Siapkan Kontingen Peransaka Daerah


Kajen_Kwartir Cabang melalui Dewan Kerja Penegak dan Pandega Kab. Pekalongan mempersiapkan kontingen Peransaka Daerah Jawa Tengah Tahun 2013 yang akan dilaksanakan pada 23 s.d 28 Juni di Kwarcab Boyolali. Kwarcab Kabupaten Pekalongan sendiori sudah bersiap-siap menuju Boyolali dan latihan rutin dibagi menjadi dua bagian yaitu latihan rutin di Pimpinan Saka (Kantor Dinas) masing-masing satu kali setiap minggu dan latihan bersama di Sanggar Pramuka dilaksanakan setiap hari jum`at secara rutin. Adapun daro 10 Saka yang ada di Jawa Tengah Kabupaten Pekalongan hanya mengirimkan 9 Saka kecuali Saka Dirgantara yang belum ada di Kwarcab Kab. Pekalongan dengan  dikoordinatori langsung oleh masing-masing pimpinan Saka. 

Satuan Karya yang terlibat dalam Peransaka ini diantaranya adalah :
1. Satuan Karya Taruna Bumi
2. Satuan Karya Bakti Husada
3. Satuan Karya Kencana
4. Satuan Karya Pariwisata
5. Satuan Karya Wanabakti
6. Satuan Karya Bahari
7. Satuan Karya Bhayangkara
8. Satuan Karya Wirakartika
9. Satuan Karya Bina Sosial
10. Satuan Karya Digantara

Peran Kwartir  Cabang

Seluruh rangkaian Peransaka secara rinci dimulai dari musyawarah temu Pimpinan Saka di kantor Dinas Kesehatan (Pin. Saka Bhakti Husada) Wiradesa Kab. Pekalongan pada 7 Mei 2013, kegiatan yang dimotori oleh Kwarcab ini  dinilai berhasil menggugah para Pin. Saka untuk bangkit bersama menjelang Peransaka Daerah. "Kegiatan ini diharapkan menjadi pioneer kebangkitan Pramuka khususnya Saka yang menjadi satuan Pendidikan kepramukaan yang sudah menjurus ke masing-masing pengetahuan di Satuan Karya itu sendiri bagi para Penegak dan Pandega. Kemajuan Kepramukaan harus diimbangi dari peran dinas-dinas terkait yang membawahi Saka di Kwarcab kab. Pekalongan." Papar Kak H. Mas Mantho Has (Waka Binawasa) dalam sambutannya di Temu Pin. Saka.

Peran Ketua DKC 

Dilanjutkan koordinasi dari ketua DKC dengan giat resmi Turba Satuan Karya guna cheking peserta dan ikut membantu suksesi seleksi calon peserta di tiap-tiap Saka.Alhasil dari koordinasi dan kerjasama yang baik maka 20 calon peserta siap dilatih untuk menuju Peransaka Daerah.  "Kita sebagai kontingen harus menjadi satu keluarga utuh pada pelaksanaan Peransaka ini, mari kita bersama menjalin kekeluargaan dari mulai latihan dan komunikasi yang baik sehingga nanti kontingen Kwarcab Kab. Pekalongan akan solid dan mampu bersaing secara profsional, jangan lupa kita selalu budayakan salam senyum sapa sbagai bntuk penerapan pendidikan karakter Gerakan Pramuka." ungkap Kak Nash (Ketua DKC) pada sela-sela apel pembukaan latihan di sanggar Pramuka.

Peran Pinkon dan Pendukung

Pimpinan Kontingen dan Tim Pendukung Cabang berperan sebagai pnglola kegiatan dan persiapan kontingen mulai dari administrasi hingga perlengkapan. Pimpinan Kontingen dan Pendukung Cabang adalah anggota DKC yang ditugaskan oleh Kwarcab dan Ketua DKC yaitu :
1. Kak M. Nidlomudin (Pinkon Putra)
2. Kak Hemi Aristina (Pinkon Putri)
3. Kak Sunarto (Pendukung Putra)
4. Kak Nurul Afiah (Pendukung Putri)
Dengan penataan yang baik dari awal koordinasi sehingga akan menciptakan kontingen yang satu kesatuan keluarga Kwarcab Kab. Pekalongan yang kompak serta sebagai pengelola tata administrasi kontingen dan sarana komunikasi dan koordinasi kepada Kwarcab, DKC dan Pimpinan Saka.

Sisi : Latihan Kontingen

Jum`at adalah hari yang dijadikan latihan rutin bagi 20 calon anggota Peransaka Daerah ini, persiapan administrasi, pembuatan yell, permainan kerjasama tim, foto pserta, apel buka tutup latihan dan latihan mmasak manjadi menu dalam sesi latihan rutin ini. Tak jarang distiap latihan para Pin. Saka juga turut hadir di Sanggar Pramuka sebagai bentuk pengawasan trhadap kesiapan anggota yang dikirim dari Saka masing-masing. "Latihan ini merupakan kunci sukses kita dalam giat Peransaka, pesan kami untuk adik-adik DKC semoga kemantapan dan kesatuan tim selalu dikembangkan pra pelaksanaan. Kami dari Pimpinan Saka hanya memantau dan meninjau anggota Saka ketika pelaksanaan nantinya sehingga yang berperan penting disini adalah DKC selaku Pinkon, jadilah kakak yang baik untuk adik-adik kalian ini." tandas Kak Heru (Pin. Saka Bina Sosial) dari Dinas Sosial Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kab. Pekalongan yang juga purna ketua DKC tahun 1997. (23/5/13)

by.@dkcpekalongannews_nash (G  01  DKC)




Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI