Common Snapping Turtles Si Kura Pengendus Bangkai

breeder jakarta - Common Snapping Turtles bernama latin Chelydra Serpentina merupakan salah satu jenis kura-kura air tawar yang mampu tumbuh besar dengan ukuran sekitar 20-40 cm dengan tempurung berwarna coklat, kasar dan ditumbuhi alga. Kura Common Snapping lebih menyukai habitat hidup di perairan sungai dengan arus yang lambat/tenang. Kura-kura ini merupakan sepupu dekat dengan Florida Snapping Turtles, dan Alligator Snapping Turtles. Kura Common Snapping dihabitat asalnya terancam punah lantaran banyak diburu untuk dikonsumsi dagingnya.

Didaerah habitatnya yang asli (Amerika) Kura Common Snapping memiliki reputasi yang buruk, dikabarkan bahwa kura Common Snapping Turtles (CST) pernah menyerang/megigit seorang perenang selain itu juga sering diberitakan kura CST menyerang anak bebek yang berada disekitarnya. Namun besar kemungkinan anak bebek yang diserang/dimangsa merupakan anak bebek yang sakit karena pada dasarnya CST makan bangkai dan bisa juga karena pakan utamanya menipis.

Meskipun begitu terlihat agresif Kura CST sering kali lebih memilih menjauh jika berhadapan dengan makluk selain mangsanya. Ketika Kura kura Common Snapping didarat merasa terancam/terganggu oleh makluk lain dia akan berdiri dengan empat kakinya (seakan siap menyerang) dan mengeluarkan suara desisan dan megoyangkan tubuhnya.

Sebagai kura air tawar yang memiliki daya tarik yang eksotis, oleh para pecinta kura-kura menjadikan  Common Snapping Turtles sebagai hewan peliharaan yang ditempatkan di akuarium, keagresifan kura CST akan begitu nampak, hal ini terlihat ketika kita mencoba mendekatkan jari ke kaca akuarium, Kura CST akan menyerang jari kita. Begitu pula ketika kita memberi makan berupa ikan kecil, kura Common Snapping dengan agresif akan mengejar dengan serangan yang cepat.

Common Snapping Turtles memiliki tempurung yang kecil sedangkan kepalanya berukuran besar sehingga menyebabkan kura-kura ini tidak bisa menyembunyikan kepalanya kedalam tempurung, sebagaimana layaknya kura-kura air tawar mempertahankan diri dari ancaman. Namun sebagai gantinya dalam pertahanan diri, kepala CST dapat dengan leluasa bergerak bebas seperti ular dengan kekuatan rahangnya yang kuat serta tajam merupakan senjata bagi kura Common Snapping. Kura kura CST juga mempunyai kuku yang mampu merobek daging ikan seketika.

Kemampuan unik yang dimiliki Common Snapping Turtles adalah mengendus hewan mati (bangkai), Oleh polisi kemampuan unik yang dimiliki CST dimanfaatkan untuk mendeteksi (mencari) mayat manusia.

Karapas kura CST akan mengalami perubahan yang awalnya karapas dari anakan (bayi) kura CST sangat kasar dan bergerigi tajam seperti karapas dari kura AST, namun sejalan dengan bertambah usia karapas akan berubah seperti pada kura-kura pada umumnya.

Karakteristik Fisik Common Snapping Turtles
  • Ukuran kepala besar
  • Matanya berwarna kuning agak kecoklatan
  • Panjang cangkang yang berkisar antara 8 -18,5".
  • Karapasnya berwarna coklat gelap atau hitam dan ada udak-undaknya
  • Plastrons berukuran sangat kecil dengan warna hitam ada bercak putih.
  • Kaki hampir mendekati lehernya.
  • Ekor berwarna kekuningan, bergerigi, memiliki panjang hampir sepanjang tempurungnya. 
  • Mampu mencapai berat sekitar 4,5-16 kg
sebagai gambaran bisa Anda lihat seperti gambar kura-kura CST dibawah
sumber gambar : FB jual land
Daerah penyebaran Common Snapping Turtles
Jenis kura air tawar yang mampu mencapai umur 100 tahun ini penyebarannya membentang dari S. Alberta dan timur ke Nova Scotia di sebelah utara, dan ke selatan sampai ke Teluk Meksiko dan ke Texas pusat.

Makanan Common Snapping Turtles Di Alam Liar
CST termasuk kura-kura yang rakus hampir semua jenis makanan disantap, dari memakan bangkai, ikan, burung, invertebrata, amfibi, mamalia kecil, dan bahkan sebagian vegetasi air. Pernah terlihat Common Snapping Turtles ini membunuh kura-kura lainnya, menurut ahli perilaku tersebut mungkin karena CST mempertahankan daerah kekuasaannya (teritorial) atau bisa juga disebabkan karena langkanya makanan yang ada dialam. Di beberapa tempat di habitat asalnya Common Snapping Turtles dianggap sebagai hama karena rakus memakan ikan kecil yang dipelihara oleh masyarakat setempat.

Reproduksi Common Snapping Turtles
Seperti halnya dengan jenis kura kura yang lainnya, proses berlangsung proses perkawinan kura Common Snapping betina berada pada posisi bawah sedangkan untuk kura jantan berada diatas, cakarnya berpegangan pada tempurung kura betina kemudian kelamin jantan yang ada pada pangkal ekornya akan kontak dengan kelamin kura betian sehingga terjadilah pembuahan. Dialam liar habitat aslinya bulan April hingga November merupakan musim kawin bagi kura-kura CST.

Ketika kura Common Snapping betina akan bertelur ia akan menggali lubang ditanah berpasir sebagai tempat/sarang meletakan telur-telurnya, setiap kali bertelur betina akan mengeluarkan telur sekitar 83 butir telur. Untuk bisa menetas telur kura kura Common Snapping membutuhkan waktu 9-18.
Dalam pembuahan, ada yang menarik dari kura Snapping, kura betina terkadang dalam beberapa tahun menyimpan sperma yang memungkinkan individu (kura betina) untuk melakukan ovulasi sendiri, dengan begitu kura betina Common Snapping memungkinkan bisa bertelur setiap musim tanpa perlu kawin dengan kura Common Snapping jantan.

Perilaku Common Snapping Turtles
Common Snapping Turtles sangat agresif perilakunya terhadap sesama kura yang lainnya terutama kura jantan, di alam liar CST lebih senang hidup menyendiri. Ketika berada di daratan kura CST sangat agresif  dan lebih terlihat tenang berada dalam perairan meskipun begitu kura Common Snapping tetaplah agesif. Keagresifan kura Common Snapping lebih dipengaruhi pada jumlah ketersedian pakan dialam sekitarnya.
Ketika Common Snapping Turtles berada dalam perairan, lebih menyukai habitat yang berlumpur yang biasanya sebagai tempat menunggu (alat ambushing) mangsanya dengan membenamkan tubuhnya kecuali mata dan lubang hidung yang terbuka kedalam lumpur.

Sepertihalnya sepupu dekatnya Alligator Snapping Turtles, Common Snapping Turtles pada ujung lidah mengeliat menyerupai cacing yang berwarna merah. Bagian ujung lidah itulah yang di gunakan oleh kura Common Snapping untuk memancing/menangkap ikan.

Habitat Common Snapping Turtles
Hidup di perairan air tawar atau payau merupakan habitat dari kura Common Snapping, dengan vegetasi yang luas dan dasar yang berlumpur sehingga memudahkan kura CST dalam berburu mangsa berupa ikan kecil.

Common Snapping Turtles Sebagai Peliharaan
Sebagai kura-kura air tawar yang memiliki keunikan, kura dari Snapping banyak mimikat pecinta kura-kura air tawar untuk memeiharanya, meskipun jenis kura ini tergolong sangat agesif dan memiliki gigitan dengan rahangnya yang kuat tak membuat para turtle lover mengurungkan niatnya memelihara di rumahnya.

Harga Common Snapping Turtles
Kura CST tergolong mahal (namun masih dibawah harga Alligator Snapping), yang masih anakan biasanya dijual dengan harga kisaran 600 ribu. bisa dibeli di pasar hewan peliharaan yang biasanya dipajang toko-toko ikan hias, selain itu juga bisa kita dapatkan/membeli secara online bisa melalui forum pecinta kura-kura, maupun forum jual beli yang ada di kaskus, olx dan forum online lainnya yang menyediakan fitur jual beli hewan peliharaan. Membeli melalui media online, jika anda jeli dan bersabar bisa memperoleh kura Common Snapping dengan harga yang lebih murah.

Pakan Common Snapping Turtles Sebagai Peliharaan
Dalam memelihara Common Snapping termasuk mudah dalam pemberian pakan karena kura CST merupakan hewan omnivora yang doyan memakan segala jenis pakan yang kita berikan. Kura-kura Common Snapping sangat gemar memakan segala jenis ikan, selain itu juga bisa kita berikan pakan berupa ulet hongkong, cacing, hati sapi, daging ayam bahkan kita juga perlu memberinya pakan berupa sayur-sayuran. Dalam memelihara kura-kura jenis apapun maupun ikan hias lebih terasa ringan jika peliharaan kita doyan makan pelet, karena dengan pellet pemberian pakan lebih prektis. Untuk Kura Common Snapping Turtles bisa kita berikan pellet namun perlu kita latih/biasakan untuk mau memakan pellet yang kita berikan, hal itu tidaklah sulit karena kura CST tergolong rakus apa yang kita berikan dilahap olehnya bahkan roti sekali pun. Namun jika kura tak nafsu memakan pelllet bisa kita puasakan terlebih dahulu. Meskipun begitu kita harus memperhatikan kandungan gizi yang terkandung dalam makanan yang kita berikan.

Cara Merawat Common Snapping Turtles
Kura Common Snapping dalam perawatan sebagai hewan peliharaan tidak lah sulit bagi seorang pemula sekali pun, karena memang jenis kura-kura air tawar ini bisa minim perawatan atau tidak memerlukan perawatan yang khusus agar bisa bertahan hidup di akuarium maupun kolam. Namun meskipun begitu perawatan haruslah tetap kita berikan agar kura CST yang kita pelihara tetap sehat dan berumur panjang. Adapun cara merawat kura Common Snapping bisa Anda lakukan diantaranya dengan menseting aquarium dengan tinggi air tidak terlalu tinggi, dasar aquarium diberi batu-batuan dan pasir serta disediakan daratan.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI