Ikan Koi KOROMO atau GOROMO?

ikan cantik - Koromo dan Goromo seringkali disebut-sebut sebagai nama koi, terkait dengan varitasnya. Keduanya punya maksud yang sama. namun demikian kata 'KOROMO' dipakai sebagai salah satu nama varitas atau jenis koi, bukan GOROMO.

Mengapa Koromo? Sebab dalam kamus bahasa jepang, kata 'Koromo' artinya adalah baju, pakaian, atau jubah, Mungkin, karena koi ini tampak seperti memakai pakaian, menurut orang Jepang. Sedangkan Goromo hanya sebatas lafal atau cara orang Jepang mengucapkan bunyi bahasa.

Selain itu Koromo juga dipakai sebagai nama koi pada varitas yang sama. Namun demikian terdapat perbedaan antara KOROMO dan GOROMO. Lebih jelasnya adalah pada nama koi ; Tidak ada nama koi Ai Koromo, yang ada adalah Ai Goromo. Tidak ada Budo Koromo, yang ada Budo Goromo. Demikian juga, tidak ada Goromo Sanke, tapi yang ada Koromo Sanke. Tidak ada Goromo Showa, yang ada Koromo Showa.
Jadi, orang Jepang lebih suka menyebut 'Koromo' jika ditempatkan di depan, sedangkan 'Goromo' jika di tempatkan di belakang.

Berbedaan Koi Gomoro Diantaranya :

  • Ai Goromo : Memiliki pola yang sama seperti Kohaku namun pada masing-masing sisik di pola merah, luarnya dikelilingi oleh warna biru gelap/biru indigo dan Shiroji harus tetap putih bersih.
  • Budo Goromo : Sama seperti hal-nya dengan Ai Goromo, namun berbeda pada sisik polanya yang cenderung lebih gelap berwarna ke ungu-ungguanan seperti buah anggur, serta pada setiap sisik ungunya dikelilingi oleh warna biru anggur.
  • Sumi Goromo : Sama persis dengan Budo goromo, namun pada sisik polanya dikelilingi oleh warna hitam.


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI