Merpati Balap Tinggian Kolong

jawara nasional - Merpati kolong merupakan salah satu dari sekian banyak permainan burung merpati yang ada di Indonesia, keunikan dari permainan merpati kolong dibandingkan dengan jenis permainan adu kecepatan terbang merpati lainnya dengan adanya 4 tiang berdiri membentuk kubus yang diatasnya dihubungkan dengan sebuat tali sebagai syarat sah nya merpati balap memasuki finish harus melewati area kolong tersebut.
Seperti hal nya dengan jenis permainan merpati balap sprint, permainan merpati kolong memanfaatkan keket nya merpati jantan pada merpati betina pasangannya, sehingga jika merpati jantan dilepas akan segera terbang secepat kemampuannya untuk mendekati pasangannya yang berada di area finish.
Jika dibandingkan dengan permainan burung merpati balap sprint yang mengutamakan kemampuan adu kecepatan terbang merpati jantan, beda halnya dalam permainan merpati kolong lebih mengutamakan kemampuan merpati untuk adu turun (dive).

Macam Jenis Merpati Tinggi Kolong

Pada permainan merpati kolong terdapat 2 jenis permainan yaitu merpati kolong meja dan merpati kolong (bebas). Perbedaan dari jenis keduanya hanya pada tempat hinggapnya sebagai garis finis, merpati kolong meja tempat hinggap merpati berupa meja sedangkan merpati kolong bebas tempat hingga ditanah bebas selama masih beada area yang ditentukan.

Karakteristik Merpati Tinggian Kolong

Merpati balap tinggi kolongan akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi/mahal ketika merpati balap memiliki kecepatan terbang yang cepat dan telah menjuarai beberapa kejuaraan yang diikutinya. Hingga saat ini dikalangan para penghobi merpati tinggi kolong belum memiliki data lengkap tentang karakteristik merpati balap tinggi kolong yang menjelaskan tentang kecepatan terbang dan pola terbang burung merpati balap tinggi. Kecepatan terbang burung merpati balap tinggian kolong salah satunya ditentukan oleh karakteristik yang dimiliki oleh burung merpati balap, diantaranya:
  • Bentuk badan, akan berpengaruh pada hambatan angin saat merpati balap terbang melaju dengan cepat baik saat terbang datar maupun turun (dive).
  • Warna iris mata pada burung merpati memiliki pengaruh pada penglihatan merpati balap saat adu terbang dengan kecepatan tinggi.
  • Tipe bulu sayap berpengaruh terhadap kecepatan terbang.
  • Tipe bulu ekor berpengaruh terhadap kelincahan ketika terbang.
  • Bentuk kepala berpengaruh terhadap kecerdasan.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Merpati Kolong dari Peternak Dan Pasar

Kita bisa mendapatkan merpati balap kolong dengan harga murah ataupun mahal tergantung dengan kualitas merpati balap tersebut dalam adu kecepatan terbang. Dilihat dari tempat membelinya kita bisa kelompokan menjadi tiga yaitu:
  1. Pasar burung, merpati balap yang dibeli dari tempat ini asal usulnya 90% tidak jelas (kecuali jika terdapat ring dikakinya yang tertulis identitas merpati balap tersebut).
  2. Merpati balap yang berasal dari pasar namun telah dilatih dilapang sehingga dapat dilihat secara langsung kinerjanya.
  3. Merpati balap yang beli hasil dari ternak dari breeder yang telah memiliki nama.
Dari ketiga poin diatas jika kita bandingkan keunggulannya bisa kita jabarkan seperti berikut,
Kita mulai dengan membandingkan poin 1 dan 2, Merpati kolong pada poin 1 harga lebih murah jika dibandingkan dengan merpati balap poin 2, hal ini dikarenakan merpati balap poin 2 telah terlatih, dengan demikian kita tidak memerlukan lagi biaya, tenaga serta waktu untuk melatih merpati balap yang kita beli.

Perbandingan merpati kolong poin 1 dengan poin 3,Sekali lagi merpati kolong poin 1 lebih murah harganya dibandingkan dengan harga merpati kolong poin 3 yang tentu lebih mahal. Breeder/peternak dalam poin 3 diatas yang dimaksud adalah peternak yang telah berhasil membuktikan merpati kolong dari kandangnya beberapa kali menjuarai kejuaraan atau setidaknya merpati balapnya mudah untuk dilatih dilapangan. Jika kita bandingkan perhitungan biaya yang harus kita keluarkan untuk biaya latihan, tenaga dan waktu untuk melatih merpati kolong poin 1 dan 3 akan sama, namun merpati kolong poin 3 memiliki keunggulan memiliki darah sebagai merpati tinggi kolong sehingga memudahkan dalam melatihnya.

Gaya Turun Merpati Tinggian Kolong

Gaya Turun Ngondol-ngondol, dimana Merpati Tinggian yang saat turun dengan cara mendorong tubuhnya yang tidak hanya mengandalkan gaya gravitasi bumi saja. Gaya turun seperti ini bisa dilakukan oleh Merpati Tinggian dengan gaya spin, goyang-goyang (shoot pendek) maupun diam (shoot panjang). Istilah “Ngondol-ngondol” mengacu pada perilaku anjing yang memperoleh makanan dalam perebutan dengan kelompoknya kemudian dibawa lari melesat meninggalkan kelompoknya. Merpati Tinggian akan terlihat saling bergantian memimpin dan ingin selalu mendahului jika Merpati Tinggian yang diadu memiliki kemampuan turun ngondol-ngondol.
Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita lihat pada Merpati Tinggian yang memiliki kemampuan turun “ngondol-ngondol” antara lain yaitu leher, letak tulang dada, bahu, pegangan, bulu, sapit urang, pinggang dan sifat bawaan.
bengkukngaluk.wordpress.com
A : Merpati Tinggian dengan kemampuan turun “ ngondol-ngondol” bila diberi lawan dengan   kemampuan turun diam akan terlihat jauh meninggalkan lawan terbangnya.
B : Merpati Tinggian dengan kemampuan turun “ ngondol-ngondol” bila diberi lawan dengan kemampuan turun yang sama, akan terlihat memimpin secara bergantian (terlihat kejar-kejaran).

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI