Alligator Snapping Turtle Kura Air Tawar Yang Eksotik

jakarta reseller - Alligator Snapping Turtle atau nama latinnya Macrochelys Temminckii ini dikalangan para pecinta reptil khususnya kura-kura lebih dikenal dengan nama Kura-kura Aligator. Jenis hewan reptil purba (primitif) air tawar ini berasal dari Amerika ini mampu berumur hingga 200 tahun jika hidup dialam bebas/liar, dan jika hidup dalam peliharaan/penankaran mampu bertahan hingga usia 80-120 tahun.

Berbeda dengan reptil lainnya yang sering berjemur dibawah sinar matahari, Kura-kura Aligator merupakan hewan full aquatic (hidup dalam air) yang lebih suka tinggal di dalam air sungai dengan aliran air sungai deras namun kura jenis Alligator ini juga dijumpai di danau. Hanya disaat akan bertelur saja betina Alligator Snapping Turtle akan keluar air, yang biasanya ditempat lapang.

Penyebaran dan Habitat Kura Alligator Snapping 
  • Perairan Amerika Tenggara dari kawasan Texas Timur bagian timur sampai ke wilayah Florida,
  • Utara sampai tenggara Kansas,
  • Missouri,
  • Lowa bagian tenggara,
  • Sebelah barat Illinois,
  • Indiana bagian selatan,
  • Sebelah barat Kentucky,
  • Sebelah timur Tennessee.
Alligator Snapping Turtle (Macrochelys Temminckii) merupakan sepupu jauh dari Common Snapping Turtle (Chelydra serpentine) hal ini bisa kita secara sekilas keduanya memiliki kemiripan. Dihabitat asalnya Macroclemys 3 spesies yang pernah ada. Macroclemys yang masih ada adalah M.temminckii, sedangkan M.schmidti dan M.auffenbergi telah punah.

Ciri Fisik Alligator Snapping Turtle
  • Memiliki Rahang yang kuat serta ukuran kepala yang besar .
  • Tedapat tiga scute dorsal yang berukuran besar pada tempurung.
  • Ekor berukuran panjang dibandingkan dengan kura-kura pada umumnya.
  • Warna yang sering ditemukan adalah hitam, coklat , abu-abu.
  • Panjangnya mampu mencapai ukuran hampir 3 kaki ( 80 cm).
  • Beratnya bisa mencapai 68-80 kg bahkan lebih (Di Sheed Aquarium Chicago, terdapat kura Alligator seberat 133 Kg. Pada tahun 1937 di Kansan, Amerika berdengar kabar bahwa pernah ditemukan kura Alligator dengan berat 183 Kg namun berita tersebut tidak bisa dipastikan kebenaranya.).
Reproduksi Kura Alligator Dihabitat Asalnya
Usia 11-13 tahun merupakan masa dimana kura kura Alligator sudah aktif untuk bereproduksi/kawin, dihabitat asalnya musim kawin pada kura-kura jenis ini berlangsung tahunan pada musim semi di utara dan awal semi diselatan.  Induk betina kura-kura Alligator akan bertelur kurang lebih 2 bulan setelah kawin, sekali bertelur betina kura Alligator akan mengeluarkan telur sekitar 10-50 butir telur yang ia letakkan disarang yang telah dibuatnya. Agar sarangnya tidak tergenang oleh air, betina kura Alligator biasanya akan membuat sarang untuk bertelur berjarak kurang lebih 50 m dari tepian air. Selama 100-400 hari lamanya diperlukan untuk penetasan (inkubasi) telur-telur kura Alligator.

Makanan Alligator Snapping Turtle Di Alam Liar
Meskipun Kura-kura Alligator tergolong dalam hewan karnivora (pemakan daging), namun kura-kura jenis ini juga kadang makan. Dalam menangkap mangsanya, kura alligator memiliki teknik yang sangat unik yaitu dengan cara menjulurkan lidahnya yang berwarna kemerahan dan berbentuk panjang seperti cacing, disaat mangsa buruannya mulai mendekati dengan sikap ditangkapnya, karena tekniknya itulah kura Alligator ini sering disebut juga dengan nama kura-kura pemancing. Dialam liar habitat aslinya kura ini makanan gemerannya adalah amfibi, ikan, invertebrata hingga ular dan anak buaya pun pernah diketahui dimakan olehnya, bahkan kura ini juga bisa menjadi kanibal (memakan sesama kura).

Kekuatan Rahang Alligator Snapping Turtle
Dengan melihat tampiannya yang seram saja pasti kita tak akan ciut nyali untuk memegangnya karena takut jika digigit olehnya, jika Anda memegangnya maka hati-hatilah dengan rahang/gigitan kura-kura Alligor ini, karena jika dibandingkan dengan kekuatan gigitan ikan hiu, jaguar serta beruang coklat sekalipun belum seberapa bila dibandingkan dengan kekuatan gigitan kura kura aligator. Berikut adalah perbandingan kekuatan gigitannya: ikan Hiu 669 PSI, Jaguar 700 PSI, Beruang coklat 740 PSI kekuatan gigitan Alligator Snapping Turtle mencapai 1004 PSI. Dengan kekuatan itu dalam gigitan lemah saja sudah cukup untuk memotong jari-jari manusia .

Harga Alligator Snapping Turtle Di Indonesia
Alligator Snapping Turtle memanglah mempunyai keunikan dan keunggulan yang tidak dimiliki kura-kura lain sehingga banyak diburu untuk dipelihara di rumah, yang sudah barang tentu hal ini menyebabkan kura jenis ini terancam punah dan belum lagi rusaknya habitat asli mereka makin memperburuk perkembangan populasi Alligator Snapping Turtle. Di perdagangan hewan peliharaan di Indonesia, Sekitar 1-2 juta rupiah untuk harga seekor anak (baby) kura kura Alligator.

Standar Dalam Merawat Alligator Snapping Turtle
Keunikan dari Alligator Snapping Turtle (AST) memanglah banyak memikat hati para pecinta kura-kura, namun hendaknya bagi setiap orang yang hendak mengadopsi AST pastikan mengetahui cara merawat yang baik agar AST yang dipelihara senantiasa sehat dan berumur panjang, adapun cara perawatannya bisa Anda simak seperti berikut ini:
  • Gunakan akuarium dengan tinggi dan lebar yang memadai.
  • Ketinggian air tidak perlu terlalu tinggi, yang penting punggungnya terendam.
  • Gunakan air yang sudah diendapkan selama 24 jam, hindari penggunaan air PAM air yang mengandung kaporit (berkadar besi tinggi) bisa menyebabkan kematian AST.
  • Suhu air juga dijaga agar stabil.
  • Ganti air setiap seminggu sekali atau bisa juga 2 minggu sekali, karena AST sendiri adalah hewan yang pasif dan jarang berenang sehingga air akan tampak jernih lebih lama.
  • Jika akuarium tanpa sitem filter air maka lakukan pegantian air setiap 2 atau 3 hari sekali.
  • Pemberian pakan disesuaikan dengan usia AST, berikan 3 atau 4 ekor ikan tiap hari.
Pakan Alligator Snapping Turtle Sebagai Hewan Peliharaan
Sebagai hewan peliharaan yang bisa kita tempatkan di akuarium maupun kolam, kura-kura Alligator cukup kita berikan pakan berupa ikan-ikan kecil karena memang itulah makanan kesukaanya. Hal ini tentu akan mempermudah Anda yang memeliharanya di rumah namun sering kali harus berpergian ke luar kota selama beberapa hari. Alligator Snapping Turtle tidak memerlukan perawatan yang ekstra, kita tinggal memasukan beberapa ikan-ikan kecil yang (perkirakan kebutuhan jumlah pakannya selama Anda pergi) kedalam akuarium/kolam sebagai stok pakan untuk kura Alligator kesayangan kita. Selain itu Jenis ikan untuk makanannya juga tidak harus ikan khusus, namun perlu Anda pehatikan kelayakan ikan-ikan kecil yang kita berikan tadi pastikan ikan yang sehat agar kesehatan kura Alligator kita tetap terjaga selama kita tinggal.

Cara Memegang Alligator Snapping Turtle
Sepeti kita ketahui, Alligator Snapping Turtle (AST) mempunyai kekuatan gigitan rahang yang mampu memotong jari manusia oleh sebab itu untuk memegang kura kura ini perlu mengetahui teknik/cara memegang kura Aligator yang benar, tentu kita tidak mengingginkan hal itu terjadi. Maka jika Anda memegang AST peganglah bagian atas tempurung dan bagian bawah tubuh kura-kura dengan hati-hati, hal ini agar kepala/rahang AST tidak mampu mengapai tangan kita.
foto by agus etawa pemula
Fakta dan Keunikan Alligator Snapping Turtle (AST)
  • Kura AST diyakini hewan purbakala.
  • Mampu mencapai usia 200 tahun.
  • Merupakan salah satu kura kura air tawar tebesar.
  • Bentuk yang eksotik menyerupai buah durian.
  • Mlut yang menyerupai paruh burung.
  • Cara berburu mangsa sangat unik, dengan cara mengelabuhi mangsanya.
Bagi Andayang penasaran bagaimana sakitnya jika digigit Alligator Snapping Turtle silahkan tonton video berikut ini, bagaimana ganasnya AST mengigit pantat orang dengan rahangnya yang kuat.


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI