Cara Daftar BPJS Keseharan


Anda memang sebaiknya memiliki kartu BPJS. tidak hanya kartunya tapi anda memang terdaftar sebagai peserta. Jangan permalukan diri anda dengan kartu palsu, karena setiap mau periksa nomor kartu akan diperiksa terlebih dahulu. Pendaftaran BPJS tidak harus di kota anda. Carilah kantor Cabang BPJS terdekat. Pahami juga cara pendaftaran BPJS secara online.

Banyak kategori jika anda mau mendaftar, tentunya beberapa dokumen persyaratan ada yang berbeda. Jika anda tergolong Bukan Pekerja seperti di bawah ini, maka anda bisa ikuti langkah-langkahnya.

Kategori untuk mendaftar BPJS Bukan Pekerja :
  1. Investor
  2. Pemberi Kerja
  3. Veteran
  4. Perintis Kemerdekaan
  5. Janda, duda, anak yatim piatu dari veteran atau perintis kemerdekaan
  6. Bukan pekerja yang mampu membayar iuran
  7. Penerima Pensiun terdiri dari PNS, TNI, POLRI, Pejabat negara, Janda, duda, anak yatim piatu dari penerima pensiun/pensiun lain yang berhak mendapat hak pensiun.
  8. Penerima pensiun lain.
Bagaimana mengurus pendaftarannya. mari ikuti langkah di bawah ini:

Anda (calon peserta) mendaftar secara perorangan di Kantor BPJS Kesehatan. saya sarankan datang pagi atau siang, jangan naggung karena agar antrian tidak banyak. Yang harus didaftarkan adalah seluruh anggota keluarga di dalam KK. Bila hanya sebagian maka anda tidak bisa mendaftarkan. Apabila anda masih gabung bersama orang tua sehingga kartu kk melebihi jumlah 10 orang, persiapkan dana iuran lebih besar, itung-itung berbakti kepada orang tua. Bila tidak ubah kk dulu.


Mengisi formulir Daftar Isian Peserta DIP dengan melampirkan



  • Fotocopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopi KTP/Paspor, masing-masing 1 lembar
  • Fotocopi Buku Tabungan salah satu peserta di dalam KK
  • Pasfoto 3x4, masing-masing 1 lembar
Saya sarankan bawa masing-masing 2 rangkap, buat jaga-jaga. Minta nomor antrian dan tunggu sampai nomor anda dipanggil, tanyakan detail mengenai hal yang anda bingungkan. ada kelas 1, 2, dan 3. tentunya besar iuran akan berbeda.

Setelah mendaftar, calon peserta akan mendapat Nomor Virtual Account (VA). 
Melakukan pembayaran iuran ke Bank atau instansi yang bekerja sama seperti Alfamart, Indomart, dan lain sebagainya. Simpan bukti pembayarannya, jangan lupa difoto pakai hp buat jaga-jaga.

Bukti pembayaran iuran diserahkan ke kantor BPJS kesehatan untuk dicetakkan kartu. 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI