Merpati Pos Ace Pigeon akan menurunkan 80% pasti sampah, bahkan mungkin 90% atau lebih. Jika kita tidak bisa mendapatkan yang 10% atau kurang tersebut (Beberapa Merpati Pos Bagus Prestasi), mendapatkan 90% Merpati Pos Jelek berdarah Juara juga lumayan, masih mungkin didaur ulang untuk menjadi juara seperti kakek/ neneknya. Mungkin ini salah satu cara untuk mendaur ulang trah juara (tapi bukan Merpati Pos Juara), dan ini bukan pilihan BIMA Loft, tapi bisa dicoba untuk teman-teman yang benar-benar serius untuk main Merpati Pos dan bisa berburu Juara kedepannya.

TAHAPAN CARA MENDAUR ULANG MERPATI POS DARAH JUARA

  1. Pastikan Merpati Pos kita asli 100% tanpa ada darah campuran merpati lokal.
  2. Lombakan anak-anaknya, misal dari 10 ekor jika jarak lomba sudah diatas 400 km, lombakan terus sampai sisa hanya 2 ekor, kalau sisanya banyak berarti Merpati Pos kita sudah lumayan bagus. Jika sebelum mentok hanya sisa 2 ekor, tahan Merpati Pos tersebut untuk dijadikan bibitan lomba tahun depannya.
  3. Kawinkan Merpati Pos Lomba X Merpati Pos Stock, anaknya lombakan sampai jaraknya melebihi indukannya.
  4. Ulangi begitu terus sampai mendapatkan Merpati Pos Juara, Lama? ya memang lama dan tidak pernah jadi pilihan BIMA Loft.
Itulah salah satu cara mendaur ulang trah mpos juara, butuh waktu dan kesabaran dalam melakukannya. Bisa cepat dapat atau bisa bertahun-tahun baru dapat Merpati Pos juara. Kalau tidak sabar, otomatis tidak akan dapat karena sudah terseleksi dari awal.

Menjawab pertanyaan diawal paragraf diatas yaitu, kenapa BSD pakai Line tertentu bisa bagus hasilnya, tapi saya pakai line yang sama tidak menghasilkan Merpati Pos yang bagus?
Jawabannya agak spekulatif dan belum tentu tepat, hanya saja BSD menganut system kombinasi darah-darah Ace Pigeon, mungkin saja karena sesama genetik baik, saling bertemu dan membentuk kumpulan pasangan-pasangan kromosom-kromosom baru yang sama kuat (40 pasang Kromoso) dan mengeluarkan piyikan yang baik. Tidak semua piyikan baik, tetap 80% pasti jelek, hanya BIMA Loft melombakan Merpati Pos cukup banyak, maka peluang keluar piyikan yang bisa menjadi juara seperti saat ini cukup besar. Jadi genetika yang mana yang paling banyak sumbangsihnya. Tidak perlu dipedulikan lagi, karena Kombinasi darah Ace Pigeon akan melahirkan Merpati Pos Ace Pigeon lagi, kombinasi darah Ace Pigeon itulah kunci BIMA Loft.

Itulah kenapa di BIMA Loft bisa keluar Mpos baik dari beberapa Line yang sulit muncul di tempat lain, karena darah-darah baik dirangkul dengan darah-darah baik yang lain. Memilih yang berprestasi untuk dijadikan indukan, karena BIMA LOFT sadar dan sepenuhnya mengetahui bahwa Gallant banyak sampahnya, TSH banyak sampahnya, dll.
Pilihan ditangan kita masing-masing, selalu menggunakan darah-darah juara (tanpa peduli asalnya, yang penting juara) seperti BIMA LOFT atau TETAP SABAR DAN MENUNGGU DENGAN PILIHAN SELALU MENGGUNAKAN MERPATI POS DARI PASAR.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI