Penyebab dan Tips Mengatasi Kacer Mbagong

sebab dan solusi - Bagi pecinta burung Kecer tentu tidak asing dengan Istilah Kacer mbagong, yaitu suatu kondisi bentuk tubuhnya menyerupai Kuda Laut, badan tegak lurus sambil kepala ditekuk kedepan yang disertai bunyi cer... cer...

Adapun burung Kacer yang berperilaku seperti itu, oleh para penghobi Kacer hal tersebut disebabakan olah beberapa hal diantaranya:

Over birahi

Penyebab :
Settingan EF (Extra Fooding) terlalu tinggi, Terlalu banyak jemur, terlalu sering dimandikan serta terlalu sering ditrack.

Tanda / Ciri Kacer over birahi :
Maen ngotot yang berujung mbagong, maen ngejar lawan dan nabrak sangkar yang akhirnya berujung jadi Kacer kanibal.

Cara Mengatasi :
EF dikurangi, lakukan pengkerodongan, jauhkan dari suara burung figter, track secara berkala, lakukan terapi pengembunan, mandi teratur di asingkan.
Cara extrim kasih burung kecil-kecil, ditreck dari jarak yang dekat biarkan maennya nempel ruji kemudian sedikit demi sedikit di jauhkan sampai gantangan sesuai dengan jarak yang semestinya hingga Kacer maennya stabil.

Kalah Mental

Penyebabnya : 
Kacer belum cukup umur, mental Kacer standar, kalah mental karena mendengar perbedaan materi yang mencolok pada burung lawan.

Tanda-tandanya :Maen sebentar kemudian mbagong dan hanya loncat-loncat atau diam sambil mbagong tanpa ada perlawanan hingga akhir.

Cara mengatasi :
Tunggu umur sampai mapan, kalau ditrack partai kecil (1-5 sangkar) lawan harus Kacer yang standar, jika materi kicau kurang maka harus ditambah masterannya, takut bunyi burung sesuatu jauhkan dan jangan sampai didengar kacer, atau bisa di biasakan mendengar suara yang ditakuti sampai terbiasa.

Kacer tidak Fit

Penyebabnya :  perawatan yang tidak teratur dan sakit
Tanda-tanda KC tidak fit : Kacer malas bunyi, masuk masa mabung, maen sebentar lalu ngetem dan mbagong.

Cara mengatasinya :
Perawatan harus teratur (Mandi, jemur, EF, kandang hrs bersih, di umbar), menjaga stamina harus dikrodong + vitamin dan ditrack secara berkala.

Kacer Terlalu Jinak

Penyebabnya :
Rawatan dari anakan, dibiasakan dikasih EF dari tangan, sering dimaenkan dengan tangan, hingga sayap turun dan ngeleper. akhirnya manja dan malas untuk bertarung saat di track.

Cara mengatasinya :
Kacer rajin diumbar, pemberian EF jangan dari tangan lebih baik ditaruh langsung didalam tempat pakan, digantang pada tempat yang sepi, dikerodong dan di jemur sambil digantang pada tempat yang tinggi jangan di bawah.

Kerugiannya : maen sebentar terus mbagong, atau tidak mau tarung hanya ngeluarin sifat manja sayap ngeleper sambil minta JK, biasanya walau cukup umur masih sering ngeluarin kicaaun anakan.

Keuntunganna : biasanya KC jinak sangat cepat hapal materi masteran,dan voka.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI