Langkah Dasar Mengatasi Cendet Macet Karena Mabung

Full kerodong

Cara pertama yang wajib kalian lakukan yaitu mengerodong burung seharian full. Kerodong hanya dibuka saat membagikan pakan dan membersihkan kotoran. Hal ini dimaksudkan supaya burung berada dalam suasana yang sangat tenang sehingga proses rontok bulu kembali berlanjut.

Dropkan

Burung cendet yang mendapatkan macet mabung Bisa diatasi dengan cara dibuat drop. Caranya yaitu hentikan pemberian ekstra foding (EF), bagus berupa jangkrik ataupun kroto. Pemberian EF terkadang kala membuat bulu burung Bisa segar kembali sehingga akan lebih sulit untuk rontok.

Tingkatkan pemberian EF

bila didropkan tak Bisa, kalian Bisa menaikkan pemberian EF. Berikan EF loss dan tanpa batas sebab ini terkadang kala Bisa membantu merontokkan bulu-bulu burung. Pemberian EF seperti ini baru diturunkan setelah bulu tua di burung sudah tuntas.

Jauhkan dari burung Sesuai

Cendet Bisa mendapatkan macet mabung bila kondisi birahi naik dan ingin bertarung terus yang biasanya diakibatkan oleh adanya rangsangan dari suara kicauan burung Sesuai. Meski mabung, ada sebagian cendet yang ngotot dan ingin bertarung bila mendengar suara burung Sesuai. Karenanya, jauhkan cendet yang mabung tersebut dari burung-burung Sesuai. Selain hal ini membantu menuntaskan mabung, menjauhkan cendet dari cendet lainnya Bisa membantu memaksimalkan masteran yang kalian lakukan.

Mandi sauna

Mandi sauna yaitu alternatif lain yang Bisa kalian lakukan untuk mengatasi cendet yang sedang macet mabung. Mandi sauna ini Bisa membantu merontokkan bulu-bulu cendet di karenakan mempunyai Imbas lembab yang Bisa melebarkan pori-pori cendet. Akibatnya, bulu Bisa berjatuhan lagi dan cendetpun kembali melanjutkan mabungnya.

Berikan susu bubuk

Meski belum jelas seperti apa cara kerjanya, sudah banyak yang membuktikan bahwa susu bubuk Bisa membantu merontokkan bulu-bulu tua di cendet. Karenanya, susu bubuk ini Bisa diberikan di cendet yang mendapatkan macet mabung. Caranya yaitu campurkan sedikit susu bubuk bersama voer lalu berikan di cendet. Pemberian susu ini dihentikan bila bulu burung sudah tuntas. Dan ingat, Dosis susu tak boleh Lebih di karenakan Bisa mengakibatkan burung menjadi mencret.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI