Sekilas Tentang Merpati Pos Lokal dan Import

bima loft - Fenomena yang sangat bagus sedang terjadi di ranah Hobby Merpati Pos Indonesia yaitu masuknya berbagai Merpati Pos dengan darah juara dari Eropa, khususnya dari Belanda dan Belgia.

Merpati Pos Lokal

Sebelum lanjut, perlu kita definisikan secara sederhana Merpati Pos Lokal yaitu Mpos yang sudah puluhan tahun berada dan berlomba di Indonesia. Dari garis keturunan/silsilah (pedigree) Merpati Pos yang saya pelajari (khususnya Merpati Pos Juara yang dipakai senior) tidak ada campuran Merpati Pos asli Indonesia dalam darahnya. Misalnya saja P06-9000 BB/Cock, L65-1230 BB/Hen (Line Tju Hon Hin, Bartally, Desmet Matthys) kawin dengan Delbar Aida Jantan --> keluar TSH 8012 BB/Hen, lalu kawin dengan TSH 1130 (Line Tju Hon Hin) --> keluar TSH 20894 BB/Hen, yang lalu kawin dengan Line inbreed 1130 --> keluar P97-1625 Slate/Hen (BULE). Nah BULE 1625 kawin dengan Mpos Pak Indra, anak dari (Inbreed 4526 jantan X P03-0203 BB/H Juara 1 Prescup'04). P06-9000 BB/C = P04-2466 X BULE 1625. Artinya P06-9000 BB/C adalah Merpati Pos asli keturunan dari mpos Import Belanda/Eropa, yang didatangkan pemain Merpati Pos LLB/ ALBD tahun 1950 s/d 1980an.

Jadi Merpati Pos Lokal yang telah juara sekarang "KEMUNGKINAN BESAR" adalah Merpati Pos import jadul yang diolah oleh para penghobi Jawara Merpati Pos Indonesia, dari yang kecepatan pulang Lombok seminggu menjadi Merpati Pos Lokal yang sanggup pulang hanya 2-3 hari saja.

Merpati Pos Import

Merpati Pos Import adalah Mpos yang didatangkan dari Luar dan belum terlalu diolah menjadi juara di Indonesia dalam waktu kurang dari 10 tahun, itupun belum disilang dengan Merpati Pos Lokal Indonesia.
Kita anggap saja yang Merpati Pos Import kurang dari 10 tahun diatas 2005 diantaranya ML, Pak FNG, Pak Johny LLB, dan sedikit dari yang lain, termasuk dua tahun lalu yang masuk import dari Pak SUTAN Jakarta dan Bandung dengan Bantuan Pak Thomas dan baru-baru ini muncul lagi import yang lebih intensif.
Merpati Pos Import selalu membawa Pro dan Kontra, banyak yang menganggap mpos import hanya buang-buang uang, karena terbukti tidak bisa langsung menjadi juara Ace Pigeon anak-anaknya, cuma bisa juara kota katanya. dilain sisi, banyak pemain yang ingin meningkatkan kualitas MerpatiPos nya dengan kombinasi Import X Lokal, yang mana biasanya adalah pemain yang mengikuti perkembangan dunia MerpatiPos di Taiwan, China, and Jepang bahkan Thailand dan Philipina.

Menurut pengamatan pribadi termasuk sejarah pedigree beberapa MerpatiPos juara yang ada saat ini, Merpati Pos Import ternyata memang bisa membawa peningkatan kualitas bagi Merpati Pos Lokal lama yang ada, khususnya menambah kecepatan terbang. Berikut sepintas sejarah import per- dasawarsa yang membawa Mpos Indonesia pada kemajuan yang Positif:

  1. Sebelum 1970 = Bartally dan Delbar
  2. Tahun 1970 = Delbar, SatruPot, van Hee, Janssen, Morris Gordon
  3. Tahun 1980 = Janssen, Super Crack Crusson, Hofken Keizer
  4. Tahun 1990 = Kurang terdeteksi
  5. Tahun 2000 = Hofken ML, Aarden ML, Tournier ML, Black Giant Eijerkamp, dan Janssen
  6. Setelah 2010 = Macam2 Jenis Strain Mpos

Memang ada selentingan masuk line Trenton dsb, tapi tidak muncul dalam pedigree Juara, setidaknya tidak muncul di pedigree-pedigree yang saya tahu. Tapi intinya adalah Merpati Pos Import yang masuk, terbukti mampu meningkatkan kualitas Merpati Pos Indonesia hingga saat ini.

Peluang Merpati Pos Import

Dari catatan statistik, tanpa mengecilkan arti, Mpos Import X Mpos Import hanya mampu menjadi juara kota saja, tidak pernah ada yang menjadi Merpati Pos Ace Pigeon, ini Normal-normal saja, mengingat Cuaca Eropa yang 4 Musim (ada Salju), sementara di Indonesia hanya ada 2 Musim saja, Panas dan Hujan. Merpati Pos Import hanya perlu penyesuaian saja. Juga beberapa tercatat IMPORT X LOKAL anak-ananknya masih bisa stabil di jarak kurang dari 600 km dan banyak yang cucu-nya sudah bisa juara Ace Pigeon. Jadi menurut saya, Merpati Pos yang saat ini di import, sudah bisa prestasi tahun 2017 (F1) dan “BISA” Maksimal di 2018 (F2-Cucu), jika yang diimport adalah Merpati Pos Middle dan Juara, maka sudah bisa berprestasi di 2017. Juara-juara AFRIKA SELATAN SEJUTA DOLLAR, adalah Merpati Pos Amerika dan Eropa yang induk nya sudah berada disana selama setahun (tanpa crossing) padahal Afrika Selatan sepanas atau bahkan lebih panas dari Indonesia, tetap BISA JUARA memang adaptasi terhadap cuaca lokal masih diperlukan.

Sedikit info, hasil penelitian tentang Merpati Pos oleh Pemain dan Ahli di Luar Negeri, Mpos adalah satu dari sedikit Aves yang mampu menggunakan otot-nya sebagai bahan bakar selama terbang, ini ternyata sangat berkolerasi dengan daya adaptasi di tempat baru. Anak-anak Merpati Pos Import dengan sendirinya akan beradaptasi saat ngawang, otot-otot akan terbentuk dari piyikan sampai dewasa yang ngawang di hawa panas/ dingin, anak-anak dari Merpati Pos yang sudah ngawang di suatu tempat sudah berubah dari asli induknya kecuali Merpati Pos diternak tanpa ngawang, karena Posturnya akan sama persis dengan induk aslinya.

Jadi untuk teman-teman yang sudah dan akan import Merpati Pos dari Luar, jangan kuatir akan sia-sia hanya perlu belajar dan sabar kalau ada suara-suara miring anggap saja Penyemangat jangan lupa metode IMPORT X LOKAL adalah cara yang paling umum dan PELUANG MPOS IMPORT JUARA BESAR.

By Kunto Wibisono

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI