CARA MENDAPATKAN ARTIKEL DI JURNAL BERBAYAR JADI FREE

Pernahkah anda mencari artikel di jurnal ilmiah yang ternyata harus bayar. Tentu itu bukanlah yang diinginkan. Walaupun sebenarnya harga tidaklah sebanding dengan informasi yang kita dapatkan. Namun, bagi mahasiswa yang kantongnya pas-pasan seperti saya, itu adalah penderitaan.

Saya mau berbagi cara untuk mendapatkan artikel berbayar dengan free. Cara ini legal kok, anda tidak perlu jadi hacker atau sejenisnya. Saya ceritakan dulu, saya mendapat tugas dari dosen untuk menganalisis artikel dari jurnal. Saya kaget setelah melihat ternyata saya harus bayar 5 USD. Kalua dirupiahkan lumayan buat makan. Sayapun sedikit putus asa dan cari informasi ke beberapa dosen. Saya mendapatkan cara ini, dan akan saya jelaskan kepada anda. Anda cukup tau nomor DOI artikel tersebut, apa itu doi silahkan baca disini.



Saya simulasikan seperti di bawah ini.

1.     Saya mencari artikel di jurnal Springer dan saya temukan artikel yang saya butuhkan. Namun, artikel harus saya bayar karena tidak free. Nilainya tidak tanggung-tanggung saya harus bayar 34.95 EURO.


Jangan khawatir sebenarnya anda hanya butuh informasi DOI. Dan saya cari kesana-kemari di halaman artikel tersebut. DOI ditemukan https://doi.org/10.1007/s00148-017-0660-1.

Langkah berikutnya adalah buka halaman http://libgen.io dan ketikkan doi nya saja tanpa http://doi.org seperti di bawah ini.



Setelah nomor doi di ketik/copypaste, klik search dan anda akan mendapatkan halaman  link untuk download di sebelah kiri



Klik salah satu link tersebut. Urutan mencoba dari atas ya biar tidak bingung ketika link tidak berfungsi. Akan muncul tombol download di sebelah kanan. Klik saja, maka otomatis artikel akan anda dapatkan.


Sekian trik mendapatkan artikel berbayar dengan cara legal dan free / gratis tentunya. Jika tips ini bermanfaat, bagikan ke grup kalian ya… terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI