Burung Paruh Bengkok Scarlet Macaw

breeder jakarta - Scarlet Macaw bernama latin Ara Macaw merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok (parbeng) dengan ukuran tubuh besar yang hidup pada ketinggian sekitar 500 sampai 1000 meter diatas permukaan air laut di hutan hujan tropis yang ada di Meksiko tenggara hingga ke hutan Amazon di Peru, Brazil, Bolivia serta Honduras. Burung yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata ini oleh Negara Honduras Scarlet Macaw di jadikan sebagai Burung Nasional.

Di sebagian habitat lokal nya jenis Makaw ini mengalami kepunahan lokal karena perburuan, kerusakan hutan serta diternakan dan dibudidayakan, namun masih mengalami penyebaran secara luas.

Sifat dan Ciri Karakter Fisik Macaw Scarlet
Burung Scarlet Makaw memiliki kemampuan berpetualang di hutan dengan baik karena memiliki daya penglihatan yang sangat tajam. Dengan kecerdasan yang dimilikinya, Macaw Scarlet bisa sangat jinak (jitot) kepada pemiliknya selain itu jenis Burung Macaw ini juga bisa melakukan trik serta menirukan suara yang diajarkan kepadanya.

Scarlet Macaw memiiki panjang sekitar 82 cm dengan berat rata-rata sekitar 1 kg, oleh karenanya burung macaw jenis ini tergolong Macaw besar dan jika dibandingkan dengan jenis makaw yang lainnya Scarlet Macaw relatif lebih panjang.

Warna Bulu burung Scarlet didominasi oleh warna merah, warna bulu pada bagian pantat serta ekor berwarna biru, sedangkan untuk warna pada bulu bagian sayap atas berwarna kuning, bulu sayap terbang dan bulu ekor berwarna biru gelap, sedangkan pada bagian bawah dari bulu-bulu sayap terbang dan bulu ekor bawah berwarna merah gelap dengan semburat warna emas metalik. Namun warna bulu bagian sayap pada beberapa individu burung Macaw Scarlet ada yang memiliki warna hijau.

Pada wajah terdapat bulu halus berwarna putih dengan kulit sekitar mata hingga keparuh berwarna putih terang sedangkan bulu warna abu-abu pada bagian rahang bawah paruh. Diusia muda burung Scarlet Macaw memiliki warna mata gelap dan ketika menginjak dewasa mata akan berwarna kuning muda.
Burung Scarlet Macaw memiliki garis merah diwajah serta tidak adanya warna kuning pada bulu sayap, hal ini secara umum sama dengan ciri-ciri karakteristik yang dimiliki oleh burung Red and Green Macaw.

Di alam bebas di habitat aslinya, burung Scarlet Macaw mampu hidup mencapai usia 40-50 tahun bahkan ada juga yang mencapai umur 75 tahun, namun sangat jarang terjadi. Sedangkan di penangkaran atau jika Scarlet Macaw sebagai hewan peliharaan rata-rata hanya mampu mencapai usia 50 tahun.

Jenis burung Macaw yang sering dijadikan hewan ini memiliki suara yang keras, dalam habitat aslinya suara keras tersebut biasanya ia gunakan untuk memangil kelompoknya. Hal ini perlu dijadikan pertimbangan bagi Anda yang hendak memelihara Scarlet Macaw, karena dikhawatirkan suaranya yang keras akan meganggu tetangga sekitar rumah.

Konservasi Scarlet Macaw
Burung Macaw Scarlet terdaftar dalam status  CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) yang berarti bahwa mereka adalah ilegal untuk dijual belikan (diperdagangkan) komersial tanpa izin tertentu.

Cara Memelihara Scarlet Macaw Sebagai Hewan Peliharaan
Dari beragam jenis burung paruh bengkok yang ada, Scarlet Macaw merupakan salah satu jenis burung Macaw yang populer dikalangan para pecinta burung parrot. Bisa dikatakan burung Macaw merupakan jenis burung peliharaan bagi kalangan atas/berduit lantaran harga nya yang begitu mahal dan di Indonesia sendiri hanya sedikit yang memelihara jenis Macaw ini.

Kandang Ideal Untuk Scarlet Macaw
Seperti hal nya dengan Burung Macaw BnG (Blue and Gold Macaw), Scarlet Macaw merupakan jenis macaw yang memiliki ukuran yang besar, ketika Anda hendak memeliharanya dalam rumah salah satu yang perlu Anda persiapkan adalah kandang yang ideal bagi Macaw Scarlet. Dalam menentukan pilihan kandang yang bagus, Anda bisa memiih kandang dengan kawat yang halus dan berjeruji dengan ukuran 1,5 meter dan tinggi 2 meter.

Namun jika Anda lebih menyukai menempatkan Burung Macaw Scarlet kesayangan pada kandang tangkringan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah memilih jenis tangkringan yang akan kita pasang dikandang tersebut, gunakan tangkringan yang terbuat dari kayu yang tidak bergetah, Anda bisa pilih kayu dari pohon asem misalkan. Selain itu untuk mencegah Scarlet kabur, Anda perlu memakaikan rantai atau bisa juga dengan cara lain yaitu memotong sedikit bulu sayap nya(wingclip).

Makanan Scarlet Macaw
Untuk menjaga nafsu makannya, berikanlah jenis pakan yang masih segar dan variasi tiap harinya dengan, Anda bisa selang-seling dengan memberinya sayuran, biji-bijian, buah-buahan serta kacang-kacangan. Bisa juga Anda berikan makanan pellet yang khusus untuk burung paruh bengkok yang kini telah banyak dijual di toko-toko pakan hewan peliharaan.

Karena mempunyai paruh yang cukup kuat, burung ini mampu memecahkan kacang dan biji-bijian dengan muda. Bahkan burung ini mampu memakan dan mencerna buah beracun yang dapat membunuh hewan lain. Hal ini terjadi karena di habitatnya, burung ini sering memakan debu dalam porsi yang banyak untuk menetralisir racun.

Mainan Untuk Scarlet Macaw
Kadangkala rasa stres dan kesepian bisa terjadi pada burung Scarlet Macaw yang kita pelihara, oleh karena itu minimal 15 menit Scarlet perlu kita ajak bermain, hal ini berguna untuk menjaga psikologis Makaw serta melatihnya agar lebih dekat dengan pemilik.

Jika Macaw Scarlet memperlihatkan tingkah laku yang sering teriak (mengeluarkan suara keras) serta susah makan, perilaku tersebut menunjukan gejala Macaw mengalami stres, dan parahnya lagi Macaw akan mencabuti bulunya sendiri karena stres. Untuk burung Macaw yang stres, bisa dengan cara kita beri mainan yang bisa ia gigit dan ajaklah berinteraksi, namun sebelum Anda beri mainan pastikan terleih dahulu apakah mainan tersebut aman untuk burung Macaw.

Cara Memandikan Scarlet Macaw
Memandikan Macaw Scarlet minimal tiga kali dalam seminggu bisa juga dua hari sekali. Sama halnya dengan cara memandikan burung peliharaan yang lainnya, kita semprotkan pada bagian tubuhnya  dengan menggunakan air bersih biasa saja tanpa campuran apapun (sabun/shampoo). Setelah dirasa bahwa bulu Macaw basah kita taruh ditempat dengan sinar matahari yang cukup (jangan terik sinar matahari) setelah itu angin-anginkan ketempat yang lebih sejuk.

Harga Jual Scarlet Macaw
Jenis burung parrot dengan kecerdasan diatas rata-rata ini tergolong cukup mahal, sehingga sedikit orang yang memelihara jenis burung Import ini. di pasar burung, peternak maupun yang dijual secara online perekor dibanderol dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Memelihara Macaw BnG biasanya dilakukan oleh para pecinta burung paruh bengkok (parbeng) yang memiliki kocek tebal, bagaimana tidak burung yang memiliki keindahan bulu serta kecerdasan yang bagus ini di pasar burung, peternak maupun yang dijual secara online setiap ekor anak burung Macaw dibanderol dengan harga sekitar 20 juta rupiah.

Budidaya dan Peternakan Scarlet Macaw
Sukses beternak burung Macaw Scarlet haruslah memiliki ketekunan dan keuletan dalam mempelajari  tahap demi tahap perulaku dan karakter Scarlet Macaw yang kita budidayakan. Scarlet sudah beranjak dewasa dan mampu bereproduksi ketika berusia 5 tahun keatas. Ketika telah memiliki pasangan (jodoh), Scarlet akan setia terhadap pasangan dan susah untuk bertukar pasangan.

Burung Scarlet Macaw tergolong produktif dalam menghasilkan anak, karena Scarlet bertelur sepanjang tahun tak mengenal musim, sekali mengeram menghsilkan 2-3 telur yang berwarna putih. Telur tersebut akan menetas setelah dierami induknya selama 5 minggu dan selama 90 hari anak Scarlet yang menetas diasuh oleh induknya. Anakan burung Macaw Scarlet akan hidup mandiri pada usia 1 tahun

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI