JELANG LEBARAN IDUL FITRI 1433 H KWARCAB KAB. PEKALONGAN BERSAMA POLRES GELAR OPERASI KETUPAT CANDI 2012



Nasikhu, Anggota DKC Kab. Pekalongan mengamankan jalan raya
Menjelang hari Raya Idul Fitri Idul Fitri 1433 H/2012 M Polres Pekalongan mengadakan pelatihan kepada anggota Pramuka yang terdiri dari Dewan Kerja Cabang (DKC), Dewan Kerja ranting (DKR), Dewan Ambalan serta Satuan Karya (Saka) Bhayangkara dengan tema “Pemuda Mitra Masyarakat” guna mempersiapkan  dan  membentuk tim operasi Ketupat Candi/pos pam lebaran. Hal ini dalam rangka memberikan rasa aman kepada ummat muslim yang merayakan lebaran terutama bagi warga yang akan kembali ke kampung halaman dari perantauan khususnya yang melintasi jalur pantura Pekalongan. Disamping itu operasi ketupat Candi juga diperuntukkan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan perbantuan apa lagi belakangan ini tingkat kecelakaan, kejahatan terutama perampokan dan penipuan marak terjadi dibumi Indonesia.


Operasi Ketupat Candi dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 19 Agustus 2012, sedangkan pelatihan pengaturan lalu lintas sendiri dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2012 di kantor Polres Pekalongan sembari acara sarasehan serta buka bersama dengan Saka Bhayangkara, DKC, DKR dan Polres Pekalongan.
Roso Wibowo, Anggota DKC membantu penyeberrangan masyarakat

Untuk mewujudkan hal tersebut diatas, Polres Pekalongan bersama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 11.26 Kab. Pekalongan  mengadakan kegiatan ini. Tujuan diadakan kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan nyata bhakti masyarakat sesuai dengan Satya Dharma Pramuka sehingga peran serta Pramuka akan semakin mengena terhadap masyarakat apalagi kegiatan ini dilakukan setiap tahun.

Dalam rapat kerja DKC Kab. Pekalongan, kegiatan Pos Pam Lebaran ini akan dipusatkan di 3 titik yaitu Pos Pait Siwalan, Pos Pasar Tradisonal Wiradesa dan Pos Pacar Tirto Kab. Pekalongan. Dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB kegiatan ini dilaksanakan dengan senang hati dan ikhlas, seperti yang disampaikan coordinator Pam Lebaran “Kegiatan Pam merupakan wujud nyata kinerja Pramuka sebagai penerapan pengamalan Dasa Dharma yang bertujuan memberikan bantuan kepada masyarakat dengan ikhlas.” Ungkap Roso Wibowo.

Suasana jalan Pantura menjelang lebaran
DKC sendiri menerjunkan 20 personil yang dibagi 2 titik operasi dan dijadwalkan sesuai dengan shift dan piket tugas masing-masing anggota, selain itu puluhan jajaran DKR Wiradesa, DKR Siwalan, DKR Sragi serta DKR Tirto pun ikut andil dalam kegiatan ini karena merekalah yang terdekat dengan jalur Pantura Pekalongan. Saka Bhayangkara yang bernaung dibawah koordinasi Polres Pekalongan juga menerjunkan puluhan anggotanya. Seluruh jajaran bekerjasama dengan baik dan saling membantu, dalam kegiatan banyak pesan dan pengalaman yang didapatkan mulai dari cara mengatur lalu lintas, pengamanan jalan, penyebrangan masyarakat serta pelanggaran lalu lintas yang kerap terjadi di jalan raya, walaupun dengan cuaca yang terik namun ibadah puasa Ramadhan tetap terjaga dan berjalan dengan lancar.

Dinas kesehatan, keterlibatannya dalam kegiatan ini begitu penting dikarenakan sering terjadi kecelakaan di jalan raya, setiap ada korban tim kesehatan selalu siap untuk memberikan pertolongan pertama (PP) serta melayani pembagian masker bagi pengendara kendaraan sepeda motor yang membutuhkan. Dengan kerjasama dan pembinaan yang baik kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

N@sh_dkcpekalongankab.com

Istirahat di Pos bersama anggota Polres Pekalongan

Penyeberangan jalan di Pantura

Ciku VS Arif Bahtiar

Ciku VS Roso Wibowo

Menunggu kendaraan berhenti untuk mnyeberang


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI