Cara Merawat Bunga Anggrek Cattleya


Cara merawat bunga anggrek cattleya. Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang sangat diminati karena memiliki keindahan bagi penikmatnya. Perlu diketahui bahwa bunga anggrek memiliki julukan masing-masing. Salah satunya ada istilah orchid the queen of flower (ratu dari bunga) nah itu didunia tanaman anggrek kesayangan kita adalah ratu dari bunga-bunga yang lain, dalam lingkungan anggrek sendiri juga ada ratunya, “The Queen Of Orchid” (Ratu Bunga Anggrek).

tips cara merawat bunga anggrek cattleya
Bunga Anggrek Cattleya.

Ratu bunga anggrek bernama Cattleya. Bunga anggrek Cattleya memang istimewa. Bunga Cattleya bisa mencapai 14-15 cm. Dilihat dari warna, bunga anggrek Cattleya sangat indah dan enak dipandang. Cara merawat bunga anggrek Cattleya terbilang mudah, walaupun bunga anggrek ini terbilang istimewa. Bunga anggrek Cattleya ada yang mampu hidup di daerah panas dan ada yang mampu hidup di daerah dingin, bahkan bunga Cattleya akan lebih besar.

Anggrek cattleya seperti dendrobium. Masuk golongan berbatang simpodial. Dimana pertumbuhan ujung-ujung batangnya terbatas. Membentuk rumpun dari tunas-tunas anakan. Cattleya mempunyai pola tumbuh horisontal, seperti tumbuhan merambat. Batang tumbuhnya disebut rhizome. Anggrek cattleya merupakan anggrek simpodial yang pseudobulbnya berbentuk batang, dengan tangkai bunga muncul pada ujung batangnya.

Cara Merawat Bunga Anggrek Cattleya

Setelah Pembelian

Cara merawat bunga anggrek catleya setelah pembelian adalah dengan:
  1. Menyiapkan ember berisi air setinggi akar. 
  2. Campirkan air dengan cairan b1 start(tersedia di toko pertanian).
  3. Rendam selama 20 menit, kemudian angkat
  4. Angin-anginkan selama 30 menit
  5. Tanam bunga anggrek cattleya kedalam pot tanah atau plastik. Sebagian menempelkan anggrek di batang pohon.

Tanaman bunga anggrek cattleya yang kita beli dalam keadaan berbunga maka perlu perlakuan khusus. Cara merawat bunga anggrek cattleya yang sedang berbunga setelah pembelian adalah menfokuskan tanaman anggrek untuk membentuk akar. Amati pertumbuhan anggrek cattleya. Apabila cattleya semakin kurus menyusut tetapi bunga semakin memanjang, disarankan untuk potong bunga tersebut.

Perlakuan ini diakukan agar tanaman mampu untuk membentuk akar terlebih dahulu. Karena bunga anggrek cattleya tidak mampu untuk membagi nutrisi yang ada untuk kedua hal tersebut. Tidak perlu khawatir dengan perawatan bunga anggrek cattleya ini, pelajari cara anggrek dapat berbunga lagi dengan cepat.

Tips Perawatan

Setelah beres dengan cara merawat bunga anggrek cattleya setelah pembelian. Maka kita bahas cara merawat bunga anggrek cattleya.
  1. Tanam bunga anggrek cattleya menggunakan media pot dengan arang kayu atau cacah pakis.
  2. Siram bunga anggrek secara halus pada akar sehari 2 kali, usahakan tidak banyak terkena batang, walaupun daun cukup tebal.
  3. Tempatkan di bawah paranet/ jaring, plastik UV dapat sangat membantu menjaga kelembaban.
  4. Usahakan tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung.
  5. Jangan paksa berbunga secara terus menerus, karena bukan tipe anggrek yang sering berbunga.
  6. Berilah pupuk secara berkala untuk memberikan nutrisi tanaman.
Penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari di pagi hari dan sore hari. Bila musim hujan perkirakan agar bunga anggrek cattleya tidak terlalu banyak air untuk menghindari pembusukan akar. Daun bunga anggrek cattleya sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Daun bunga anggrek cattleya dapat menjadi gosong. Tips nya adalah dengan memindahkan di tempat yang tidak terkenasinar matahari langsung.


Cara merawat bunga anggrek catleya adalah dengan tidak memaksa untuk berbunga terus menerus. Berilah jarak beberapa waktu untuk mendinginkan bunga setelah kerja keras berbunga. Gunakan pupuk b1 start di lanjutkan dengan pupuk gandasil D, gunakan seminggu dengan cara spray pada akar. Pada saat spray usahakan tidak terkena daun. pemupukan boleh dicampur dengan air cucian beras.

Setelah bunga anggrek cattleya dewasa sekitar 2 minggu dan siap untuk berbunga bisa diberikan gandasil B. gandasil B dapat merangsang bunga. Setelah bunga anggrek berbunga, pupuk lagi dengan gandasil D agar tanaman istirahat. Gantilah pot dan media tanam apabila dirasa sudah tidak maksimal bekerja.

Sekian ulasan tentang cara merawat bunga anggrek cattleya, semoga tips di atas bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI