RAIMUNA CABANG LAGI !

Kajen, dkcpekalongankab.com_Dewan Kerja Penegak Pandega (DKC) Kwarcab 11.26 Kab. Pekalongan agendakan persiapan Raimuna Cabang VI tahun 2012 sebagai program kerja DKC Tahun 2012, dengan tujuan mempererat persatuan dan menciptakan Pramuka Penegak Pandega yang kreatif, cinta tanah air dan anti penyalahgunaan narkoba.

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional.
Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu "Rai" dan "Muna". "Rai" berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan "Muna" adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Tingkatan Raimuna
Rapat Kerja DKC
Raimuna di tingkat Kwartir Ranting disebut Raimuna Ranting atau biasa disingkat dengan Rairan. Raimuna Ranting diselenggarakan setiap 1 tahun sekali. Peserta dari Raimuna Ranting adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing gugusdepan (Ambalan Penegak atau Racana) dalam wilayah Kwartir Ranting (kecamatan) tersebut.
Raimuna di tingkat Kwartir Cabang (kabupaten atau kota) disebut Raimuna Cabang atau biasa disingkat dengan Raicab. Raimuna Cabang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Raimuna Cabang diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Ranting yang terdapat dalam wilayah Kwartir Cabang (kota) tersebut.
Raimuna di tingkat Kwartir Daerah (provinsi) disebut Raimuna Daerah atau biasa disingkat dengan Raida. Raimuna Daerah diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Raimuna Daerah diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Cabang yang terdapat dalam wilayah Kwartir Daerah (provinsi) tersebut.
Raimuna di tingkat Kwartir Nasional disebut Raimuna Nasional atau biasa disingkat dengan Rainas. Raimuna Nasional diadakan setiap 4 tahun sekali. Raimuna Nasional diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Daerah (provinsi). Perwakilan masing-masing provinsi ini biasanya diambilkan dari masing-masing Kwartir Daerah (kabupaten).
Kegiatan dalam Raimuna
Raimuna adalah kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, yang bersumber pada nilai-nilai:
  1. Filsafat Pancasila dan agama;
  2. jiwa perjuangan 1945;
  3. persahabatan dan kekeluargaan;
  4. perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi;
  5. seni budaya, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup;
  6. keamanan dan ketertiban masyarakat;
  7. adat-istiadat dan tata susila;
  8. kepemimpinan dan kewirausahaan.
Kegiatan dalam raimuna itu perlu juga disesuaikan dengan aspirasi pemuda-pemudi Indonesia pada umumnya, minat, kebutuhan, dan kemampuan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, serta kepentingan dan kebutuhan masyarakat setempat.
Maka, dalam raimuna supaya diadakan acara kegiatan bakti kepada masyarakat yang sifatnya tidak lebih luas daripada kegiatan Perkemahan Wirakarya. Kegiatan-kegiatan dalam raimuna dititik beratkan pada peningkatan kemantaban mental, fisik, pengetahuan, keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Raimuna)


Sangga kerja sebagai pelaksana kegiatan sudah terbentuk pada 1 Mei 2012 lalu, Nasikhu selaku ketua Sangga Kerja engungkapkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan pada 24 sd. 27 Juni 2012 di Lapangan Desa Kulu Karanganyar Kab. Pekalongan. Alasan pemilihan tanggal pelaksanaan adalah untuk ikut mendukung program Kwarnas yaitu Raimuna Nasional yang akan dilaksanakan di Papua dan dibuka pada tanggal 25 Juni 2012 nanti, sehingga kami juga akan membuka acara ini pada tanggal yang sama dengan Bapak Bupati Pekalongan selaku Ka. Mabicab yang akan menjadi Inspektur upacara.

Peserta, setiap pangkalan Gugusdepan SMA/SMK/MA se-Kwarcab kab. Pekalongan diwajibkan mengikuti kegiatan ini untuk menunjang prestasi dan kemajuan kepramukaan di setiap pangkalan. Giat prestasi yang disajikan diantaranya adalah Scout Dance, LCTP T/D, Kolone Tongkat T/D, Da`i Pramuka T/D, Memasak Tradisional, Karnaval Seni Budaya Lokal, untuk Giat Satuan Karya yaitu Saka Bhayangkara, Saka Wanabhakti, Saka Kencana, Saka Bhakti Husada, Saka Bahari, saka Wira Kartika dan Saka Pariwisata, sedangkan giat Bhakti yang dilaksanakan adalah penanaman seribu tunas kelapa, penghijauan, dan bersih desa, utuk kegiatan wawasan yang akan dilaksanakan adalah kewirausahaan, jurnalistik, penyuluhan Narkoba, seni membatik, dan kegiatan keagamaan.

Sehingga nantinya dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut perlu adanya persiapan dan latihan dari peserta guna bsa tampil memukau dihadapan para juri yang didatangkan dari berbagai instansi terkait. Harapan dari ketua Sangga Kerja dalam mensukseskan acara ini adalah terjalin kerjasama yang solid dari seluruh jajaran pihak yang terkait untuk menciptakan kegiatan yang menarik, efektif dan luar biasa.

n@sh_dkcpekalongankab.com


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap

Merpati Endemik Jenis Keter

JADWAL KEGIATAN RAIMUNA CABANG VI