KEBANGKITAN PENEGAK DAN PANDEGA

Pramuka Penegak dan Pandega (DKC) Kwarcab Kabupaten Pekalongan
Kajen_Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwarcab Kab. Pekalongan berkumpul di Gedung kesenian Kajen dalam acara temu T/D dan seminar kepramukaan yang dilaksanakan oleh Kwarcab Kab. Pekalongan c.q Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega (DKC) pada Jum`at (2/2/13).
Kegiatan ini dilaksanakan di gedung kesenian Kajen atas kerjasama dari pengelola yaitu Dinporapar Kab. Pekalongan dengan Kwarcab Kab. Pekalongan serta diikuti oleh 102 peserta dari seluruh Pangkalan Gugusdepan SMA/SMK/MAnegeri dan swasta, DKR serta Dewan Saka yang tergabung dalam sebuah forum komunikasi dan diskusi yang disajikan dengan berbagai materi serta permasalahan yang dihadapi di masing-masing satuan.
Hal ini semakin menarik dengan banyak pertanyaan dari peserta sehingga suasana diskusi semakin hidup. Acara yang dibuka oleh Ka. Kwarcab Kab. Pekalongan yang diwakili oleh Kak H. Mas Manto selaku Waka Bina Wasa ini juga di hadiri oleh Kak Sugiyanto selaku Sekretaris Cabang, kak Edhi Subkhan, Kak Sri Pamungkas selaku Andalan T/D, setiap pertanyaan langsung dijawab oleh para Andalan Cabang dengan jelas dan dasar yang sesuai dengan petujuk pelaksanaan Pramuka T/D. "Pramuka T/ D harus mandiri dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan, penataan administrasi harus dimulai sekarang supaya ketika akreditasi Gudep nanti sudah tertata dengan baik. Pramuka T/D sudah seharusnya melaksanakan uji SKU dan SKK yang  dibimbing langsung oleh Pembina Gudep yang sudah memiliki SHB dan THB dari Kwarcab." Tandas kak Manto.


Materi yang di bahas pada kesempatan ini diantaranya adalah materi kepramukaan T/D, Satuan Karya Pramuka (SAKA), cara uji dan penguji SKU dan SKK, Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA), akreditasi Gudep, pencapaian Pramuka Garuda, informasi kegiatan daerah dan nasional, serta materi lain yang berhubungan dengan pengembangan kepramukaan. "Kegiatan ini merupakan titik awal kebangkitan dalam melaksanakan berbagai kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab kab.Pekalongan di tahun 2013 dan awal kepengurusan DKC yang baru ini, semoga jalinan kerjasama dan persatuan seluruh anggota pramuka mampu mewujudkn hal yang baik dan ebih maju lagi." ungkap Nasikhu, ketua DKC  Kwarcab Kab. Pekalongan di sela-sela sambutannya.

Kegiatan ini memang sudah direncanakan oleh DKC Kab. Pekalongan dan terdaftar dalam program kerja tahun 2013 ini, awal dari langkah baik dengan melaksanakan kegiatan yang terprogram merupakan titik awal untuk menuju sebuah hasil yang telah dicita-citakan bersama pada Musspanitera lalu. Penegak dan Pandega sudah harus mampu berperan aktif dalam kegiatan yang tertuju pada pengabdian dan bhakti kepada masyarakat sevara langsung dan memiliki jiwa wirausaha serta wawasan yang luas guna bekal menuju masa depan yang cerah. Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubhaktika!

@nash_dkcpekalongankab.news

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI