Saka Pariwisata Terbentuk

Pelantikan Saka Pariwisata Kwarcab Kabupaten Pekalongan
Kajen_Satuan Karya Pramuka Pariwisata Kwarcab Kabupaten Pekalongan resmi dilantik dan terbentuk pada 31 Juli 2013 dan dijadikan sebagai hari jadi Saka Pariwisata Kwarcab Kabupaten Pekalongan. Dengan Sanggar Pramuka Kwarcab Kab. Pekalongan sebagai tempat pelantikan dan pengukuhan Saka Pariwisata kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mampu menyajikan berbagai hal yang baru untuk kegiatan kepramukaan.Yang luar biasa adalah pelantikan ini dilaksanakan pada bulan puasa dan dilanjutkan dengan tausiyah dan buka bersama.

Saka Pariwisata yang berpangkalan di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Pekalongan mempunyai tujuan untuk lebih memajukan kepariwisataan dan potensi daerah serta membina generasi muda melalui Kepramukaan sebagai bentuk Gerakan Pramuka dalam mendukung program pemerintah kabupaten pekalongan. Saka ini nantinya akan mengadakan sosialisasi dan perekrutan anggota melalui promosi ke Pangkalan Gudep, DKR dan lainnya yang belum mempunyai satuan. Sehingga dari pembinaan kepariwisataan sejak awal akan tercapai generasi muda yang lebih baik dalam berkarya dan sektor pariwisata diharapkan mampu dikembangkan oleh generasi muda dengan pengelolaan dan bimbingan dari Mabi dan Pimpinan Saka Pariwisata.

Ketua Kwartir Cabang Kab. Pekalongan Drs. H. Umaidi M.Si resmi mengukuhkan dan melantik Mabi Saka dan Pimpinan Saka Pariwisata. Denga prosesi upacara pelantikan yang hidmat dan sangan berkesan seluruh anggota mengucapkan ulang jajnji sebagai langkah awal untuk memandu dan bertanggungjawab atas perkembangan dan pendidikan sesuai dengan satya darma Pramuka. Kegiatan kepramukaan sudah seharusnya menjadi kegiatan yang mendidik dan menyajikan ketrampilan dengan pendidikan karakter yang terbina dari para anggota Pramuka Dewasa. Sementara itu Ketua Kwarcab mengungkapkan potensi generasi muda Indonesia sangat besar, program revitalisasi Gerakan Pramuka sejak lima tahun belakangan ini telah mengalami peningkatan cukup signifikan dengan makin bertambahnya anggota Pramuka di wilayah Kab. Pekalongan.

Dengan mengundang Pimpinan Saka se-Kwarcab Kab. Pekalongan sebagai tamu undangan dan jajaran pengurus Kwarcab serta pengurus Dewan Kerja Cabanag sebagai saksi peristiwa bersejarah ini dilaksanakan dengan penuh ketenangan dan kelancaraan. Sajian tari sebagai pembuka sebelum kegiatan dimulai juga ditampilkan dengan maksud memberikan pengenalan bahwa anggota pramuka mampu menampilkan tarian dan berkreasi lebih dengan minat dan bakat masing-masing.

Pelantikan

Proses penandatanganan dan pembacaan ikrar yang dilanjutkan dengan ulang janji terlaksana dengan lancar, dengan ditandai dengan penyerahan bendera Pataka Saka oleh Ketua Kwarcab kepada Mabi Saka maka 30 pengurus Saka Priwisata Kwarcab Kab. Pekalongan dilantik dan resmi menjadi pengurus yang selanjutnya akan melaksanakan program kerja dengan memberikan pembinaan kepada seluruh anggora Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Kwarcab Kab. Pekalongan.

Dalam sambutannya Kak Ir. Siswanto Kepala Dinporapar dan selaku Mabi Saka menjelaskan, "Saka Pariwisata ini merupakan wadah pendidikan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membina dan mengembangkan keterampilan di bidang pariwisata yang meliputi Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Wisata, dan Krida Kuliner Wisata."

Pembekalan

Pengetahuan kepramukaan adalah hal yang sebenarnya sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam rangka langkah awal kepengurusan Saka pariwisata ini Kwarcab Kab. Pekalongan langsung memberikan pembinaan dengan materi kesakaan yang di sampaikan oleh kak Hamas Mantho HAS selaku Waka Binawasa dan Pelatih Penegak dan pandega Kwarcab. Materi yang disajikan oleh Kak Hamas ini begitu manarik, "Pramuka itu tidak hanya tepuk tangan dan nyanyi saja, tapi Pramuka itu multi talenta dan berguna dimana-mana." ungkap Kak Hamas disela-sela pemberian materi.

Dengan pemberian materi kesakaan harapannya Pimpinan Saka akan lebih mengerti arah gerak Saka dalam pelaksanaannya di program kerja. Dengan gaya dan lagu khasnya beliau banyak memberikan pengarahan dan himbauan untuk kemajuan kepramukaan dan Kepariwisataan melalui Gerakan Pramuka dalam rangka Gerakan Pramuka mendukung pembangnunan daerah dan program pemerintah.

Acara ini dilanjutkan dengan buka bersama antara Kwarcab, Mabi Saka, Pimpinan Saka se-Kwarcab, DKC dan calon Dewan Saka Pariwisata di alua Sanggar Pramuka Kwarcab Kab. Pekalongan dengan rasa kekeluargaan sebagai Anggota Pramuka dan memeperkuat tali silaturahim.

Seluruh pengurus Kwartir Cabang dan Dewan Kerja Cabang Kabupaten Pekalongan mengucapkan Selamat memandu dan selamat atas Terbentuknya Satuan Karya Pramuka Pariwisata Kwartir Cabanag Kab. Pekalongan pada Rabu 31 Juli 2013. (n@sh/1/8/13)

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI