Meningkatkan Nilai Nutrisi Pakan Tunggal Dengan Belatung


Ternak ayam dapat menjadikan seseorang sukses. Anda pasti mau mendapat keuntungan dari bisnis ayam. Namun, hasil yang diperoleh pasti berbanding lurus dengan usaha yang dilakukan. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam ternak ayam adalah pemberian pakan. Pakan ayam sangat berpengaruh terhadap perkembangan ayam. Apabila anda juga tertarik pada bisnis telur ayam coba untuk menghitung biaya produksinya.

cara membuat pakan ayam dari belatung
Belatung untuk pakan.

Ayam kampung yang diberi pakan dengan ransum yang terdiri 10-20% dari bahan hewani akan memberikan hasil pertumbuhan yang berbeda jika dibandingkan dengan pakan yang bahannya 100% dari nabati. Namun tidak sedikit bagi para peternak kecil atau peternak sampingan terasa memberatkan jika harus membeli bahan baku protein hewani karena harganya yang tinggi, atau tidak ada cukup waktu mengumpulkan limbah-limbah sekitar untuk memenuhi bahan baku tersebut.

Pakan hewani seperti belatung / maggot sebenarnya sangat baik digunakan dalam pemberian pakan. Karena harganya yang cukup mahal, maka harus bisa disiasati. Kita bisa memberi pakan belatung sebagai alternatif pakan. Atau sebenarnya kita bisa membuat pakan belatung itu untuk ternak ayam kita.

Cara membuat pakan ayam
  1. Siapkan nasi sisa yang sudah tidak kita makan.
  2. Masukkan nasi kedalam ember.
  3. masukkan air yang telah dicampur bakteri serta enzim untuk fermentasi dan memecah protein.
  4. Setelah tercampur rata tutup ember, namun tetap berikan sedikit lubang agar lalat bisa masuk.
  5. Tunggu kurang lebih 5 hari.
Setelah langkah di atas dilakukan maka belatung sudah siap panen. Nasinya bagaimana? tekstur nasi tidak terlalu berubah, tapi akan tercium bau fermentasi. Nasi itu bisa dicampur dengan dedak agar pero dan bisa dicampur tepung ikan.


Setelah nutrisi untuk ayam yang optimal maka kita harus tetap waspada terhadap serangan penyakit pada ayam. Apabila ayam mati segeralah melakukan bedah ayam untuk mengetahui penyakitnya. Kita harus langsung mencari cara agar penyakit tersebut tidak menyerang ayam lain.

Sekian penjelasan cara meningkatkan nilai nutrisi pakan tunggal dengan belatung semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI