Sejarah Merpati Pos Strain Jan Aarden

trah juara - Karena banyak dari para pemain mPos Indonesia yang memiliki Jan Aarden Strain, Termasuk keturunannya yang beum lama ini di Import, marilah kita pelajari sedikit sejarah terbentuknya Strain Jan Aarden sampai para tokoh terkenal yang memelihara dan membesarkan Nama Strain Jan Aarden. Mungkin kita bahas 2-3 Tokoh utama saja, sekedar mewakili cerita Sejarah cara pembentukan Strain Jan Aarden.

PEMBENTUKAN STRAIN JAN AARDEN

Master Piet de Weerd, sebagai konsultan Mpos Terhebat di Jamannya, memberikan saran Pada Jan Aarden cara-cara membentuk Strain-nya dengan Akuisisi (Membeli) dan Mengkombinasikan beberapa Mpos (Juara) yang dibawa ke Kandang Jan Aarden. Piet de Weerd mengamankan burung-burung yang sangat penting untuk Jan Aarden Loft. Burung-burung bawaan (lebih tepatnya rekomendasi) Piet de Weerd memberikan impact yang sangat besar bagi kesuksesan Jan Aarden dalam mengembangkan Keluarga Besar Mpos (Strain Jan Aarden-nya). Tidak ada yang lebih Hebat dan Luar Biasa dari Usaha Piet de Weerd Membawa BETINA SUPER ke Jan Aarden, yang pada akhirnya menjadi BETINA UTAMA BREEDER Jan Aarden Loft. BETINA SUPER ini adalah ASLI DELBAR/ DEGUFFROY. Ini adalah Fakta bahwa DARAH DELBAR memainkan Peran utama dan Pokok pada Strain Jan Aarden Original. Banyak dari BASIC DARAH STRAIN JAN AARDEN membawa DARAH STRAIN DELBAR.

Dari kutipan diatas sangat jelas, bahwa ARSITEK STRAIN JAN AARDEN adalah PIET DE WEERD. de Weerd merekomendasikan banyak sekali darah keturunan Merpati Pos Juara ke Jan Aarden, tapi yang sangat dianggap utama basic blood strain Jan Aarden adalah BETINA STRAIN DELBAR. Hal kedua yang perlu dilihat adalah STRAIN JAN AARDEN DIBENTUK DARI BERBAGAI MACAM DARAH JUARA yang didatangkan dari berbagai kandang juara saat itu.

Tentu setelah memiliki Strain sendiri yang sangat hebat di Beberapa Lomba Extreme Long Distance. Strain Jan Aarden menjadi buruan utama para pemain saat itu, salah satunya adalah Piet Lazeroms yang kebetulan menggunakan Jasa Piet de Weerd sebagai Konsultan pembentukan Koloni Kandangnya atau bisa dikatakan bahwa Piet Lazeroms adalah murid Piet de Weerd yang artinya adalah adik seperguruan Jan Aarden.

PIET LAZEROMS (Murid de Weerd Selanjutnya)

Piet Lazeroms mengikuti saran yang diberikan oleh Piet de Weerd untuk meningkatkan kemampuan mpos marathon yang di milikinya. Piet de Weerd menyarankan Lazeroms untuk membeli MPOS JUARA TERKINI DARI BEBERAPA KANDANG JUARA yang bisa Lazeroms beli, Jika tidak mampu membeli Merpati Juara. Disarankan untuk membeli Merpati Pos dari Breeder terbaik yang memiliki darah keturunan yang kental/dekat dengan beberapa Merpati Pos juara tersebut (maksudnya, keluarga besar sang Juara yang menghasilkan juara, bapak ibu kakak adik dst). SARAN PENTING YANG TIDAK BISA DILUPAKAN LAZEROMS yang diberikan Piet de Weerd ke Lazeroms (persis seperti yang disarankan de Weerd pada Jan Aarden) adalah agar Lazeroms selalu membawa GENETIK JUARA TERKINI YANG ADA untuk MENJAGA KUALITAS, BAHKAN MENINGKATKAN KUALITAS STRAIN JAN AARDEN.

Piet de Weerd sangar benar-benar konsisten dalam memberikan advice bagi para pemain hebat Mpos di Jaman-nya. Baik ke Jan Aarden ataupun ke Piet Lazeroms, de Weerd selalu menyarankan agar selalu memperkuat darah-darah Jan Aarden yang sudah dimiliki (KOLAM DARAH GENETIKA JAN AARDEN) dengan DARAH JUARA BARU TERKINI (SAAT ITU). Hal ini bertujuan agar darah Inbreed/ Line Breed kental di tubuh indukan Jan Aarden, bisa kembali menjadi VIGOR VITALITY tanpa menggurangi kemampuan OTAK HOMING-nya. Beginilah Pilihan Piet de Weerd, main Extreme Long Distance ya harus memiliki Vitalitas yang baik.

Pesan Piet Lazeroms pada penerusnya Dorel

Piet Lazeroms memberikan beberapa saran yang sama (apa yang Lazeroms terima dari de Weerd) kepada penerusnya Dorel. Lazeroms mengatakan pada Dorel untuk terus mendapatkan materi-materi Genetik dari JUARA TERKINI dengan membeli Beberapa Juara Langsung atau Membeli komplit beberapa Breeder terbaik dari keluarga Juara tersebut.

Sudah sangat jelas bahwa STRAIN JAN AARDEN awalnya dibentuk dari KOMBINASI DARAH JUARA SAAT ITU (TERKINI) yang dikumpulkan dan di Blended menjadi Merpati Pos Jan Aarden yang Legendaris hingga saat ini. Strain Jan Aarden yang ada saat ini terbentuk dari beberapa darah Juara, tentu akan terus bertahan lama karena yang diijinkan beranak melanjutkan generasi mendatang adalah hanya burung-burung yang Juara atau inbreed/ Line breed Juara.

Marijn van Geel & Machiel Buijk

Semua pemain Long Distance memiliki beberapa Merpati Pos Super di kandangnya, tapi yang perlu kita beri catatan, bahwa tidak seorang pun yang memiliki Jan Aarden Murni. Tentu saja bisa dimengerti bahwa tidak mudah untuk melombakan mpos inbreed dengan hasil yang baik. Disisi lain, Mpos INBREED SANGAT PENTING untuk membanggun Koloni Mpos yang baik. SEMUA JUARA SHORT DAN MIDDLE DISTANCE membangun Strain mereka dengan SATU STRAIN TERKUAT yang MASIH MURNI. Jadi yang dapat kita lihat saat ini adalah semua Kandang Terkenal memiliki Merpati Pos yang bagus-bagus kualitasnya, tapi semua itu hasil crossing: Mpos Jan Aarden di Crossing dengan Mpos kualitas juara dari Strain Long Distance yang lain.

Satu Kandang memperlihatkan hal yang berbeda. Itu adalah Kandang dari Machiel Buijk di Belanda. Di kandang Breedingnya yang hebat hanya ada Merpati Pos Jan Aarden Murni, dengan Kualitas yang kita tidak pernah lihat sebelumnya. Memang beberapa Merpati pos dari Machiel Buijk masih Murni Mpos Strain Jan Aarden dan Memang mereka semua di lahirkan dari Line terbaik yang terkenal di dunia, yaitu Strain Long Distance Jan Aarden.

Machiel Buijk adalah generasi ke-3 yang menggunakan strain Jan Aarden, Yang dimaksud Strain Jan Aarden Murni disini adalah Machiel memperoleh Merpati Pos Strain Jan Aarden dari Marijn van Geel saja dan TIDAK MEMASUKKAN Strain-strain juara baru untuk mempekuat strain Jan Aarden seperti yang dilakukan Piet Lazeroms. Jika Lazeroms memperkuat dengan beberapa darah baru, maka Machiel hanya menggunakan Merpati Pos van Geel yang ada saja. SEKALI LAGI PERLU DIINGAT bahwa Merpati Pos JAN AARDEN ASLI GENERASI PERTAMA adalah Merpati Pos hasil Kombinasi Mpos Jan Aarden (warna ZetKa) yang di Inbreed, lalu di crossing dengan BEBERAPA JUARA ACE PIGEON SAAT ITU (TERKINI) sehingga Mpos Jan Aarden tetap memiliki VITALITAS yang SANGAT BAIK. Nah Mpos Jan Aarden Hasil Kombinasi inilah yang dibeli oleh MARIJN van GEEL untuk dikembangkan.

Machiel Buijk, 59 tahun saat ini (tepatnya 65 tahun), memulai main Mpos tahun 1970, 46 tahun yang lalu. Machiel mempelajari tentang Merpati Pos Jan Aarden, dan menemukan bahwa Marijn van Geel lah yang memiliki mpos Jan Aarden murni dan terbaik. Sedihnya, di tahun 1983, Marijn meninggal, dan seluruh dunia menginginkan untuk membeli semua koloni Mpos Marijn. Tapi bagaimanapun, istrinya van Geel, Martha memutuskan untuk Lomba mpos dan menernak sendiri. Selama beberapa tahun, Machiel Buijk menjadi tangan kanan Martha. Martha tahu bahwa suaminya mempercayai Machiel dan Martha tetap memerlukan advice dari Machiel. Machiel menjadi Manager Loft dari Martha dengan TUGAS-nya sebagai advisor, tukang kopel, dan penseleksi mpos Lomba ataupun Breeding, ya kira-kira melanjutkan pekerjaan Marijn di kandang Martha van Geel. Machiel tidak dibayar dengan uang, tapi dengan anakan terbaik dari hasil breeder dan best racer dari van Geel Loft. Bulan Februari 1989, Martha van Geel memutuskan untuk menjual semua mpos miliknya. Machiel sebagai juru lelangnya dan 168 ekor Mpos terjual dengan rekor dunia saat itu. Pada saat itu, sudah ada 140 ekor mpos asli van Geel di kandang Machiel Buijk, yang mana semuanya berasal dari darah Best Racer and Best Breeder van Geel. Jadi Strain Jan Aarden versi van Geel sudah aman untuk masa depan.Setahun kemudian, Machiel Buijk berhasil meningkatkan jumlahnya menjadi 300 ekor di kandangnya.

MILIK SIAPA DOLLE (NL67-2052951)

Beberapa Merpati Pos van Geel memenangkan 2 Mobil pada Lomba Nasional. “VLEKJE” memenangkan sebuah mobil di Lomba Dax dan “DOLLE” memenangkan sebuah mobil pada Lomba St. Vincent.
Si HEBAT “DOLLE” mati di tahun 1985 pada usia 18 tahun. Jumlah Juara Ace Pigeon dari darah “DOLLE” sangatlah BANYAK. Machiel Buijk memiliki 13 anak langsung DOLLE dikandangnya sendiri, lebih banyak dari siapapun juga yang pernah kita tahu.
Jadi dari sini kita bisa ketahui bahwa DOLLE sebenarnya adalah Merpati Pos MARIJN van GEEL yang di kembangkan dan di ANGKAT NAMANYA OLEH MACHIEL BUIJK
Dari dua kisah Strain Jan Aarden (sebenarnya masih banyak Pengembang Strain Jan Aarden)... dapat kita ketahui bahwa SESUNGGUHNYA TIDAK PERNAH ADA STRAIN JAN AARDEN ORIGINAL.
Sekalipun Marijn van Geel dan Machiel Buijk dianggap yang memiliki Strain Jan Aarden Original, itu lebih kepada Mereka membeli beberapa Merpati Pos hanya dari Jan Aarden saja dan tidak mencampur adukkan dengan mpos yang lain. dan kenapa van Geel dan Machiel bisa berprestasi dengan burung-burung Jan Aarden? itu karena Merpati Pos Jan Aarden adalah Mpos hasil Kombinasi para merpati juara saat Jan Aarden masih hidup. Mpos yang memiliki Vitalitas dan Mentalitas Juara yang sangat Luar Biasa, darah Strain Jan Aarden adalah Kumpulan Para Juara.

Apakah Pemakai Jan Aarden bisa sukses di Indonesia?

Jawabnya: SANGAT BISA, tapi tidak semudah membalik telapak tangan.
Ingat Pesan Master Piet de Weerd.
KAWINKAN STRAIN JAN AARDEN ANDA DENGAN MERPATI POS JUARA TERKINI, bisa berarti MERPATI POS JUARA LOKAL MASING-MASING.

by Kunto Wibisono

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI