Cara Ternak Lele Dumbo Dengan Terpal Untuk Pemula



Cara ternak lele dengan terpal akan menjadi alternatif budidaya ikan lele di daerah perkotaan. Ternak / budidaya lele memang sangat digemari. Selain karena faktor dapat dikonsumsi pribadi. Ternak ikan lele juga dapat menghasilkan uang dengan cara jualan ikan lele. Bila kita malas untuk menjual, buat saja pemancingan lele. Maka orang akan datang sendiri untuk memancing dan kita tetap dapat uang.

cara ternak dan budidaya lele dengan terpal
Kolam terpal untuk ternak dan budidaya lele.

Cara ternak lele dumbo dengan terpal sangat mudah. Kita hanya perlu untuk membuat kolam terpal. Seringkali seseorang yang ingin melakukan budidaya atau ternak lele merasa kesulitan karena mereka berpikir harus membuat kolam dengan menggali tanah. Cara ternak lele dengan terpal menjadi solusi ternak lele dumbo yang mudah dilakukan. Hasil budidaya ikan lele pun terbilang baik. Namun bagaimana jika kita tidak ada waktu untuk membuat kolah tersebut. Berikut cara ternak  lele dengan terpal khususnya jenis lele dumbo.


Lele atau ikan keli adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele ini mudah di kenal karena tubuhnya yang licin, Agak pipih memanjang dan memiliki kumis yang panjang. yang mencuat dari sekitar pada bagian mulutnya. Lele secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan apabila lele di nusantara mempunyai banyak nama pada daerah. Antara lainya, Ikan kalang (Sumatra Barat) Ikan maut (Goya dan Aceh) Ikan sibakut (Karo) Ikan pintet (Kalimantan selatan) Ikan keling (Makassar) Ikan cepi (Sulawesi selatan) Ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) Dan ikan keli (Malaysia) Juga ikan keli untuk lele yang tidak berpetil di sebut penang dan untuk yang memiliki petil (Kalimantan Timur).

Pada dasarnya kita harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup kuat pada ikan lele tersebut. Dengan aneka ragam jenis ikan lele ini dapat hidup di semua tempat, Bahkan ditempat yang sangat ekstrem. Meskipun begitu bukan berarti pada saat proses budidaya bisa seenaknya saja, ada juga ikan-ikan yang mati karena saling memakan (Kanibal) Ikan lele yang tidak baik di pisahkan dari antara yang kecil dengan yang besar bisa memangsa sesamanya sendiri. Nah ada beberapa jenis ternak lele yang populer dan ternama di indonesia yaitu ternak lele dumbo lokal python dan sangkuriang.

Ikan lele ini termasuk salah satu ikan yang paling mudah di budidayakan, Oleh sebab itu banyak sekali saat ini peternak lele yang menambah kapasitas penangkaranya. Sayang sekali keinginan peluasan wilayah harus di batasi oleh lahan yang sempit biaya yang Pas-pasan saja. Solusi yang paling mudah adalah dengan cara ternak lele dalam terpal tersebut. Cara ternak lele ini sering di sebut Lele terpal, jauh lebih hemat biaya dari pada harus membuat kolam dalam tanah atau membangun kolam dengan semen permanen.

Pada terpal yang di butuhkan hanyalah lahan dengan luas beberapa meter saja, dan pasokan air secukupnya. dan dengan bambu yang kuat.

Apakah lele dumbo ini bisa di ternak dalam kolam terpal tersebut?  Jawabnya Bisa. Bahkan saat ini telah ada beberapa orang peternak yang sukses budidaya lele dumbo dalam kolam terpal. Hasilnya pun lumayan jangan anda anggap remeh, Malahan jika di kalkulasikan keuntunganya bisa berlipat ganda karena pada pengeluaran modal awal yang besar seperti ternak / budidaya lele dengan cara Konvensional.

Cara ternak lele dengan terpal untuk jenis lele dumbo, atau apapun jenisnya sebanarnya dapat menghasilkan keuntungan yang besar asalkan sabar dan penuh keyakinan pada saat budidaya ikan. Tetapi yang paling menarik memang budidaya ikan lele, ikan yang satu ini dapat diolah menjadi semua jenis makanan atau masakan. Selain dari itu rasanyapun gurih dan lezat membuat budidaya lele menjadi salah satu prospek bisnis yang menjanjikan. Ikan lele ini bisa diolah menjadi seperti, Pecel lele, dan yang paling populer di semua lapisan masyarakat seperti Abon lele, Nah, kulit lele ini dapat juga manfaatkan untuk membuat keripik kulit lele.

Cara ternak lele dengan terpal yang sangat mudah dan cepat besar adalah lele dumbo, Meskipun tidak Cepat-cepat amat paling tidak lele dumbo ini bisa dengan mudah hidup dan berkembang pada kondisi air yang sangat buruk. Sehingga sangat ekonomis dalam memproses perawatanya, Apalagi di tambah dengan perawatan yang dilakukan pada terpal atau (Lele Terpal).

Berikut di bawah ini akan saya jelaskan cara ternak lele dumbo atau sejenisnya dalam terpal yang bisa mendatangkan keuntungan pada peluang bisnis peternak Lele.
 

Tujuan ternak lele


Pertamakali kita berfikir cara ternak lele dengan terpal tersebut, Sebaiknya tetapkan dulu budidaya apa yang hendak anda lakukan, Apa itu budidaya bibit, atau untuk komsumsi. sering banyaknya peminat bisnis ternak lele maka semakin besar pula permintaan bibit lele untuk di kembangbiakkan. Oleh karena itu prospek pembibitan ikan lele juga menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup baik. Sedangkan lele untuk di konsumsi kita harus memelihara sampai ukuran dan botot yang tertentu. 1 kg isi 10 ikan lele biasanya untuk rumah makan, Sedangkan ikan lele dumbo ukuran 1 kg ke atas di pasarkan pada kolam pemancingan ikan untuk lomba.

Sama halnya dengan permintaan lele untuk komsumsi juga sangat besar, bahkan warung makan yang penjualan pecel lele seringkali kehabisan pasokan ikan lele. Perbedaannya adalah kebutuhan konsumsi proses perawatan yang cukup panjang. Untuk menunggu 5-7 cm ukuran biji hingga siap panen membutuhkan sekitar 2-3 bulan dan bahkan kemudian jika pasokan makanan biasa. Cara  mensiasatinya untuk tumbuh lebih cepat, cukup pilih lele dumbo, ikan ini tumbuh lebih cepat daripada jenis lain dari ikan lele. 

Cara Pembuatan Kolam Dengan Terpal

Cara ternak lele dengan terpal tentu kita harus membuat kolam terpal. Budidaya lele dalam kolam terpal perbandingannya adalah 100 ekor lele kolam dibandingkan dengan ukuran panjang 2 meter lebar 1 meter dan tinggi 0,6 meter. Ada dua teknik pembuatan kolam di kolam terpal memakai penggalian tanah dan bingkai kayu. Budidaya lele dalam kolam terpal membutuhkan biaya juga. Harga terpal per meter sekitar Rp. 9.000,-.

Ketika kita ternak lele dalam terpal menggunakan bingkai tanah maka dipastikan perlu untuk menggali tanah. Kita hanya tidak terlalu khawatir kehilangan air yang merembes. Namun cara pembuatan kolam lele ini membutuhkan waktu yang lebbih banyak. Kolam lele dalam terpal yang paling sederhana adalah pembuatan bingkai kayu. Cara ternak lele dalam terpal menggunakan bingkai kayu akan lebih cepat dibuat. Namun pastikan kayu memiliki kekuatan dan buatlah sekuat mungkin untuk menahan air.

Memilih Benih
Budidaya lele harus memperhatikan benih ikan lele yang akan digunakan. Pemilihan benih yang tepat akan memperbesar peluang keuntungan dan meminimalisir kerugian. Pilihlah ukuran benih lele sekitar 5 - 7 cm. Pastikan ketika memilih benih untuk ternak lele harus memiliki ukuran yang sama.

Ciri-ciri benih ikan lele yang berkualitas:

  1. Tubuh ikan lele yang seimbang dengan memperhatikan ukuran kepada dan badan.
  2. Bibit ikan lele memiliki gerakan yang lincah.
  3. Sungut benih lele tidak pucat.
  4. Benih memiliki warna mengkilat pada tubuhnya.
  5. Benih ikan lele tidak menggantung ketika di dalam air.

Cara Budidaya Lele

Mengisi kolam dengan air tinggi sekitar 40 cm untuk lele dumbo ukuran 5-7 cm sehingga ikan tidak terlalu lelah akan naik dan turun dari permukaan dasar kolam untuk mengambil oksigen. Sebagai pertumbuhan lele juga meningkatkan kedalaman air. Juga memberikan semacam penutup yang dapat menyembunyikan lele. Berikan pakan setiap hari akan menjadi besar tetapi apabila makanan tersebut dilakukan dua kali dalam porsi yang lebih kecil. Ada berbagai jenis pakan untuk ikan lele seperti pelet, siput, kerang, keong emas, rayap, dan lain sebagainya. Makanan alami akan lebih baik karena memiliki konten yang besar dan protein yang dibutuhkan oleh perkembangan lele.



Meskipun lele ikan relatif kuat masih mati saat kebersihan air kurang dipelihara. Karena lele juga rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh air kotor. Kebanyakan tidak mengganti kapasitas air 10-30% dengan air yang baru. Selain itu, jika ada lele yang tumbuh terlalu cepat dari temannya telah dipindahkan karena bisa memangsa ikan lele yang lebih kecil atau kalah ketika bertarung untuk makanan.

sekian cara ternak lele dengan terpal untuk pemula yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat.



Ver 3

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI