Cara Menjinakan Biawak Liar Dewasa

tips tepat - Sebelum melangkah lebih jauh untuk memelihara dan menjinakannya, perlu Sobat ketahui bahwa Biawak merupakan hewan liar. Menurut para penghobi yang telah lama memelihara Biawak, dalam proses menghandle (menjinakan) tiap jenis biawak memiliki tingkat kesulita yang berbeda-beda.

Langkah awal dalam menjinakan (memelihara) Biawak adalah Sobat harus telah menyediakan tempat / kandang yang nyaman bagi sang Biawak. Jangan sampe Sobat memelihara Biawak ditempatkan di wadah yang ala kadarnya. Dengan menempatkan Biawak pada kandang yang nyaman akan membantu Biawak cepat dalam beradaptasi di lingkungan sekitarnya yang baru.

Sangat perlu Sobat pahami, bagaimana reaksi sang Biawak ketika berinteraksi dengan Sobat. Hal yang perlu Sobat ketahui adalah reaksi Biawak ketika dirinya merasa terancam / terganggu / tidak nyaman, sang Biawak biasanya akan menunjukan perilaku badan ditegakkan, tembolok digembungkan serta membuka mulutnya, jika sudah begitu kita harus mundur secara berlahan jangan membuat gerakan yang membuat Biawak kaget yang akan menyerang Sobat.

Sebelum menjinakkan biawak terlebih dahulu sediakan kandang yang nyaman untuk dia beradaptasi, pastikan biawak yang akan kita jinakkan dalam kondisi yang terbaik. Disini kita coba terapkan 3 metode pendekatan pada hewan liar secara umum. Ini berlaku untuk kebanyakan hewan liar. Berlaku juga bagi biawak dewasa dan anakan.

Ok, kiranya jika Sobat telah memahami bagaimana agar biawak merasa tenang dan maka kita bisa melangkah kemetode penjinakan biawak.

Pengenalan

Yang dimaksud tahan pengenalan disini adalah membuat Biawak merasa bahwa kita bukan ancaman bagi dirinya. Untuk membiasakan dan meyakinkan bahwa kita bukan ancaman bagi si Biawak, Kita harus sering melakukan interaksi dengannya, saat berada didekat Biawak jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba, menimbulkan suara keras dan jangan sekali-kali Sobat melakukan perlakuan kasar ke Biawak yang akan mengakibatkan si Biawak akan trauma dan menganggap Sobat sebagai ancaman, tentu hal itu akan sangat menghambat kita dalam menghandle nya. Pada tahap ini dikatakan mengalami kemajuan jika disaat Kita berada didekat kandang, biawak tidak merasa panik dan cenderung memperlihatkan perilaku yang tenang.

Pendekatan

Dalam proses pendekatan kita terhadap biawak bisa kita lakukan dengan interaksi langsung saat memberikan pakan. Untuk awal-awal saat pemberian pakan secara lansung gunakanlah sarung tangan atau bisa juga dengan capitan. Saat  pemberian pakan, biarkanlah Biawak yang menghampiri pakan yang kita berikan. Lakukan tahap ini secara rutin hingga Biawak tidak takut lagi menghampiri pakan yang kita berikan (pada tahap ini biasanya akan memerlukan waktu lumayan lama).

Sentuhan

Jika Biawak sudah merasa sangat nyaman kepada kita, ketika kita sentuh dia tidak akan memperlihatkan sikap yang agresif, untuk itu pada tahap akhir dalam pejinakan Biawak ini kita akan melakukan kontak terhadap Biawak yaitu dengan sentuhan pelan-pelan dengan lembut lakukan hal itu secara tenang (jangan ragu) namun tetap waspada. Apa bila saat kita sentuh namun si Biawak kabur, kita tidak perlu mengejarnya, biarkan saja hingga dia berhenti dan lalu kita dekati perlahan-lahan.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI