Tips Tes Karakteristik Pribadi


Kebutuhan akan CPNS yang berkompeten menjadi salah satu pendorong adanya tes karakteristik pribadi dalam seleksi CPNS. Tes ini diharapkan dapat menilai karakter personal peserta tes, sehingga peserta tes yang lulus diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan inteligensia yang tinggi, tetapi juga memiliki karakter pribadi yang baik.

Dalam tes karakteristik pribadi, terdapat 11 kategori karakter yang dinilai, yang semuanya adalah kategori-kategori yang dipandang dapat mendukung kinerja sebagai CPNS. Kesebelas kategori tersebut, sebagai berikut :


  1. Integritas diri
  2. Semangat berprestasi
  3. Kreativitas dan Inovasi
  4. Orientasi pada pelayanan
  5. Orientasi kepada orang lain
  6. Kemampuan beradaptasi
  7. Kemampuan mengendalikan diri.
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.
  9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
  10. Kemampuan bekerja sama dengan kelompok
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengoordinasi orang lain.
Tes Karakteristik Pribadi tidak memiliki jawaban benar atau salah, karena semua pilihan jawaban mengindikasikan karakter dari peserta tes tersebut. Masing-masing soal memiliki poin tersendiri sesuai kategori soal. Skor tiap pilihan antara 5 sampai 1. sehingga sobat bisa memilih jawaban terbaik.

Tips untuk mendapatkan hasil maksimal dalam tes karakteristik pribadi, gunakan posisi terbaik. Jadi anda mengerjakan soal tes, posisikan diri anda sebagai orang atau pemerintah yangs edang mencari pegawai. Pilihlah jawaban yang anda inginkan jika anda sebagai penerima karyawan atau pegawai.


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI