Pagupon Klasik Antara Kenyamanan Merpati dan Seni Arsitektur

indonesian dovecote - pagupon (pajudun, jember dan lumajang) atau dalam bahasa kerennya dovecote (bahasa inggris) merupakan kandang burung Merpati  yang berdiri diatas tiang, didalamnya terdapat ruangan layaknya indekos bagi Merpati. Pagupon jenis ini biasanya bisa kita temui di pulai jawa yaitu Jawa Tengah, Yogyakarta dan paling banyak di Jawa Timur. Pagupon yang dipakai oleh para pecinta burung merpati endemik Indonesia biasanya bergaya tradisional.

Selain desainnya yang mengutamakan kenyamanan untuk penghuninya (burung merpati) agar betah tinggal dikandang, para pecinta Merpati endemik tradisional juga memperhatikan dari segi seni bangunan pagupon tersebut, sebagai contoh bisa Sobat lihat beberapa gambar pagupon klasik yang memiliki nilai seni tersendiri, keunikan yang hanya bisa kita jumpai di daerah Jawa, seperti apa sajakah keunikannya silahkan nikmati koleksi foto-nya dibawah ini
Dengan beberapa contoh gambar pagupon tradisional diatas, yang merupakan milik dari beberapa pecinta merpati endemik Sobat bisa mencontonya sebagai bahan referensi model kandang seperti apa yang akan Sobat buat untuk memanjakan kenyamanan merpati endemik kesayangan Sobat bekur.(muntilan)

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI