5 Penyebab Merpati Pos Hilang Saat Lomba

kandang nasional - Sampai saat ini, kita semua, baik Pemula maupun senior ternama sekalipun dalam dunia hobi Merpati Pos, masih mengalami kehilangan banyak Mpos saat mengikuti lomba. Ada Senior yang mencetak lebih dari 100 ekor Merpati Pos derby, dan tidak menyisakan satu ekor-pun pada akhir lomba yang diikutinya, apapun itu kita lebih sering menyebutnya dengan Misteri Lomba. Tapi tentu banyak Pemain dan praktisi hobi Merpati Pos di dunia yang telah mencoba untuk mengetahui apa saja penyebab dari hilangnya Mpos dalam suatu lomba yang diikuti, dimana tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah kehilangan Merpati Pos dalam lomba. sekalipun tidak pernah bisa mutlak kita mengetahui, tapi sedikit-banyak bisa membantu bagi para Pemain Merpati Pos.

Bagaimanapun, Setiap mpos memiliki keterbatasan kapasitas masing-masing, dan pada tiap perlombaan di hari-hari yang berat/ extreme atau Melombakannya pada jarak yang salah, hampir semua mpos bisa Hilang dalam Lomba. Kemampuan Homing Mpos dibagi menjadi dua bagian, Kemampuan BAWAAN dan kemampuan HASIL LATIHAN. Semua mpos memiliki kemampuan BAWAAN yang berbeda-beda, banyak diantaranya memiliki kemampuan homing sedikit atau sama sekali tidak punya. Merpatipos yang kekurangan kemampuan homing, seringkali hilang pada saat Young Bird, tapi beberapa masih ada pada usia Yearling sampai akhirnya ikut lomba dan hilang. Pada tahun kedua, umumnya sangat sedikit sekali (nyaris tida ada) Merpatipos dengan sedikit kemampuan homing tersisa dalam Skuat Lomba. Misalnya, Mpos short distance sebenarnya bukan dicetak untuk terbang pada jarak jauh, jadi sebenarnya terserah pada para pemain sendiri untuk mengetahui kapasitas kemampuan Merpati Pos masing-masing (dalam hal jarak lomba), namun sayangnya banyak pemain yang tidak menyadari-nya (Menyama ratakan kemampuan mpos). Dari sini sudah diketahui sejak lama, bahwa banyak pemain yang menyama ratakan semua kemampuan mpos dalam lomba, padahal sudah banyak dibahas di Eropa tentang batas kemampuan mpos dan itulah kenapa di Indonesia khususnya, banyak hilang dalam lomba extreme long distance.

KENAPA MPOS HILANG DALAM LOMBA?

Jadi kenapa kita banyak kehilangan Merpati Pos berpengalaman dalam lomba? Sekali lagi, banyak sekali faktor, tapi kita akan berpegang/ menyederhanakannya menjadi 5 Faktor saja, yaitu : Sakit, Jarak Tempuh Lomba, Kemampuan bawaan Fisik, Kondisi Fisik saat Lomba, dan Kondisi Mental Mpos. Saya kira faktor Sakit sudah cukup jelas akibatnya pada penyebab kehilangan.
Ketika Merpatipos dalam kondisi mental yang rapuh/ tidak siap, mpos tidak bisa memproses makanan seperti biasanya. dan pada kondisi tersebut, Merpati Pos yang memiliki badan yang sekel yang siap lomba, dan Merpati Pos yang seperti kepanasan serta gugup berkeringat, otot-ototnya pada umumnya berubah menjadi timbunan lemak cair saat berada dalam dondang Lomba.

KESIMPULAN

Bisa dikatakan bahwa ada 5 faktor utama penyebab Merpati Pos hilang dalam Lomba:
1. Kondisi Sakit/ kurang Sehat saat Lomba
2. Jarak tempuh yang tidak cocok untuk Merpati Pos kita
3. Fisik Bawaan/ Turunan Suatu Mpos
4. Kondisi Fisik saat lomba, mungkin tidak Siap atau belum pulih dari Recovery Lomba sebelumnya
5. Kondisi Mental saat berangkat Lomba.

Nah kita mulai bisa lebih berfokus pada 5 (lima) hal diatas, dimana nomor 1, 4, dan 5 berasal atau bergantung pada rawatan kita. Sementara 2, 3, dan (juga) 5 sebenarnya berasal dari bawaan Merpati Pos yang kita miliki dan khusus untuk yang bermain di Extreme Long Distance 2 3 5 adalah hal yang harus kita dapatkan atau ketahui dari awal kita membeli Merpati Pos.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI