Pramuka Mengambil Peran Sebagai Relawan

Upacara Pembukaan GT Ubaloka di Kwarcab Sukoharjo
Kajen_Gerakan Pramuka merupakan satu – satunya organisasi kepanduan di Indonesia yang melaksanakan pembinaan peserta didik dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Pembinaan tersebut diarahkan pada peningkatan kemampuan, keterampilan dan kedisiplinan seiring kemajuan zaman agar eksistensinya lebih handal untuk mampu berkarya dan berinovasi dalam pembangunan. 

Gerakan Pramuka dengan jumlah anggotanya yang cukup besar merupakan salah satu sumber potensi yang dapat dimanfaatkan dalam usaha pertolongan dan tugas – tugas kemanusiaan dalam rangka pengamalan bakti kepada masyarakat, mampu mengembangkan tugas dan tanggungjawab demi kemajuan Gerakan Pramuka serta mampu berkiprah dalam percaturan pembangunan bangsa dan negara.

GLADI TANGGUH UBALOKA merupakan salah satu pelatihan yang diharapkan mampu mempersiapkan dan membekali anggota Gerakan Pramuka sebagai tenaga sukarela yang profesional, berkwalitas, mempunyai kredibilitas yang tinggi dan mampu mengemban amanat Gerakan Pramuka serta mampu menjadi pioner pembangunan bangsa.

Peserta GT Ubaloka Kwarcab Sukoharjo 2012
Pendidikan dan Pelatihan yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang 11.11 Kabupaten Sukoharjo c.q. Dewan Kerja Kwartir Cabang 11.11 Kabupaten Sukoharjo bermaksud menyelenggarakan kegiatan GLADI TANGGUH UBALOKA ANGKATAN II KWARTIR CABANG 11.11 KAB. SUKOHARJO sebagai wahana pelatihan yang mengandung pendidikan yang berpengaruh pada peningkatan keterampilan, memberikan kesempatan kepada anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk melatih diri dalam mengembangkan kepemimpinannya dan agar mampu melibatkan diri dalam penanggulangan bencana serta dapat menolong diri sendiri dan masyarakat disekitarnya.

Kak Nasikhu dari DKC Kwarcab 11.26 Pekalongan berpartisipasi dengan mengikuti kegiatan tersebut selama 7 hari pada Tanggal     :           15 s.d 19 Desember 2012 bertempat di Markas Kodim 0726 Kabupaten Sukoharjo sebagai pembukaan serta dilanjutkan ketempat lain dengan tehnik survival diantaranya bukitan, gunung, hutan untuk mountain rescue diakhiri di waduk mulur Kab. Sukoharjo sebagai tempat sar rescue.


Bersama Tim SAR Sukoharjo selaku Instruktur
Tujuan kegiatan ini adalah :
1.      Merupakan wadah pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menggalang persaudaraan, menambah pengalaman, pengetahuan, keterampilan, wawasan dan meningkatkan rasa patriotisme.
2.      Memberikan pelatihan penanggulangan bencana dan operasi SAR serta tahu cara menolong diri sendiri dan orang lain.
3.      Menjadi anggota Pramuka yang siap sedia menjadi relawan dan berbakti kepada masyarakat.

4.      Tercapainya persatuan, persaudaraan, jiwa kepemimpinan, patriotisme dan kemandirian bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Materi yang diajarkan dalam BENTUK MATERI DAN METODE PELATIHAN
1.      Pelatihan diberikan di dalam dan di luar ruangan
2.      Materi yang diberikan berbentuk teori (25 %) dan praktik (75 %)
3.      Materi pelatihan meliputi :
-         Petunjuk Pelaksanaan Ubaloka
-         Pertolongan Pertama
-         Organisasi SAR
-         Operasi SAR
-         Teknik Survival
-         Dinamika Kelompok
-         Komunikasi SAR
-         Navigasi Darat
-         Mountainering
-         Fire Protection
-         Tali temali dan Anchoring
-         SAR Air
-         Dapur Umum
-         PPLB (Pengerahan Pasukan Luar Biasa)
-         Manajemen Posko

INSTRUKTUR
1.      Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Kodim 0726 Kab. Sukoharjo
2.      Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukoharjo
3.      Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukoharjo
4.      Search And Rescue (SAR) Kabupaten Sukoharjo
5.      Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukoharjo
6.      Instruktur Ubaloka Kabupaten Sukoharjo

Peserta kegiatan Gladi Tangguh Ubaloka ini diikuti oleh 59 peserta dan yang lulus 51 peserta dari setiap pangkalan, DKR dan Racana yang ada di Sukoharjo dan 2 orang peserta yang dari luar daerah yaitu Kwarcab Kab. Pekalogan dan Kwarcab Kab. Klaten. (@nash_dkcpekalongankab.news)

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI