Membangun Trah Merpati Kita Sendiri

ternak sukses - Konsep untuk mengembangkan Strain One Day Race (Merpati pos Lomba Sehari) akan kita bahas di Bab akhir. Setiap Spesialisasi Jarak Lomba, dari Jarak Pendek sampai Jarak Lomba Dua Hari atau Lebih, membutuhkan Merpati Pos yang Khusus atau Berbeda-beda. Khususnya tentang KARAKTERISTIK MPOS yang harus DIPELAJARI KHUSUS & DETAIL. Menurut saya (van Breemen) Kualitas OTOT, KEPANDAIAN, dan KARAKTER yang bisa meningkatkan Kemampuan untuk bisa BERSAING/ JUARA ADALAH YANG PALING UTAMA! Sepanjang ketiga Karakteristik ini bisa keluar dalam beberapa Merpati Pos kita, maka Mpos kita bisa TOP PERFORMANCE. Bagaimana caranya memperoleh Merpati Pos yang memiliki Karakteristik tersebut agar bisa JUARA sesuai Spesialis Jarak yang kita Pilih? atau bahkan pertanyaan penting yang harus kita jawab: Semudah itukah menurunkan Kualitas Karakteristik (Otot, Otak, dan Karakter) induk yang kita miliki kepada Generasi Selanjutnya (Anak-Cucu)?

Cuplikan Artikel dari Master Steven van Breemen diatas adalah kunci utama dalam pemilihan Merpati Pos yang akan kita gunakan untuk lomba yang akan kita ikuti. Apakah itu Lomba Short Distance, Middle Distance, atau Bahkan Extreme Long Distance seperti LLB yang dijadikan sasaran oleh BSD BIMA Loft.
van Breemen menyebutkan bahwa Mpos itu memiliki spesialisasi Jarak Sendiri, baik jarak pendek ataupun jauh, kita harus memilihnya untuk dijadikan Pasukan Lomba Kita. tidak bisa menggunakan Mpos Jarak Pendek untuk Lomba Extreme Long Distance, begitu juga sebaliknya walaupun Merpati Pos Extreme bisa ikut lomba Short, tapi pasti clocked nya kemungkinan akan jelek, tapi tidak bisa sebaliknya, karena mpos Short distance pasti akan hilang pada jarak memasuki Long Distance.

van Breemen juga menyebutkan bahwa ada 3 KARAKTERISTIK UTAMA yang harus kita perhatikan, yaitu Kualitas OTOT, Kualitas OTAK, dan Kualitas KARAKTER/ WIBAWA. Tentunya untuk setiap Jarak Kualitasnya berbeda satu dengan yang lain, yang penting menurut van Breemen adalah kita harus memperhatikan ketiganya sebagai hal utama. Breemen juga berpesan agar kita selalu mencari darah keturunan Juara Ace Pigeon karena dipastikan kualitas otot, otak, dan Karakternya BAGUS sudah terbukti di masing-masing jarak Lomba.

MASALAH UTAMA-nya ADALAH bagaimana caranya menurunkan Kualitas Indukan Juara diatas ke anak-anaknya dan cucu-cucu-nya?
tidak semudah membalik tangan kata van Breemen, semua harus diatur dan direncanakan strategy-nya, untuk itulah Muncul ART OF BREEDING by Steven van Breemen sudahkah kita membacanya? Kabarnya banyak senior yang sudah meng-aplikasikanny dan sukses, Sayangnya ditingkat pemula seperti kita, pemahaman tentang Art of Breeding Steven van Breemen belum begitu mendalam kita ketahui.

KARAKTER KEPANDAIAN YANG MEMBUAT MERPATI POS BERKELAS

Dalam artikel ini, van Breemen membahas pokok masalah KARAKTER MPOS, dan juga mereview beberapa KARAKTERISTIK yang bisa mempengaruhi performa seekor Merpati Pos. Adalah sangat penting bagi seekor Merpati Pos untuk memiliki beberapa KARAKTER dan menurut Opini Breemen, Seekor Mpos yang Memiliki beberapa KARAKTER "HEBAT" bisa melanjutkan Kualitasnya ke Generasi selanjutnya (anak cucu-nya). Breemen bahkan lebih yakin setelah belajar lebih hati-hati dan detail dari beberapa Kandang Breeding Juara.

Ijinkan saya untuk Meng-Quote kalimat Piet de Weerd, yang menulis tentang KARAKTER TAJAM/ BERWIBAWA:
Rahasia Mpos Berkelas terlihat dari GAIRAH/ SEMANGAT/ SPIRIT/ ANTUSIASME -nya, Sifat KERAS KEPALA/ ULET, dan VITALITAS-nya.
Apa yang menjadi alasan kuat dari Mpos Kita yang SANGAT SEHAT tidak mampu pulang kandang dengan Hadiah Utama/ JUARA? Kemungkinan besar karena Mpos kita tidak punya semangat, atau bahkan memang tidak mampu melakukannya. Percaya pada Breemen, bahwa semua Racikan Seekor Mpos Hebat harus memiliki ketiga-nya, Ketiga Karakter tersebut adalah YANG PALING PENTING. Seekor Mpos Berkelas bisa dibandingkan dengan AKI YANG TERISI PENUH DENGAN LISTRIK, YANG DENGAN SEDIKIT PENGAPIAN BISA MENGHIDUPKAN KENDARAAN YANG BEKU. Dan Siapapun yang Mampu MEMASUKKAN AKI INI KEDALAM PIYIKAN nya akan BERADA SELANGKAH DIDEPAN PESAING-nya.

Maksudnya adalah DARAH "KARAKTER" MPOS BERKELAS, bagaikan AKI yang mampu menghidupkan Motor/ Mobil yang Beku. Tapi MARIO GALAU Lebih Senang sedikit mengganti istilah AKI dengan BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) karena mobil mati susah dibangkitkan kalau BBM bisa membuat Mobil Hidup menjadi Lebih Hidup.
BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) AKAN BISA MEMPENGARUHI KEMAMPUAN KINERJA KENDARAAN ANDA... BARANG SIAPA PEMAIN YANG MAMPU MENGISI BAHAN BAKAR TEPAT KE PIYIK NYA, MAKA AKAN BERADA SELANGKAH DIDEPAN PESAING-nya!!
(Mario Galau)
APA JENIS KENDARAAN & BAHAN BAKAR MERPATI POS JUARA ANDA
by Mario Galau

BBM PREMIUM
Jika Kita memiliki BMW coba saja isi BBM-nya dengan PREMIUM, dalam satu bulan setelah dipakai sehari-hari, saya jamin akan banyak KERAK di PISTON-nya, kalau terus-terusan pakai PREMIUM, maka makin lama mesin BMW kita akan Ajrut-ajrutan, sama juga di Lomba Merpati Pos jika kita memakai Mpos dengan KARAKTERISTIK BBM PREMIUM, maka akan mogok ditengah Jalan alias mudah hilang/ sakit.

BBM V-POWER
Jika BMW kita isi dengan BBM V-POWER, maka Pengapian akan berjalan lebih baik dan di PISTON tidak akan banyak keraknya dan Jadwal Service juga lebih lama dibanding jika memakai BBM PREMIUM.

BBM SOLAR
Nah Loh... bagaimana jika BMW kita diberi BBM SOLAR?? silahkan dicoba dan akan gagal TOTAL. bagaimanapun BBM SOLAR hanya akan cocok dengan mesin DIESEL, MPOS DIESEL adalah Tipe Odong-odong, biar Lambat asal selamat dan bisa membawa beban lebih Berat.

BBM AVTUR
Jika BMW kita diberi AVTUR, akan tetap berjalan bahkan lebih cepat, hanya saja akan terjadi kerusakan mesin, Sistem Klep dan bahkan Tangki BBM-nya, Tetap AVTUR Tidak cocok untuk BMW kita.
Jika kita memiliki Mpos Berkarakter BBM AVTUR, maka Tugas kita adalah Mencari Mpos Tipe Pesawat. Misalnya kita pakai Pesawat Hercules, Hercules dijamin akan menang melawan BMW pakai V-POWER saat sudah Lomba Jakarta-Bali walau BMW sudah ngebut sampai Cipali dan Hercules baru Lepas Landas tetap saja Hercules akan sampai Denpasar duluan karena banyak halangan BMW dijalan seperti kemacetan BREXIT dan tidak akan bisa nyebrang Selat Bali.
Intinya adalah BAGAIMANA KEMAMPUAN KITA untuk mengetahui Jenis Kendaraan apa Mpos Kita? Apakah Jenis Kebut-kebutan Short Distance yang gampang kehabisan bensin, Middle distance, atau Endurance Long Distance. Tentu semua membutuhkan bahan bakar yang Cocok dan Tepat.

Bagaimana Cara Mengetahui Karakter Merpati Pos Kita?
Gampang... cukup miliki darah trah Juara/Juara itu sendiri, kalau bisa yang ACE PIGEON dari kategori Jarak Lomba yang kita suka.
Bagaimana tahu Mpos Kita cocok Jenis BBM Apa?
Cukup Sulit... tapi kita bisa mulai dengan beberapa Merpati Pos Ace Pigeon dari Jarak yang lebih Jauh, misal Mpos Short distance yang kita miliki, harus dicarikan darah juara Middle distance untuk memberikan kestabilan dst...

Setelah kita memiliki kedua-nya maka perhatikan anak-anak dari Kopelan tersebut lebih mirip yang mana? Jika Bapaknya Ace Pigeon Short lebih senang nongkrong di tenggeran atas, maka cari karakter anaknya yang suka nongkrong di tenggeran atas untuk dilombakan di Jarak Short tidak akan semua jadi seperti Bapaknya, tapi kemungkinan akan ada yang berprestasi seperti Bapaknya.Setelah kita ada Pilihan dan Jelas Tujuan Breeding kita untuk Lomba Apa maka kita akan melanjutkan pada tahap Membangun Trah Kita Sendiri.

Ditulis ulang oleh Kunto Wibisono dari artikel Steven van Breemen

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI