Persian Peaknose Kucing Mahal Primadona Catlovers

Surabaya - Dikalangan para pecinta kucing Persia Indonesia mengenal 4 jenis kucing Persia diantaranya kucing persia medium , peaknose flatnose, dan kucing persia himalaya. Dari ke empat jenis tersebut kucing jenis Persia Peaknose adalah pimadonanya. Sesuai dengan namanya, kucing Persia Peaknose dijuluki sebagai kucing hidung pesek lantaran hidung yang dimilikinya masuk kedalam sehingga terkesan tidak memiliki hidung.

Perbedaan Kucing Peaknose Dengan Persia Doll-face
Dibandingkan dengan tipe kucing tradisional, kucing Persia Peaknose memiliki wajah flat dengan hidung yang lebih menjorok kedalam (pesek). Sedangkan tipe pada kucing Persia Doll-face berbadan tegak, serta memiliki hidung lebih panjang sesuai struktur wajahnya.

Ciri Khas Fisik Kucing Persia Peaknose

  • Karena hidungnya yang pesek, wajah dari kucing Persia Peaknose ini pun terlihat nampak rata jika dilihat dari samping.
  • Memiliki bola mata yang sangat bulat yang letak posisinya berdekatan dengan hidung.
  • Selain nampak datar, wajah kucing Persia Peaknose berbentuk cukup bulat.
  • Ukuran kaki sedikit pendek
  • Ciri diatas biasanya menjadi kriteria penilaian dalam event kontes kecantikan kucing hias (kucing persia show) yang diselenggarakan di Indonesia,

Pesona Kucing Persia Peaknose
Dibandingkan dengan kucing Persia tipe doll-face, mungkin bagi sebagian orang akan merasa ragu kucing Persia Peaknose lebih populer dikalangan para pecinta kucing di Indonesia. Dengan keadaan hidung yang pesek, kucing Persia Peaknose nampak memiliki cacat .

Sebenarnya sebelum kucing Persia Peaknose populer di Indonesia, kucing jenis ini terlebih dahulu telah populer di Amerika. Sudah barang tentu, karena kucing Persia Peaknose varietas unggulan kualitas untuk event kontes/show yang dikembangkan oleh para breeder di Amerika dengan pembiakan secara selektif.
Kucing Persia Peaknose berhasil mencuri perhatian dan memikat hati para pecinta kucing di Amerika dengan karakter sifatnya yang tenang dan bersahabat, bertubuh montok, serta ciri khas yang dimilikinya dengan wajah serta mata yang bulat dan hidung yang pesek.

Meskipun memiliki hidung yang pesek seolah mengalami cacat, hal ini lah yang menjadikan kucing Peaknose terlihat lucu dan mengemaskan, keunikan serta ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis kucing lainnya yang hanya mengandalkan tampilan yang elegan.

Kucing Persia Peaknose Cocok Sebagai Peliharaan Keluarga
Saat ini mungkin Anda berkeingginan mengadopsi/memelihara kucing namun bingung memilih jenis apa yang cocok untuk Anda sendiri dan keluarga, hal tersebut tentunya akan kembali kepada kepribadian diri Anda sendiri dan keluarga, apakah jenis yang Anda pilih memang Anda sukai dan cocok untuk Anda pelihara. Kalaupun Anda menjatuhkan pilihan kucing Peaknose untuk dipelihara dirumah, perlu Anda pahami dan ketahui bahwa kucing Persia jenis ini dibandingkan dengan jenis kucing yang lain, kucing Peaknose memerlukan perawatan yang ekstra, kesabaran, ketelatenan serta memiliki banyak waktu untuk merawat kucing Peaknose perlu ada pada diri Anda. Jadi jika Anda adalah orang yang memiliki kesibukan yang pada setiap harinya maka Anda perlu memiliki alternatif lain pilihan kucing jenis lain yang mudah dalam perawatan.

Namun jika Anda bersikukuh pada pendirian untuk tetap memilih kucing Peaknose maka Anda perlu memikirkan ada orang lain dirumah untuk merawatnya. Perawatan bisa Anda serahkan pada anggota keluarga yang memiliki waktu untuk merawat atau bisa juga kita serahkan perawatannya kepada asisten rumah tangga yang bisa merawat disaat Anda tidak bisa merawat karena kesibukan yang harus dijalani. Selain itu Anda bisa juga memilih kucing Persia tipe face-doll, karena kucing jenis ini mudah daam peawatan. Kucing Peaknose memang tergolong jenis kucing hias yang mahal, tentulah sebanding dengan perawatan yang kita berikan kepadanya agar tetap terjaga kesehatan serta keindahannya.

Kelemahan/kekurangan kucing Persia Peaknose Sebagai Peliharaan
Memelihara mpus Peaknose memerlukan perawatan yang ekstra, kebersihan lingkungan yang menjadi tempat tinggalnya merupakan keharusan agar kucing Peaknose tetap terjaga kesehatannya. Tempat yang berdebu tidaklah bagus untuk hidung peseknya yang sensitif terhadap kualitas udara di lingkungannya selain itu mpus Persia Peaknose sangat rentan terhadap penyakit mata (belek). Dalam Menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya sendiri, mpus Persia Peaknose tergolong pemalas oleh sebab itulah Anda sebagai pemilik harus memiliki waktu serta rajin membersihkan bulu dengan memandikannya serta menyisir agar bulunya tetap terawat.

Kisaran Harga Kucing Persia Peaknose
Untuk harga anak kucing (kitten) Persia Peaknose dibanderol sekitar 1,6 juta, sedangkan 3,5 juta untuk harga mpus pesek yang telah dewasa. Dengan harga kisaran diatas, Peaknose tergolong kucing dengan harga yang cukup mahal meskipun begitu sebanding dengan kualitas wajah dan bulu menawan yang dimilikinya serta perawatannya yang cukup mahal pula.

Bahkan untuk harga seekor kucing Persia Peaknose Ektreme dewasa(jenis kucing yang bentuk hidungnya lebih pesek dibandingkan dengan peaknose biasa) harga lebih mahal, berkisar  4 juta hingga 10 jutaan. Semakin pesek hidung Peaknose maka akan semakin mahal harganya, selain itu kondisi fisik yang lain (bulu) juga mempengaruhi nilai jual Peaknose.

Sedangkan harga kucing Persia Peaknose kitten (masih kecil) mencapai harga 3,5 juta – 5 jutaan. Garis keturunan atau bloodline mempengaruhi murah atau mahalnya harga kitten Persia Peaknose Ektrim. Dengan memiliki garis keturunan dari induk yang bagus maka harga untuk adopt fee semakin mahal.

Cara Merawat Kucing Persia Peaknose Yang Tepat
Seperti telah kami sampaikan diatas, bahwa harga kucing Persia Peaknose yang mahal berbanding lurus dengan perawatannya. Dalam merawat Peaknose extreme terbagi 2 yaitu perawatan yang dilakukan disalon khusus kucing dan perawatan oleh owner. Adapun perawatan yang bisa dilakukan dirumah antara lain :
  • Cara yang benar dan aman saat membersikan kuping kucing Persia Peaknose ektrim adalah dengan cara mengorek secara berlahan-lahan dengan megunakan cotton but yang dibasahi dengan air hangat.
  • Agar bulu kucing Persia Peaknose tidak kusut dan nampak rapi maka Anda perlu rutin melakukan perawatan bulunya dengan cara menyisir.
  • Pemberian vitamin terhadap kucing Peaknose ektim memiliki banyak kegunaannya, yaitu agar kucing senantiasa sehat dan tentunya membuat bulu tumbuh dengan bagus dan maksimal. Sedangkan pemberian vitamin guna meningkatkan nafsu makan kucing Persia Peaknose bisa diberikan secara berkala.
  • Kegiatan perawatan memotong kuku kucing Peaknose dengan menggunakan pemotong kuku khusus kucing  atau gunting.
Semua kebutuhan perawatan kucing Persia Peaknose Extreme ada yang tidak bisa Ada lakukan sendiri karena keterbatasan keahlian maupun sarana yang kita miliki dirumah. Untuk itu tentunya kita bisa serahkan perawatan kucing Persia Peaknose kesayangan kepada ahlinya dengan datang ke petshop dan dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang maksimal, perawatan tersebut diantaranya seperti berikut:
  • Jamur sangat mudah menjangkit terhadap kucing yang memiliki bulu yang panjang dan lebat, oleh karena itu mandi jamur sangat penting bagi kucing Persian Peaknose. 
  • Keadaan kesehatan kucing Persian Peaknose perlu kita check minimal 3 bulan sekali ke vet terdekat. Selain itu, sangat perlu kita secara rutin terjadwal memberikan vaksin terhadap kucing Peaknose sesuai anjuran dokter hewan, hal agar kucing senantiasa sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI