Tips Memilih Koi Asagi Tosai

Keindahan Asagi akan makin terlihat bila sudah berumur 3 tahun (Sansai) dan tentu harganya relatif tinggi. Namuni demikian, bila anda ingin memelihara Asagi sejak masih kecil, maka beberapa tips berikut dapat anda gunakan sebagai pedoman agar nanti setelah dewasa, anda akan memperoleh Asagi dengan kualitas yang baik.
Asagi yang masih berumur kurang dari setahun (Tosai), pada sisiknya belum menampakkan pola jaring-jaring secara jelas atau dengan kata lain masih samar-samar. Namun seiring dengan pertumbuhannya, pola jaring dan warna birunya secara bertahap akan bertambah jelas dan tegas.

Asagi Jantan (Male)

Asagi yang berumur kurang dari setahun (tosai), warna biru dan pola jaringnya belum tampak jelas. Untuk mengetahui gender Asagi, bisa diamati dari kepekatan warna birunya.
Secara umum, warna biru pada Asagi jantan (male) akan tampak lebih pekat bila dibandingkan dengan Asagi betina (female). Namun demikian bukan berarti bahwa Asagi betina yang warna birunya masih samar maka selamanya akan tetap samar, sebab Asagi Tosai female rata-rata memang belum tumbuh warna dan pola jaringnya.
Dengan demikian secara umum, Asagi kecil jantan, warnanya lebih pekat daripada Asagi betina dan pada bagian kepalanya tampak sedikit kekuningan.

Asagi Betina (Female)

Bila anda ingin memiliki Asagi betina, maka pilihlah yang warna birunya masih tipis, tapi merata sepanjang punggung hingga menjelang ekornya. Asagi betina bila sudah besar, bentuk badannya lebih disukai karena tampak lebih berisi (bulky). Sedangkan Asagi jantan relatif tampak memanjang dan ramping.

Bagian Sirip (pectoral fins)

Pilihlah Asagi kecil yang kedua sirip dadanya berwarna merah merata. Semakin pekat warna merah pada sirip Asagi maka semakin bagus masa depannya. Namun demikian bila ada Asagi kecil yang warna merahnya sudah pekat, maka kemungkinan besar itu adalah Asagi jantan.
Kedua sirip asagi yang merah pekat, lebih baik untuk dipilih

Bagian penutup insang

Pastikan bahwa pada pipi atau penutup insangnya terdapat warna merah meski tidak melebar, atau setidaknya sudah ada tanda-tanda akan tumbuh warna merah. Sebab nanti bila dewasa, kepekatan warna merahnya akan meningkat dan melebar.

Bagian dada dan perut

Coba balikkan badannya sebentar dan amati, apakah sudah ada warna merah yang memanjang dari bagian dada, perut sampai menjelang anus, meski belum melebar. Nanti setelah 2 atau 3 tahun kemudian, warna merah itu akan naik sampai separuh badan (bila dilihat dari samping).

Sisik Asagi

Pastikan bahwa susunan sisiknya rapi dan simetris antara bagian kiri dan kanan, terutama pada bagian leher (antara kepala dan punggung). Biasanya di bagian itulah susunan sisik Asagi kurang beraturan bila sudah dewasa nanti. Maka dari itu periksa dengan teliti dan pilihlah susunan sisik Asagi yang rapi sejak masih kecil.

Bagian mulut

Warna putih yang bersih dan mulus pada bagian mulut, lebih baik untuk anda pilih, meski di bagian hidungnya masih tampak sedikit kekuningan. Pilihlah Asagi yang pada bagian mulutnya putih bersih dan lebih bersih dari bagian kepalanya.

by donibastian

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI