Kucing Persia Si Cantik Berhidung Pesek

cat lovers - Salah satu ras kucing yang sangat digemari sebagai hewan peliharaan pada saat ini oleh para pecinta kucing adalah jenis kucing Persia. Memiliki karakter/sifat yang lembut (tidak agresif) dan setia menjadikan Kucing dari ras ini sangat populer dikalangan para pecinta kucing. Selain itu kelucuan dai tampilan yang merupakan ciri khas nya dengan bulu panjang, lebat dan halus serta wajahnya yang nampak lebar karena bentuk hidungnya yang pesek.

Kucing ras persia yang populer sejak abad ke-19 ini oleh para peternak/penjual dijual dengan harga yang tergolong sangat mahal terutama untuk kucing Persia yang masih memiliki darah keturunan trah murni. Seiring dengan berjalannya waktu serta telah banyaknya kegiatan pembiakan kucing Persia saat ini menghasilkan keturunan dengan moncong lebih pendek (pesek).

Ciri Umum Kucing Persia
  • Berbadan besar, gemuk dan tambun
  • Memiliki hidung yang pesek, yang merupakan ciri khas dari kucing persia
  • Bentuk Wajah terlihat bulat.
  • Memiliki bulu yang panjang dan halus/lembut.
  • Muka nampak datar jika dilihat dari samping, hidung, dahi serta dagu terlihat sangat datar.
  • Karakter bawaan yang tidak agresif, sehingga cocok untuk dijadikan hewan peliharaan dan aman bagi anak-anak.
Harga Kucing Persia
Harga yang dibanderol pada kucing Persia antara 5-7juta rupiah, tergantung jenisnya tergolong mahal memang namun sebanding dengan nilai keindahan dan kelucuan kucing Persia sebagai hewan peliharaan dan kesayangan dirumah. Namun jika harga diatas masih dirasa termasuk sangat mahal dan tidak terjangkau, kita bisa membeli dengan harga  700 ribu hingga 2 juta rupiah namun tentunya dengan harga segitu kita hanya memperoleh kucing ras Persia dengan kualitas yang lebih rendah. Dan jika Anda tertarik untuk membiakan sendiri, Kita bisa dapatkan induk dengan harga 5 – 12 juta. Lebih fantastis lagi untuk harga kucing Persia yang diikutkan dalam kontes, untuk harga terendahnya saja sudah dibanderol dengan harga 15 juta rupiah sedangkan yang paling mahal berharga 50 hingga 100 juta dengan kualitas kucing kontes yang sangat berkwalitas dan biasanya merupkan kucing kontes import.

Tempat Jual Beli Kucing Persia
Untuk memperoleh atau membeli Kucing Persia bisa kita dapatkan dari pembiak (breeder/cattery) maupun toko binatang peliharaan dikota kita. Jika kita beruntung, kita bisa memperoleh dengan harga beli yang lebih murah melalui seseorang yang telah bosan memelihara kucing tersebut selain itu juga bisa kita peroleh dengan harga yang lebih miring sepasang kucing persia dari orang yang mencoba untuk membiakannya namun gagal lantaran kurangnya kapasitas/ilmu dia dalam membiakan kucing Persia. Dimasa sekarang ini kita juga bisa membeli kucing Persia melalui toko online yang menjual hewan peliharaan dan bisa juga melalui media sosial seperti facebook yang biasanya mereka berjuaan melalui group pecinta kucing, namun jika Anda akan membeli melalui media ini disarankan untuk bisa memantau kucing yang akan dibeli apakah sesuai dengan spek yang ditawarkan penjualnya.

Tips Membeli Kucing Persia
Ada kalanya seseorang ingin memelihara kucing Persia hanya karena keingginan sementara dan ada juga orang yang inggin memelihara kucing Persia tak memandang kualitas garis keturunannya. Jika ini adalah alasan Anda untuk memiliki dan memelihara, dengan harga lebih murah Anda bisa membeli kucing persia ditoko hewan peliharaan, bisa juga melalui media online dan juga forum yang anggotanya sering menjual hewan peliharaannya karena suatu alasan tertentu. Saran kami, perlu Anda tanyakan kepada penjualnya  sebelum Anda membelinya, apakah kucing tesebut telah telah divaksin dan tentunya Anda harus menanyakan spek kucing tersebut, belilah kucing yang sehat dan tidak cacat.
Membeli dari cattery (breeder kucing) merupakan salah satu pilihana yang tepat bagi Anda yang ingin memelihara dengan serius kucing Persia dengan kualitas yang bagus dan bersertifikat yang disertai silsilah garis keturunan (pedigree) kucing tersebut. Membeli dari cattery terpercaya memanglah membutuhkan uang yang lebih mahal, namun hal itu akan sebanding dengan kualitas kucing yang terjamin trah keturunan yang murni.

Merawat Kucing Persia
Pada dasarnya Kucing Persia memiliki sifat/karakter bersahabat, tenang (tidak agresif) serta manja pada pemiliknya. Meskipun ketika kita memeliharanya ketika masih kecil yang baru mengenal/berinteraksi dengan manusia akan berperilaku agresif namun lambat laun seterlah terbiasa dengan kehadiran manusia dilingkungannya sifat yang beringas tadi akan hilang.
Perlu Anda perhatikan dalam merawat kucing persia jantan dan betina ada sedikit perbedaan perlakuannya, perawatan kucing jantan perlu disediakan tempat untuk memanjat sedangkan untuk betina sediakan mainan kecil sebab kucing betina lebih senang bermain dan latih lah keduanya untuk kencing dan BAB dikamar mandi/toilet hal ini perlu agar ruangan rumah tidak berbau kotoran kucing .

Memilih Pakan Yang Tepat
Untuk mendapatkan jenis pakan yang bagus untuk kucing Persia pada saat ini sangatlah mudah didapatkan ditoko pakan hewan disekitar kita. Meslipun saat ini sudah banyak tersedian berbagai merek pakan kucing khusus ras Persia, Anda harus memperhatikan nilai kandungan gizi dan vitamin didalam pakan tersebut. Hal ini agar selain kucing tetap sehat, juga agar keindahan bulu yang dimiliki kucing Persia tetap terjaga. Jenis pakan yang dijual di toko biasanya ada dua macam pakan kering dan basah, pastikan dalam pakan tersebut memiliki nilai minimal kandungan gizi pakan protein 25 persen.

Tips Sukses Mengawinkan Kucing Persia
Kucing Persia yang telah menginjak usia 1 tahun sudah memiliki naluri untuk kawin/berkembangbiak hal ini berlaku bagi kucing Persia jantan maupun betina, namun pastikalah kucing yang akan Anda kawinkan telah divaksin dan sehat tanpa menunjukan tanda-tanda adanya suatu penyakit yang mungkin sedang mereka derita. Jika kucing jantan lebih sering suka memanjat sedangkan sikap yang menjadi lebih agresif dengan suara rendah, suka berguling pada kucing betina hal tersebut merupakan tanda mereka sedang birahi. Untuk menghindari hal yang tidak kita ingginkan sebaiknya kedua kucing tersebut dipisahkan dengan kandang tersendiri namun kandang saling berdekatan.
Kita bisa satukan mereka jika dirasa keduanya benar-benar aman untuk disatukan untuk kawin, hal yang bisa kita lakukan untuk proses kawin kucing persia ini adalah dengan mengangkat pinggul betina untuk mencegah agar posisi tidak miring. Selama 2 hingga 3 hari proses ini perlu kita ulang selama 3 kali sehari dan setelah 3 minggu kita bisa cek apakah kucing betina sudah hamil. Namun jika proses pembuahan yang dilakukan kucing tidak berhasil maka kita bisa lakukan poses yang sama pada saat keduanya mengalami birahi kembali.

Cara Tepat Merawat  Anak Kucing Pesia
Merawat anak kucing yang masih dalam perawatan induknya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang cukup, untuk mempermudah dan menjadi pedoman dalam merawat anak kucing tersebut maka Anda bisa terapkan beberapa point berikut ini sesuai dengan umur anak kucing tersebut.
  • Setelah lahir hingga usia 2 minggu, jangan terlalu banyak disentuh terlebih dahulu biarkan anak kucing disusui oleh induknya.
  • Pada umur 2 minggu, perlu kita persiapkan bak pasir untuk melatih anak kucing untuk buang air (kencing) disitu dan juga perlu kita persiapkan dan berikan susu khusus anak kucing yang bisa kita beli ditoko hewan peliharaan.
  • Menginjak usia 2 bulan, dalam pemberian pakan berikanlah pakan yang basah dulu untuk melatihnya makan pakan yang kita berikan setelah berhasil bisa kita berikan pakan yang kering.
  • Dengan lehih banyak berinteraksi dengan anak kucing akan mempererat ikatan emosinal anak kucing tersebut dengan kita, bisa kita lakukan dengan cara pada saat memberikan makan dekatilah secara berlahan jangan buat gerakan yang bisa membuat anak kucing merasa terancam yang akan berakibat rasa takut pada anak kucing tersebut. Dalam tahap ini jangan disentuh terlebih dahulu, biarkanlah anak kucing itu sendiri yang mendekati pakan yang kita berikan.
  • Selama 3 bulan dalam jangka waktu tiap 2 minggu sekali berikanlah obat cacing yang harus rutin kita berikan kepada induk dan juga anak kucing. 
Cara Tepat Memandikan Kucing Persia
Keistimewaan kucing dari ras persia ini adalah salah satunya pada bulunya yang pandang, lembut dan indahan. Oleh karena itulah perlu ketelatenan bagi semua penghobi jika inggin kucing persia yang dimilikinya tampil cantik tiap harinya. Maka ntuk menjaga kecantikan bulunya tersebut perlu kita mandikan dengan air hangat dan jangan lupa gunakanlah shampoo khusus kucing. Pada saat memandikan dengan shampoo  agar kotoran dan kutu beserta dengan terlurnya rontok dari balik bulu kucing perlu kita garuk lembut dan gosok tubuh kucing dengan ujung jari kita. Untuk mengeringkan bulunya sesudah mandi gunakanlah handukbersih dan hair dryer.

Setelah kering perlu kita sikat/sisir bulunya dengan sikat khusus dengan begitu maka bulu-bulu kucing Persia lepas akan terlepas dari tubuhnya, hal ini perlu kita lakukan agar bulu tidak rontok dimana-mana dan bulu tidak tertelan oleh kucing saat kucing membersihkan dirinya sendiri dengan lidahnya.

Beberapa Jenis Kucing Persia Silangan
Dengan seiring dengan kepopuleran kucing persia, banyak para breeder mencoba mengembangbiakan kucing Persia dengan ras kucing yang lain, yang tentunya menghasilkan keturunan jenis kucing tidak murni lagi berdarah kucing Persia. Biasanya kucing keturunan yang dihasilkan memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan kucing Persia yang masih murni. Diantaranya :
  • Bentuk tubuh yang lebih ramping.
  • Kadang ditemui ada yang memiliki hidung yang sedikit mancung.
  • Bulu yang lebih pendek.
  • Memiliki warna bulu baru.
Di kalangan para pecinta kucing Indonesia ada beberapa jenis kucing hasil silangan kucing Persia dengan kucing ras jenis lain yang sangat populer diantaranya adalah berikut ini:
Kucing Persia Medium
sumber foto Nanda Ayu
  • Ukuran tubuh standar seperti kucing pada umumnya.
  • Bulu tidak terlalu panjang.
  • Hidung tidak terlalu pesek.
  • Bentuk wajah oriental.
Jika kita lihat dengan seksama wajah jenis ini masih sangat sama dengan kucing pada umumnya.
Kisaran harga 500 ribu - 1 juta.

Kucing Persia Flatnose:
sumber foto Dyah Rusanti
  • Sesuai dengan namanya kucing turunan Persia ini memiliki hidung yang pesek (flatnose).
  • Berwajah bulat.
  • Pipi tembem.
  • Tubuh cukup gemuk.
Bentuk wajah yang unik dan tingkah lakunya juga sangat lucu membuat jenis kucing ini banyak digemari untuk dipelihara.
Kisaran harga 700 ribu - 1,5 juta

Kucing Persian Himalayan
sumber foto dapcat.org
  • Bertubuh gemuk.
  • Warna lebih cendrung mengikuti kucing Siamse.
  • Kaki pendek.
  • Tubuh dan wajah bulat seperti halnya kucing Persia asli, namun ada juga yang bertubuh seperti kucing Siamse dengan bentuk tubuh langsing serta ramping terlihat anggun, mampu melompat dengan ketinggian 2 meter.
Kucing keturunan Ras Persia (Kucing Himalaya) merupakan salah satu ras kucing hasil dari persilangan antara kucing Persia dengan kucing Siamse.Untuk lebih detailnya bisa Anda baca di "Kucing Himalaya Keturunan Ras Persia Dan Ras Siamese"

Kucing Persia Peaknose
sumber foto Krisnanda AP
  • Memiliki hidung pesek, diantara kucing keturunan kucing ras Persia jenis inilah yang paling pesek.
  • Berbadan jauh lebih gemuk dibandingkan jenis keturunan ras Persia lainnya.
Dari sekian jenis kucing keturunan ras persian, jenis inilah yang paling digemari di Indonesia. Selain itu jenis inilah yang sering diikut sertakan dalam kontes kecantikan kucing.
Kisaran harga diatas 2 juta

Macam Jenis Warna Bulu Kucing Persia
  • Warna Polos (Black/White/Blue  Solid)
    cats.lovetoknow.com
    Kucing Persia warna Polos, seluruh warna bulunya satu jenis warna saja, pada kucing persian terdiri dari putih polos (white solid), hitam polos (black solid) serta kucing persia warna abu-abu atau disebut juga blue colour.
  • Sealpoint
    bedoroses.com
    Kucing persia warna Sealpoint pada dibagian telinga ,ujung kaki n idung warna bulunya hitam namun warna dominannya  putih atau agak coklat.
  • Bicolor
    cfa.org
    Kucing Persia warna Bicolor, warna bulunya didominasi dua warna yang biasanya warna dominan putih dan warnalainnya. Ciri khas nya pada warna bulu dibagian muka.
  • Tortie
    petcaregt.com
    Kucing Persia warna Tortie, bulu berwarna belang bisa campuran warna red (oranye),blue(grey) dan putih.
  • Calico
    crayolacats.com
    Kucing Persia warna Calico oleh para pecinta kucing di Indonesia sering disebut dengan belang telon atau warna tiga, sering dijumpai kucing yang memiliki marking atau pola warna seperti ini umumnya berjenis kelamin betina dan bahkan ada mitos jika kucing jantan dengan pola warna bulu seperti ini mempunyai kekuatan spiritual. 


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI