Kebutuhan Tanaman Yang Sering Diabaikan


Seseorang yang baru memulai menyukai tanaman pasti menginginkan agar tanamannya tumbuh dengan subur. Salah satu hal yang ditunggu adalah mulai mekarnya bunga. Namun, adakalanya tanaman yang ditanam tidak kunjung menghasilkan bunga atau terlihat semakin layu. Tanaman juga memiliki kebutuhan untuk hidup. Seperti manusia apabila kebutuhan untuk hidup tanaman kurang atau tidak ada, maka bisa dipastikan akan mati suatu saat nanti.

kenali kebutuhan tanaman
Kebutuhan tanaman.

Banyak teman-teman yang hobi berkebun atau bercocok tanam, tapi sedikit yang mau meluangkan waktu untuk membaca apa saja kah yang dibutuhkan oleh tanaman supaya sehat. Untuk itulah, mari kita sejenak meluangkan waktu sebentar untuk sedikit mempelajari hal tersebut.

Tanaman adalah makhluk hidup, jadi bisa tumbuh dan berkembang walau ada yang lama dan ada pula yang cepat. Untuk hidupnya (secara mudah dan praktis) tanaman membutuhkan hara (nutrisi), O2, CO2 dan sinar Matahari.

Interaksi dengan unsur-unsur tersebut dilakukan melalui akar, kulit dan daun. Kekurangan dari unsur-unsur tadi dapat mengakibatkan tanaman tidak tumbuh secara optimal atau bahkan mati. Pada akar, tanaman akan menyerap hara/nutrisi melalui pertukaran ion (kation). Jadi dia akan menyerap unsur-unsur tertentu yang dia butuhkan dan mendiamkan unsur-unsur yang tidak dia butuhkan. Karena melalui mekanisme pertukaran ion, maka semua unsur hara baik yang berasal dr organik ataupun anorganik hanya akan diserap dalam bentuk anorganik.

Unsur-unsur yang bersifat organik akan diuraikan menjadi anorganik dengan bantuan bakteri, baru unsur tersebut siap untuk dinikmati oleh tanaman. Mengingat kita tidak tahu kapan tanaman akan membutuhkan suatu unsur, maka sebaiknya kita selalu menyediakan unsur-unsur tersebut agar siap setiap saat. Tapi jangan lupa, ada unsur yang sifatnya mobile (mudah keluyuran) dan ada pula yang menetap, jadi pemupukan itu idealnya dilakukan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak tapi diberikan secara berkala (jangan kebanyakan nanti malah tanaman kita bisa KO karena Over Dosis). Jadi kuncinya adalah tepat waktu dan tepat dosis, semua akan happy.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI