Pramuka, Bhaktikan Diri Kepada Negeri bersama BWC IIWC - Nice Japan Pekalongan Envi

UBALOKA - DKC Kab. Pekalongan tanam mangrove
Kajen_Pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda dengan kegiatan yang mendidik dan berkarakter dengan dasar dasa dharma dan berlandaskan Pancasila. Kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sangant beragam yang langsung bersentuhan dengan masyarakat serta alam sekitar. Dalam hal ini Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega (DKC) Kwarcab Kab. Pekalongan dalam rangka memperingati Boden Powell day (BPD) Thun 2013 mengadakan kegiatan mandiri berupa kepedulian kepada lingkungan. Pada kegiatan ini DKC bekerjasama dengan BWC IIWC-Nice Japan Pekalongan Envi.  yang berada di Wilayah kabupaten Pekalongan.
 
International Work Camp (IWC)  adalah sebuah kegiatan kerelawanan kerelawanan berdurasi 10-14 hari dimana sekelompok relawan dari beberapa negara berkumpul disuatu tempat dan menjadi satu tim untuk melakukan kegiatan bersama masyarakat setempat berasarkan tema yang mereka pilih, sedangkan tema pada jegiatan ini adalah lingkungan dan pendidikan dan kegiatannya bernama BWC IIWC-Nice Japan Pekalongan Envi. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada minggu 24 Februari2 2013 ini ditempatkan di pantai Jeruk Sari Kec. Tirto Kab. Pekalongan Jawa Tengah mulai pukul 07.00 s.d 13.00 WIB. Dewan Kerja Cabang Kab. Pekalongan dan IWC ersama dengan warga Kelurahan Jeruk Sari dan sekitarnya, Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Kab. Pekalongan, SMA Muhammadiyah 2 Kab. Pekalongan secara bahu membahu melakukan penanaman mangrove sebangay 1600 bibit di pantai tersebut. Pantai yang kurang teawat ini sangat tepat dipilih untuk melaksanakan kegiatan penanaman, yang nantinya bibit-bibit ini akan menjadi penahan abrasi pantai di masa yang akan datang. DKC melaksanakan kegiatan ini bertujuan pula menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung program pemerintah dalam hal ini pariwisata laut yang sedang di galakkan bersama.

Pramuka, tujuan kegiatan yang dilakukan bersama adalah menjalin persaudaraan dan peduli kepada lingkungan sesuai dengan satya dharma Pramuka yang lebih tepatnya penerapan pendidikan karakter secara nyata di lingkungnan dan masyarakat. 
“Kami tertarik dengan kegiatan mandiri ini, bersama UBALOKA Kab. Pekalongan, IWC, Masyarakat serta organisasi lainnya, kerjasama ini akan selalu kami lakukan guna memperluas pengetahuan dan bhakti sosial, disamping itu Pramuka juga akan mendapatkan kesan yang baik dimasyarakat serta organisasi lain.” Ungkap Nasikhu selaku Ketua DKC Kab. Pekalongan dan juga selaku koordintor pada kegiatan kerjasama mandiri ini.. 

Para peserta merespon baik kerjasama kegiatan ini, dalam wawancaranya Yuka panggilan akrab peserta dari Jepang yang diwawancarai oleh anggota DKC dalam bahasa Inggris dan Jepang ini mengungkapkan bahwa kegiatan yang telah dilakukan sangat bermanfaat dan menyenagkan, Pramuka itu baik hati dan salut utuk Pramuka, kata Kak Yuka Kak Kayoo dan Kak Cicha.


(n@sh_dkcpekalongankab.news)

Foto Kegiatan :

Tanam Mangrove oleh DKC Kab. Pekalongan ( Kak Arum)

DKC bersama BWC IWC Japan

BWC IWC Japan, DKC dan SMA Nuh 2 Kab. Pekalongan

Pantai Jeruk Sari Tirto kab. Pekalongan

Suasana giat bersama yang menyenangkan

Ubaloka, DKC dan Kak Yuka dari BWC IWC Japan

UBALOKA Mencangkul

Indah kebersamaan Indonesia - Jepang

Tanam sekarang, petik masa depan !

DKC Pramuka dan PPMI Kab. Pekalongan

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI