Bahaya! Kenali Ciri Smartphone Terinfeksi Virus

Bahaya! Kenali Ciri Smartphone Terinfeksi Virus

Kenali ciri smartphone terinfeksi virus. Virus sangat berbahaya untuk seluruh perangkat komputer dan smartphone / hp. Virus dulu banyak yang dikembangkan untuk melakukan perusakan terhadap sistem komputer yang masih berlangsung hingga saat ini. Namun, kehadiran smartphone membuat para programer jahat (pembuat virus) tertarik untuk mengembangkan virus jahatnya. Sebenarnya ada beberapa istilah untuk virus seperti trojan, malware dan lain sebainya yang secara umum disebut virus. Tujuan pembuatan virus pasti beragam, tapi umumnya pasti untuk merusak sistem, mengambil data, menghilangkan data, yang jelas bikin kesel.

Smartphone terinfeksi virus.

Programer virus mulai mengalihkan sasaran kepada para pengguna smartphone / hp kita. Hal ini terjadi karena saat ini data-data penting sudah disimpan dalam smartphone. Seseorang perlu melakukan proteksi terhadap smartphone yang  digunakan tidak terkena virus, yaitu dengan memanfaatkan program anti virus yang sudah banyak dijual bahkan ada yang gratis / free. Bila HP kamu sudah terinfeksi virus, bisa dibilang kamu dalam bahaya besar, karena data foto, file kerja, username dan password internet banking atau akun lainnya bisa dicuri dengan mudahnya.



Smartphone yang sudah terinfeksi virus akan sangat menyusahkan dan membahayakan data-data sensitif. Hal itulah yang membuat kamu harus mengenali ciri-ciri bahwa smartphone ditanganmu terinfeksi virus atau tidak. Berikut 7 ciri smartphone yang besar kemungkinan terinfeksi virus.

Muncul iklan pop-up
Iklan pop-up sering muncul dan sangat mengganggu. Iklan pop-up ini biasanya muncul dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Iklan pop-up tersebut sangat berbeda dengan iklan yang muncul ketika kita melakukan browsing atau menggunakan aplikasi yang kita download melalui googleplay atau sedang main game. Bila muncul seperti ini jangan sekali-kali untuk diklik, karena hal tersebut lah yang akan mengaktifkan virus yang sudah ada mulai bekerja untuk mengambil data atau merusak smartphone kamu.

Smartphone lemot/hang
HP yang biasa digunakan secara tiba-tiba menjadi lemot atau sering hang. Biasanya smartphone akan mulai lemot ketika kita gunakan untuk membuka aplikasi yang banyak atau memakan memori yang besar. Namun, bila kamu hanya menggunakan aplikasi ringan terus tiba-tiba lemot/ hang, maka patut dicurigai smartphone kamu sudah terserang virus. Cobalah untuk melakukan refresh, apabila masih lemot sebaiknya kamu curiga.

Pulsa dan kuota cepat habis
Apa hubungannya virus, pulsa dan kuota? Kenapa menjadi salah satu indikator? Virus, malware, dan trojan umumnya diciptakan untuk melakukan aktivitas mengambil data atau pengintaian. Hal ini akan membutuhkan koneksi yang besar bisa pulsa ataupun kuota. Memang kita sulit untuk mengetahui pulsa dan kuota yang kita miliki habis karena adanya virus atau tidak. Namun, kita pasti bisa mengira-ira dengan membandingkan penggunaan keseharian. Apabila menggunakan dirasa normal, maka wajib untuk ditelusuri data penggunaan kuota dan pulsa. Bila benar data dan kuota habis bukan karena pemakaian sendiri atau oleh aplikasi yang tidak kita gunakan (bekerja dibelakang layar), bisa dipastikan smartphone kita sudah terserang virus.

Booting lama
Booting lama biasanya memang terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah RAM yang kecil. Namun, apabila smartphone yang memiliki spesifikasi RAM yang cukup besar seharusnya tidak terjadi booting yang lama. Booting yang lama bisa menjadi indikator bahwa HP kita terserang malware. Solusinya adalah dengan reset smartphone kembali pada pengaturan pabrik.


Baca Juga



Buka halaman tidak dikenal
Kita saat sedang melakukan browsing atau menggunakan aplikasi tertentu, tiba-tiba diarahkan menuju website yang tidak kita kehendaki, besar kemungkinan smartphone kita terkena malware. Redirect adalah umum ketika kita melakukan klik pada iklan, karena iklan tersebut akan menuju situs iklan tersebut. Namun, bila kamu tidak melakukan itu dan browser tiba-tiba membuka halaman yang tidak kita harapkan, kamu harus segera menutup browser tersebut untuk mengatasi serangan malware tersebut.



Mengirim dan menerima sms tidak jelas
SMS memang saat ini sudah jarang digunakan. Malah saat ini SMS lebih banyak digunakan untuk kode verifikasi suatu aplikasi. Namun, bila kita tidak sedang melakukan registrasi/ pendaftaran suatu situs atau aplikasi dan menerima SMS yang tidak jelas. Kita harus waspada karena kegiatan mengirim dan menerima pesan menjadi indikator bahwa smartphone kamu sudah diretas dan dikendalikan oleh orang lain.

Mudah mati / restart sendiri
Smartphone yang mudah mati atau restart sendiri bisa menjadi indikator bahwa hp kamu sudah mengalami kerusakan pada sistem. Kerusakan sistem bisa diakibatkan oleh virus yang diprogram untuk merusak sistem smartphone, sehingga akan mengganggu kinerja.

Download aplikasi antivirus adalah pilihan tepat untuk mengatasi virus di smartphone. Antivirus yang memiliki teknologi terbaru yang terpasang akan melindungi data-data sensitif dan menghindari dari kerusakan sistem.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI