Burung Paruh Bengkok Hyacinth Macaw

peternak bandung - Burung Hyacinth Macaw atau hyacinthine macaw bernama latin Anodorhynchus hyacinthinus, merupakan burung paruh bengkok (parbeng) memiliki ukuran paling besar dibandingkan dengan ukuran jenis Makaw yang lain, Macaw jenis ini pernah tercatat mampu tumbuh dengan ukuran sekitar 1 meter, yang diukur dari atas kepala hingga ujung ekornya. Burung Macaw Hyacinth jenis parot asal benua Amerika dengan habitat aslinya berada di Amerika Timur, Tengah dan Selatan ini mampu tumbuh dengan berat antara 1,2 – 1,7 kg. Bulu Hyacinth sepenuhnya berwarna biru namun bulu leher kadang-kadang bisa sedikit abu-abu.

Harga Jual Hyacinth Macaw
Burung parbeng dengan kecerdasan diatas rata-rata kecerdasan yang dimiliki jenis burung lain memanglah memiliki nilai jual tersendiri, apa lagi burung parung bengkok import yang salah satunya adalah jenis Hyacinth Macaw. Burung jenis ini di Indonesia harga satu ekor burung Hyacinth Macaw dewasa dibanderol dengan harga yang tidaklah murah, dengan danan sekitar 350 juta rupiah kita baru bisa membawanya pulang untuk menemani hari-hai kita melepas penat, harga yang fantastis bukan.

Cara Memelihara Hyacinth Macaw Sebagai Hewan Peliharaan
Selain Burung Paruh bengkok (parrot) Scarlet Macaw, Blue and Gold (BnG) , Hyacinth Macaw juga tak kalah populernya dikalangan para pecinta burung paruh bengkok, jenis burung yang jika dilatih dengan teknik / cara melatih Macaw secara benar akan mampu meniru suara manusia serta melakukan trik layaknya yang ada di sikus, karena memang burung Makaw ini memiliki kecerdasan serta mudah dijinakan.

Kandang Ideal Bagi Hyacinth Macaw
Diantara jenis macaw yang ada, Hyacinth Macaw memiliki ukuran yang lebih panjang oleh karenanya jika Anda hendak memeliharanya yang ditempatkan di kandang maka hendaknya ukuran kandang disesuaikan dengan ukuran Hyacinth Macaw. Untuk ukuran minimum kandang yang ideal bagi seekor burung Macaw Hyacinth adalah ukuran 2 meter dan tinggi 2,5 meter. Sangat direkomendasikan Anda memilih kandang yang berupa jeruji.

Selain ditempatkan di kandang, merawat burung Macaw Hyacinth bisa dipelihara dengan tangkringan, dengan catatan kaki kita beri rantai serta bulu sayap dipotong sebagian tentunya agar Hyacinth yang Anda beli dengan harga puluhan juta kabur jauh. Dalam menentukan pilihan jenis tangkring jangan asal-asalan, untuk mencegah Macaw Hyacinth keracunan karena megigit kayu tangkringan, pastikan bahwa tangkringan yang digunakan adalah dari jenis kayu yang tidak bergetah.

Makanan Hyacinth Macaw
Dengan tiap hari memberian jenis pakan yang masih segar serta jenis makanan yang bervariasi, nafsu makan Hyacinth Macaw akan terjaga. Jenis pakan yang bisa kita selang-seling diantaranya buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan serta sayuran. Sejalan dengan makin populernya burung parrot oleh pecinta burung di Indonesia, jenis pellet lokal khusus untuk burung paruh bengkok pun bermunculan yang bisa Anda berikan untuk Makaw kesayangan, Sangat disarankan Anda memilih jenis pelet yang mengandung gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh burung Macaw.

Sebagai catatan tambahan, Burung Macaw dialam bebas mampu memakan/mencerna buah beracun hal ini karena burung Makaw juga memakan nutrisi dalam tanah dalam jumlah banyak guna menetralisir racun.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI