Tutorial Pembuatan Pelet Oplosan Carophill Red Untuk Cichlids

jakarta - Mungkin Anda adalah salah satu orang yang memiliki pedoman “dalam menjalani suatu hobi tidak boleh dipaksakan”. Semua dilakukan harus sesuai dengan kemampuan khususnya faktor kemampuan isi kantong kita. Bulan ini pengeluaran pelet TB mesti ditiadakan dengan alasan harga yang tinggi tapi hasil biasa-biasa saja, putar otak gimana caranya biar ikan kesayangan tetap ngemil pelet tapi mutu sama/syukur-syukur lebih bagus dari merk mahal tersebut. Berbekal dari tanya kanan kiri akhirnya nemu solusi terbaik.

Dengan membeli pelet koi size 1kg dengan mutu baik (bukan istimewa) kisaran harga cuma 50rb-an. Dipadu carophill red berat 5 gr (40-65rb). Pengeluaran total tidak lebih dari 120rb kita bisa mendapatkan 1kg pelet berkualitas dengan khasiat yang tidak kalah dengan pelet branded import yang mahal.
Tutorial Pembuatan pelet oplosan carophill red:
gambar oleh Agie Prasetia Helmi
  1. Siapkan bahan pelet yang disukai beserta berapa size yang dibutuhkan agar ukuran pelet sesuai dengan besar mulut ikan dirumah.
  2. Siapkan carophill red/pink, biasanya dijual per 5 gr.larutkan dengan air kalau saya 2,5 gram/200 ml air hangat.
  3. Tuang ke botol semprot kurang lebih modelnya seperti di gambar no.3 semprot sampai rata ke setiap bagian pelet bahan sampai dirasa warnanya cukup pekat nyaris ke hitaman.
  4. Jemur/angin-anginkan dengan menggunakan kipas angin atau hairdryer bisa juga oven. Jika menggunakan kipas angin, lakukan selama 24 jam dan paginya dijemur dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore dibawah panas matahari langsung.sampai kering (biasanya kondisi pelet akan menyatu seperti rengginan), nah tinggal kita hancurkan/pisah-pisahkan dengan tangan biar kembali seperti awal per butiran.Pelet oplosan anda siap di hidangkan.
Sekian semoga bermanfaat.
by : Agie Prasetia Helmi


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI