Burung Cerdas Great Green Macaw

sukses beternak - Buffon Macaw atau disebut juga dengan nama Great Green Macaw atau Great Military macaw dan bernama latin Ara ambiguus merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok (parbeng) berukuran besar dari jenis burung Macaw yang ada di dunia, namun demikian panjang ekor Macaw Buffon lebih pendek dipandingkan panjang ekor Macaw jenis Scarlet (Red and Green Macaw).
Seperti halnya dengan jenis burung Macaw lainnya, Buffon Macaw berasal dari benua Amerika, habitat aslinya menetap dan berkembangbiak dihutan tropis yang berada di Honduras, Panama, Nikaragua, Ekuador, Kosta Rika, dan Kolombia yang banyak terdapat pohon Almendro (Dipteryx panamensis).

Karakteristik Burung Buffon Macaw

  • Panjang Macaw Buffon kurang lebih 85-90 cm dengan berat sekitar 1,3 kg.
  • Bulu didominasi warna hijau.
  • Dahi bewarna kemerahan.
  • Punggung bawah, pantat, hingga bulu ekor atas berwarna biru pucat.
  • Wajah berpola garis dengan bulu lembut berwarna gelap, pada Macaw Buffon betina yang telah dewasa bulu halus tersebut akan berwarna kemerahan.


Ara ambiguus memiliki dua subspesies, yaitu :
-Ara ambiguus ambiguus habitat asalnya dari Honduras ke Kolombia Barat.
-Ara ambiguus guayaquilensis terisolasi di ekuador dan sebagian Selatan-barat Kolombia.

Cara Memelihara dan Perawatan Buffon Macaw
Seperti hal nya dengan jenis burung Macaw pada umumnya yang memiliki kecerdasan serta keindahan bulu yang dimiliki oleh Buffon Macaw banyak dipelihara oleh para penghobi burung paruh bengkok. Dengan kesabaran dan ketekunan dalam melatih, burung Buffon Macaw bisa diajari melakukan beberapa trik seperti basket, menabung, bersepeda selain itu Buffon Macaw juga bisa dilatih untuk bicara (menirukan suara manusia).

Kandang Ideal Untuk Buffon Macaw
Buffon Macaw tergolong jenis burung parbeng yang memiliki ukuran tubuh yang panjang dan besar, yaitu panjang 85-90 cm dan berat bisa mencapai 1,3 kg. Jadi bagi Anda yang akan memeliharanya maka sediakanlah sebuah kandang yang ideal untuk ditempati Makaw Buffon dengan ukuran 1,5 m tinggi 2 m dan jeruji yang halus dan kuat.

Makanan Yang Baik Untuk Buffon Macaw
Pemberian jenis pakan yang bervariasi dan masih segar sangat bagus untuk diberikan untuk Buffon Makaw, ada pun makanan yang bisa Anda berikan diantaranya berbagai jenis biji-bijian, kacang, buah serta sayuran. Sebagai selingan bisa Anda berikan pakan berupa pellet khusus untuk burung Macaw yang bisa di dapat di toko hewan peliharaan khususnya burung.

Harga Jual Buffon Macaw
Jenis burung import yang satu ini tergolong sangat mahal, hanya sedikit orang yang mampu untuk bisa mengadopsinya. Untuk satu ekor burung Buffon Macaw dewasa yang telah jinak (jitot) dan memiliki beberapa skil melakukan trik serta FF dibanderol dengan harga sekitar 70 juta.

Mempelajari Reproduksi Burung Buffon Macaw
Dengan semakin populernya burung Macaw sebagai hewan peliharaan, hal tersebut tentunya akan berdampak pada populasi Macaw Buffon semakin sedikit dan langka di habitat asalnya karena penangkapan oleh manusia.
Banyak para pecinta burung Parrot khususnya Buffon Macaw membudidayakannya dan sudah banyak diantara mereka yang telah berhasil menghasilkan anakan burung Macaw Buffon untuk memenuhi kebutuhan permintaan para penghobi burung paruh bengkok, dengan begitu akan sedikit mengurangi perburuan liar burung Buffon Macaw di alam bebas sehingga akan bisa tetap lestari.
photo : bbc.co.uk
Sulit tidaknya menangkarkan burung Macaw Buffon tergantung keuletan, ketekunan serta kemauan kita dalam mempelajari karakter Buffon Macaw dalam bereproduksi. Memahami kebiasaan kehidupan Buffon Macaw di habitat aslinya akan bisa membantu kita dalam beternak Macaw Buffon.
Di alam bebas, bulan Desember hingga akhir bulan April merupakan musim kawin bagi Great Green Macaw namun rentang waktu tersebut tergantung pada lokasi pesebaran Buffon Macaw. Ketika burung Macaw Buffon jantan dan betina dewasa telah menemukan jodoh dan kawin, sepasang burung Macaw Buffon tadi akan bersarang di lubang/rongga pohon untuk menempatkan telur dan membesarkan anak mereka. Burung Macaw Buffon betina akan meneluarkan 2-3 butir telur yang akan dierami (inkubasi) selama sekitar satu bulan.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI