Breeding Merpati Pos dengan Metode Janssen

senior - Membicarakan mencetak Merpati Pos Juara ataupun Breeder tentu tidak lari dari membicarakan cara Breeding. Banyak sekali cara Breeding terserah maunya sendiri tidak ada yang melarang. Lagi pula tidak ada rahasia untuk breeding, semua orang bisa membaca diinternet, terbuka saja tentang breeding.

Dari 10 tahun lebih terjun di hobby Mpos dari banyak membaca sampai Praktek saya lebih suka menggunakan JANSSEN BREEDING METHOD. Kenapa? Dari pengalaman sendiri dan juga melihat cara breeding di Eropa, banyak yang memakai cara keluarga Janssen dan berhasil.

Saya tidak suka dengan Methode Breeding yang terlalu scientific dan rumit, bacanya saja sudah pusing, belum tentu juga berhasil, juga breeding dengan cara melihat katurangga saya juga tidak suka, karena tidak terbukti. Kalau saja ada yang bilang pernah berhasil mungkin saja kebetulan dan mungkin ke 2 Merpati Pos itu darah Juara dan pas cocok.

Hoby Mpos tidak rumit sebenernya, yang bikin rumit adalah kita sendiri yang memikir sampai keujung tanduk. Buat apa?

Mau berhasil dalam breeding? tentu ada syaratnya yaitu kita sendiri harus memiliki Mpos keturunan Juara dulu, kalo kandangnya diisi dengan mpos abal-abal tentu susah susah sekali berhasil. Nah disinilah pentingnya PEDIGREE.

Pedigree membantu kita mengetahui Merpati Pos yang kita beli dari keturunan atau strain apa? Gunanya tentu untuk mempermudah Breeding. Banyak yang bilang Pedigree tidak bisa terbang? tidak ada gunanya Pedigree? Kalau sudah begitu, saya mendingan batal beli.

Pedigree berguna sekali buat kita dalam Breeding Merpati Pos. Sehingga tidak Buta untuk mencari Strain yang cocok dengan mpos kita.

Kembali ke Topik utama, disini saya mau memperkenalkan Janssen Breeding Method.
Yang menurut saya paling baik dan paling mudah untuk digunakan oleh semua pemain Mpos.

Two full brother/half brothers. one mated to the other's daughter

** Dua Saudara kandung / saudara tiri, salah satu disilangkan dengan anak Betinanya dari saudara kandung / saudara tiri itu.
Maksudnya adalah F1 X F2 = Paman X Keponakan. Biasanya dari seekor “Pejantan” atau "Betina" UTAMA yang kita mau ambil Keturunannya.

Two full/half brothers. one's son mated to the other's daughter.

** Dua saudara kandung / saudara tiri, satu anak Jantan X dengan anak betina Nya dari kedua saudara tadi. Dengan kata lain adalah perkawinan saudara sepupu.


Two full sisters, or half sisters bred from the same father. one mated to the other's son

**Dua saudara Betina / saudara tiri yang lahir dari sama Bapak (PejantanUtama). Salah satunya disilangkan dengan AnakJantan dari saudara kandung / saudara tirinya. Dengan kata lain ini adalah perkawinan Keponakan X Tante.

Brother and sister mating, both bred from same father but different mothers.

**Maksud nya adalah Perkawinan antara Saudara Tiri yang sama Bapak lain Ibu. Atau sebaliknya Sama ibu lain bapak.



Cara ini banyak dipakai oleh Modern Loft.


by Henry Gunawan

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI