Membangun Merpati Pos Generasi Baru (up to date)

cara cepat - Banyak jalan untuk menjadi Juara di Merpati Pos, yaitu salah satunya dengan cara mempertahankan indukan-indukan lama atau cara-cara yang lama dengan Merpati Pos yang sama, atau dengan cara selalu Up to date dengan indukan hasil lomba terbaik di Kandang masing-masing.

MEMPERTAHANKAN YANG LAMA

Cara mempertahankan yang lama, adalah dengan terus meng-eksploitasi indukan awal yang kita dapat beli atau hasil Lomba, dimana Merpati Pos pondasi awal tersebut telah membuktikan diri dengan mencetak banyak Juara. Kelebihan dari cara / metode ini adalah stabil mendapatkan kadet-kadet sesuai saudara-saudaranya (yang beberapa tahun Juara). Sementara kelemahannya adalah jika muncul lawan-lawan yang semakin kuat, maka akan semakin kesulitan mendapatkan Juara, dari mendominasi Lomba, menjadi sekali-kali Juara.

Yang Lebih parah dalam teknik ini adalah pemula yang membeli Strain tertentu, dan terus mempertahankannya walau tidak pernah Juara/ sangat sulit mendapatkan Merpos Juara. karena yang dibeli hanya keturunan, bukan yang Mpos Juara. Bahkan Jika muncul beberapa yang baik hasil Lomba, akan dijual karena dianggap belum Juara dan masih terlalu percaya dengan Indukanindukan awal yang dimiliki. “Mengkultuskan” suatu trah secara membabi buta akan menghasilkan minim prestasi.

LOMBA MENCARI YANG TERBAIK DI KANDANG

Cara yang dilakukan setelah mendapatkan bibit-bit yang kita anggap baik dengan teknik breeding yang kita tahu, kita mencetak kadet-kadet Lomba, kemudian kita lombakan. Ambil hasil sisa Lomba yang terbaik.
Misal melombakan 10 ekor, rencana awal mau sampai Sumbawa, tapi karena yang pulang Ujung Jawa, katakan Jember hanya 2 ekor, itupun tidak clocked. Sebaiknya dua-duanya disimpan untuk Indukan saja atau paling tidak, 1 ekor yang disimpan untuk cetak kadet tahun selanjutnya. Ini cara yang terbaik dan bermain dengan hati dan pikiran yang tenang.

Jika hati gampang dipanas-panasin pemain lain, pikiran jadi merasa Hero Pahlawan, begitu gagal di Post Selanjutnya (Bali) sama saja dengan Pahlawan Kesiangan. Mau mcetak dari Indukan yang ada untuk tahun berikutnya bisa mengulang hal yang sama atau lebih jelek.

Dari Indukan terbaik hasil Lomba, kawinkan dengan Keluarga dekatnya (Line Breed), untuk cetak kadet tahun berikutnya. Kemudian lakukan hal tersebut sampai mendapatkan Juara. Setelah dapat Juara, fokus pada Juara-juara tersebut, mulai keluarkan pondasi-pondasi awal dan yang Merpati Pos Ujung Jawa tadi.

MEMBANGUN GENERASI UP TO DATE

Generasi Up To Date adalah generasi Merpati Pos yang selalu update, indukan sudah 100% hasil cetakan sendiri, bahkan paling bagus adalah jika semua indukan memiliki prestasi dikandang sendiri, itu baru dikatakan Generasi Update Pertama.

Terus Cetak dari Indukan tersebut, ambil hanya yang Juara 1-5 Ace Pigeon saja sebagai indukan tahap selanjutnya. Dengan begitu lama-lama hanya akan tersisa indukan Merpati Pos yang Ace Pigeon. Mudah? sangat sulit, tapi itulah yang disarankan oleh Ad Schaerlaeckens, ini dikatakan Generasi Update yang Advance.

Saya kira belum ada yang seperti ini (Generasi Update Advance) di Indonesia, jadi kita harus terus menuju kesana. Paling Tidak bisa berada di Generasi Update Pertama. BIMA Loft sudah masuk Generasi Pertama saat ini. Merpati Pos Pondasi awal sudah tidak ada dikandang Breeding BIMA.

by Kunto Wibisono

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI