Menciptakan Strain Baru Merpati Pos ala Steven van Breemen

tips breeding - Van Breemen menyebutkan bahwa sebagian besar dari kita adalah tipe peternak Jangka pendek alias pemain yang lebih mengutamakan lomba tanpa memikirkan cara atau strategi jangka panjang dalam Breeding. Padahal kunci utama untuk bertahan lama dan tetap mampu bersaing dalam dunia merpati pos adalah Strategi breeding.

Tidak peduli strain apa yang kita miliki, selama berasal dari darah Juara atau pun Merpari Pos juara itu sendiri, apakah kita mau berpikir dan melihat jauh diatas Cakrawala dalam hal breeding? Karena menurut van Breemen, breeder Merpati Pos jauh lebih berharga daripada mpos racer. mpos racer belum tentu bisa menjadi breeder yang baik, tapi mpos breeder akan menghasilkan racer yang baik untuk kesuksesan kandang kita dalam waktu yang lama.

Masih ingat cerita Van Breemen tentang mpos-nya si 312 ? seekor mpos juara berkali-kali dengan vitalitas luar biasa yang hanya mampu melahirkan seekor juara Nasional Jepang. 312 dibeli oleh pemain Jepang dan oleh van Breemen diberikan betina gratis sebagai pasangannya, dengan pesan agar jangan pernah memisahkan keduanya, ternyata setelah menetaskan sepasang anak, betina Gratis van Breemen disingkirkan oleh sang Juragan Jepang, dengan alasan betina gratis ini bukan mpos Juara. Akhirnya anak 312 X betina gratis bisa memenangkan Kejuaraan Nasional Jepang, dan itulah satu-satunya anak 312 yang mampu juara karena setelah itu 312 tidak pernah menetaskan Juara lagi sepanjang hidupnya akibat dikawinkan dengan betina-betina juara lain.

Memang jika kita hanya membaca artikel/tulisan van Breemen satu atau dua artikel saja, kita akan mengira bahwa van Breemen tidak suka burung juara sebagai Breeder, INI SALAH BESAR karena van Breemen justru meminta kita membeli burung Juara untuk dijadikan "SUMBER UTAMA" breeding kita. van Breemen akan memilih burung juara jika harus menambah kekuatan kandangnya. Tapi yang perlu diingat adalah mpos juara tersebut jangan pernah diharapkan langsung melahirkan keturunan yang langsung juara, karena jika sedemikian mudahnya, maka para pemain juara hanyalah orang yang mampu membeli Merpati Pos Juara dan hilanglah ART of BREEDING.

Bersyukurlah kita sebagai pemain Merpati Pos, karena butuh pengetahuan luas agar mpos kita bisa menjadi juara selama bertahun-tahun. Seekor dua ekor Juara yang kita beli, bisa membuat kita menjadi pemain biasa-biasa saja atau membuat kita menjadi seorang NEW STRAIN MAKER yang mampu menjadi juara selama bertahun-tahun. Jika kita mampu membuat strategi Breeding yang tepat, maka anak cucu dari burung juara kita bisa bersaing dalam perburuan juara selama bertahun-tahun, maka kita bisa dikategorikan sebagai NEW STRAIN MAKER.

Jika kita mampu membuat cucu burung pertama kita menjadi JUARA, dan burung itu hasil perkawinan dari dua kandang yang berbeda, maka bisa dikatakan itu sudah strain kita sendiri, karena sudah terjadi percampuran darah/ Strain yang berbeda.

Sanggupkah kita menerima tantangan van Breemen untuk menjadi NEW STRAIN MAKER? hanya waktulah yang mampu
membuktikan keseriusan kita.

(adopsi dari The Last of The Strainmakers by Steven van Breemen)
ditulis ulang oleh Hadi Suyitno

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI